Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Di Negara Ini Bergosip Bisa Dipenjara Dua Tahun! Kok Bisa? Berikut Faktanya Gan!

Sumber Gambar

Mengobrol merupakan hal yang mengasikkan. Dengan mengobrol, kita bisa saling bertukar pandangan, cerita, atau pengalaman. Sekarang ini, selain bertatap muka, mengobrol juga bisa dilakukan secara virtual di sosial media. Entah dengan video callatau chatting.

Namun, terkadang saking asiknya mengobrol kita terkadang sampai lupa diri. Kita sering lupa dengan apa yang kita omongkan. Bahkan kita sampai membicarakan orang lain saking lupa dirinya. Ya, bisa dibilang bergosip.

Bergosip memanglah hal yang sering terjadi di lingkungan sekitar kita. Tapi kita harus hati-hati, tidak semua tempat aman untuk bergosip. Seperti di negara yang satu ini yang melarang warganya untuk bergosip.

Fakta menarik datang dari Uni Emirat Arab. Di negara tersebut, bergosip atau kegiatan apapun yang bisa diartikan sebagai bergosip akan dikenakan hukuman pidana penjara selama dua tahun!

emoticon-Wow

Terutama yang jadi perhatian adalah bergosip di dunia maya. Pemerintah di sana menganggap kebiasaan bergosip dapat menganggu kedamaian dan ketertiban masyarakat secara umum.

Kok bisa kepikiran ya pemerintah di sana? emoticon-Bingung (S)

Semua ini bermula pada tahun 2016 ketika terjadi sebuah banjir, banyak orang yang menyebar foto-foto kerusakan yang diakibatkan banjir. Dari sana mulai muncul bahan gosip yang mungkin bernada negatif sehingga hal ini dianggap sebagai hal yang ilegal.


Sumber Gambar

Apakah ini wajar? emoticon-Bingung (S)

Bergosip sebenarnya hal yang sudah lumrah dilakukan banyak orang meskipun konotasinya negatif. Apabila sekedar bergosip antar tetangga, mungkin biarlah jadi masalah penduduk sipil saja yang bisa diselesaikan dengan cara kekeluargaan.

Beda lagi bila gosip itu sudah menyebar luas ke masyarakat dan dirasa merugikan suatu pihak tertentu seperti fitnah dan pencemaran nama baik, barulah hukum negara bisa diberlakukan di sini.

Apalagi sekarang ini banyak sekali narasi-narasi yang menggiring opini publik ke arah yang negatif. Apalagi di Indonesia sempat menjadi tren di mana gosip dijadikan program tersendiri di televisi. Kalian tahu nama-namanya. Ada banyak acara TV yang secara terang-terangan yang menyatakan bahwa mereka adalah acara gosip. emoticon-Cape d... (S)

Kalau menurut kalian gimana gan? Thread ini bisa saja berlanjut kalau TS niat. Karena gosip ini sendiri cukup meresahkan bagi TS. emoticon-Blue Guy Peace

Sumber:
Referensi
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
RyuDan2255
edilokonga503
shinwjy
shinwjy dan 13 lainnya memberi reputasi
14
1.8K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan