masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Uniknya Google Doodle Hari Ini, Gambar Mangkuk Ayam Jago yang Punya Sejarah Panjang
Menjadi gambar Google Doodle hari Senin 12 September 2022, ternyata mangkuk ayam jago memiliki sejarah panjang


Google Doodle, adalah gambar khusus yang bersifat sementara dan berada di bagian atas beranda Google.
Gambar-gambar yang dipilih untuk digunakan sebagai Google Doodle yaitu gambar yang ikonik dengan perayaan hari-hari besar, hari libur, acara, prestasi, atau tokoh sejarah ternama.

Di awal penggunaannya sendiri Google Doodle hanya berupa gambar dengan teks melayang, kemudian sejak tahun 2010 Google Doodle berubah menjadi animasi dan pertama kali digunakan untuk menghormati Sir Isaac Newton. Setelah inilah kemudian Google merilis Doodle animasi yang bersifat regional maupun Internasional.

Membahas tentang Google Doodle, mungkin Agan dan Sista sudah banyak yang melihat bahwa hari ini, Senin 12 September 2022 Google Doodle terlihat sangat unik dan menarik serta dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat.

Iya, hari ini Google Doodle mengusung tema animasi Rooster Bowlatau lebih akrab disebut mangkuk ayam jago.

Mungkin Agan dan Sista pun merasa penasaran, kenapa Google Doodle hari ini animasi mangkuk ayam jago, dan ternyata ini alasannya GanSis.




Mangkuk bermotif ayam jago, pasti Agan dan Sista sudah tidak asing lagi dengan perabotan rumah tangga yang hampir semua orang miliki ini.

Mangkuk ayam jago biasanya di Indonesia digunakan sebagai tempat atau wadah makanan berkuah seperti mie ayam, baso, soto, dan masih banyak lagi jenis makanan kuah yang lainnya.

Adapun yang menjadi alasan kenapa motif mangkuk ayam jago yang digunakan sebagai motif animasi Google Doodle yaitu karena tanggal 12 September menjadi hari dimana pemerintah Thailan mendaftarkan mangkuk ayam bermotif ayam jago menjadi produk indikasi geografis Lampang, tepatnya di tahun 2013 yang lalu.

Awal sejarah sebenarnya mangkuk yang saat ini memiliki motif ayam jago tersebut dibuat di Tiongkok tepatnya di Provinsi Guangdong, dan hanya berwarna putih polos, sampai kemudian dibawa ke distrik Pang Khey untuk diberi motif.

Motif yang dipilih untuk digambarkan pada mangkuk polos yaitu motif ayam jago berekor dan kaki hitam, leher dan badan merah, berjalan di atas rumput hijau dengan garis hitam, terdapat gambar bunga peony merah dan daun pisang.

Gambar ayam jago pada mangkuk tersebut dibuat bukan tanpa alasan. Ayam jago didefinisikan kerja keras, sedangkan bunga peony merah dan daun pisang didefinisikan sebagai lambang keberuntungan dan mimpi besar.

Banyaknya orang yang tertarik untuk menggunakan mangkuk tersebut kemudian di tahun 1957 para pengusaha membuat pabrik perabot atau alat dapur dan salah satunya sebagai produk andalan terlaris adalah mangkuk ayam jago atau rooster bowl di provinsi Lampang, Thailand.




Itulah tadi GanSis sekilas tentang alasan kenapa Google Doodle hari ini bermotif mangkuk ayam jago.

Mungkin banyak orang berpikir bahwa mangkuk ayam jago adalah produk dalam negeri Indonesia, ternyata dugaan tersebut tidak benar karena mangkuk ayam jago atau rooster bowl adalah produk asli Tiongkok yang dibuat di Provinsi Lampang dan sudah dipatenkan hak ciptanya sejak tanggal 12 September 2013.

Sangat unik dan menarik sekali bukan GanSis, ternyata sesuatu barang yang seding kita lihat dan gunakan memiliki riwayat sejarah panjang.

Oke, semoga thread ini bermanfaat dan menambah informasi serta wawasan dari Agan dan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
over.power
pemusnahmicin
syaifudinseno
syaifudinseno dan 28 lainnya memberi reputasi
29
6.3K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan