c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Monogami Lebih Utama Dibandingkan Poligami, Benarkah Seperti Itu?




Kali ini kita akan membahas hal yang sering orang lupa, yaitu masalah pernikahan. Dimana ada poligami dan monogami, terkadang orang suka membicarakan poligami dan melarang poliandri.

Namun sebenarnya bagaimana sih aturannya menurut keyakinan agama Islam?

Nah pembahasan kali ini tak jauh-jauh dari mengikuti jejak-jejak sang nabi panutan umat Islam "Muhammad.SAW", bagaimana cara mengikutinya dengan kedhaifan ilmu saya memang mengikuti kehidupan beliau dibilang sunnah.



Menurut ilmu yang saya pelajari As-Sunnah menurut istilah syari’at ialah segala sesuatu yang bersumber dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam bentuk qaul (ucapan), fi’il (perbuatan), taqrir (penetapan), sifat tubuh serta akhlak yang dimaksudkan dengannya sebagai tasyri’ (pensyari’atan) bagi ummat Islam.

Bahkan ada beberapa yang mengatakan dari guru dan ulama yang saya ambil hikmahnya menerangkan makna asal secara bahasa bahwa: Sunnah itu untuk perbuatan dan taqrir, adapun hadits untuk ucapan. Akan tetapi di zaman kini guru-guru sebagai ulama sudah banyak melupakan makna asal bahasa dan memakai istilah yang sudah lazim digunakan, yaitu bahwa As-Sunnah muradif (sinonim) dengan hadits.



Bahkan ada juga yang menyebutkan As-Sunnah menurut istilah ulama ushul fiqih ialah segala sesuatu yang bersumber dari Nabi selain dari Al-Qur-an, baik perbuatan, perkataan, taqrir (penetapan) yang baik untuk menjadi dalil bagi hukum syar’i.

Oke kita tutup dulu pengertian Sunnah sampai disini, lalu lanjut ke inti masalah artikel ini yaitu ada Sunnah Nabi yang seringkali di ikuti bahkan umum terjadi namun dianggap hal yang biasa..



Apakah Sunnah Nabi yang sering kita lupakan itu ??

"Monogami"

Loh kok monogami sunnah nabi ?? Bukan Poligami ??

Menurut data sejarah yang saya pelajari sebenarnya, Nabi Muhammad SAW itu “penganut monogami”. Buktinya, ketika poligami (beristri lebih dari satu) begitu mentradisi dan menjadi kebanggaan di kalangan masyarakat arab pada waktu itu, Nabi Muhammad SAW hanya punya istri satu saja. Dialah “Siti Khadijah”, wanita yang telah memberikan enam anak (dua laki dan empat wanita) selama 25 tahun membina rumah tangga dengan Nabi Muhammad SAW. Selama hidup bersama Siti Khadijah, Nabi Muhammad SAW tak pernah sekalipun main perempuan. Malahan, setelah istri tercintanya itu wafat tiga tahun menjelang “hijrah” (perpindahan) umat muslim dari Mekah ke Madinah, Nabi Muhammad SAW sempat menduda selama empat tahun.

Saat itu perkembangan Islam tak berjalan mulus banyak terjadinya peperangan yang terjadi, sudah pasti terjadi efek dari perang banyak anak-anak yatim dan janda yang kehilangan suaminya sebagai tulang punggung kehidupan, dalam keadaan perang, tak mungkin juga sempat membangun panti asuhan anak-anak yatim. Apalagi masa itu, lingkungan persaudaraan umat Islam masih kecil sekali. Dan kondisi ekonomi umat Islam saat itu juga benar-benar sangat memprihatinkan. Sementara tentara musuh terus memburu tawanan wanita Islam untuk melampiaskan hawa nafsu mereka.



Kenyataan pahit itu, mendorong Nabi Muhammad SAW untuk membuka pintu poligami. Para sahabat Nabi yang dinilai “mampu” dimintanya untuk menikahi janda-janda korban perang sampai empat. Syaratnya, para sahabat itu harus mampu berbuat adil, baik terhadap istri-istrinya, maupun anak-anak yatim yang dalam perawatannya. Kalau tidak bisa berbuat adil, cukup beristri satu saja. Syarat yang dikemukakan Nabi ini diabadikan dalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat : (3).

Nabi sebagai penganjur poligami dalam keadaan darurat waktu itu, juga menikahi para janda sahabatnya, sehingga para janda itu selamat dari perlakuan semena-mena tentara musuh Islam. Anak-anak para janda yang berstatus yatim itu pun, terpelihara dan terjaga dengan baik.

Dari catatan sejarah, setelah Siti Khadijah Wafat, Nabi Muhammad SAW menikahi 11 wanita, tiga diantaranya adalah wanita budak atau tawanan perang (Siti Juwariyah, Siti Shafiyah, dan Maria Al-Qibtiyah), delapan lainnya adalah wanita merdeka yaitu (Siti Saudah, Siti Aisyah, Siti Hafsah, Siti Zainab Ummul Masakin, Ummi Salamah, Siti Zainab Putri Umaimah, Ummi Habibah dan Siti Maimunah). Dari delapan wanita merdeka itu, hanya seorang wanita yang berstatus gadis. Itulah Siti Aisyah, sedangkan yang lainnya berstatus janda.

Ada pengecualian khusus zainab baca al ahzab, begitu juga Aisyah ada bnyak faktor untuk pembelajaran dimasa politik belum stabil dan terutama masalah kesukuan.



Lantas kenapa di zaman kini yang relatif damai sunnah nabi berbentuk poligami sering dikumandangkan, bahkan membuat grup-grup untuk para penyembah poligami dengan dalih sesuai tuntunan nabi agar mempunyai banyak istri.

Tidak salah memang namun sunnah nabi yang utama yaitu "Monogami" tak pernah di anggap sunnah, entahlah apa yang terjadi dengan ulama negeri ini nampaknya urusan syahwat didahulukan dibanding urusan umat.

Singkat cerita apa monogami hal yang umum terjadi di dunia sekarang ini sudah tak dianggap "Sunnah" ??



Walau secara syariat memang baik monogami maupun poligami adalah hal yang boleh dalam syariat islam. Jangan sampai ada sebagian dari umat islam sendiri yang justru mencela poligami, karena telah ditetapkan bahwa poligami adalah boleh dan termasuk dalam syariat islam.

Jadi yang mau monogami silahkan, yang mau poligami juga silahkan. Karena sebenarnya poligami adalah strategi politik untuk menambah jumlah pengikut. Jaringan kekerabatan juga akan berlipat dua, tiga, bahkan hingga empat.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star







Diubah oleh c4punk1950... 12-09-2022 08:08
anto2310
MUF0REVER
provocator3301
provocator3301 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.4K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan