pilot2isekai078Avatar border
TS
pilot2isekai078
Ustaz Abdul Somad: Saat Zaman Umar, Semua Dukun Ditangkap dan Disuruh Bertaubat
Andi Ahmad S

Sabtu, 03 September 2022 | 11:52 WIB


SuaraBanten.id - Polemik dukun atau perdukunan nampaknya saat ini masih menjadi perbincangan hangat, bermula saat pesulap merah bongkar trik perdukunan Gus Samsudin viral di media sosial.

Kali ini, Daniel Mananta juga turut membahas soal dukun bersama Ustaz Abdul Somad alias UAS untuk kanal YouTube miliknya.

Daniel Mananta menanyakan pendapat UAS soal fenomena orang yang lebih percaya kepada dukun dibandingkan Tuhan. Hal ini langsung ditanggapi dengan tegas oleh UAS.

"Saya sendiri penasaran sih karena sekarang ini banyak orang yang mereka lebih berserah sama dukun daripada berserah sama Allah. Pandangan ustaz sendiri bagaimana?" kata Daniel Mananta melansir YouTube Daniel Mananta Network, Sabtu (3/9/2022).

"Apa beda ustaz dengan pawang hujan? Toh dua-duanya melakukan sesuatu yang tidak scientific, yang tidak logis. Ustaz, ulama, kiai, dia berdoa minta sama Allah. Sedangkan dukun, dia minta sama setan. Permintaan itu sama setan, sama musuh Tuhan," jawab UAS.

Lebih lanjut, UAS memberikan contoh beberapa cerita tentang fenomena dukun dari zaman dulu. Ia lantas mengucapkan sebuah kalimat yang berhasil membuat Daniel Mananta panik.

"Orang lupa bahwa di abad 15 di Eropa itu, di antaran gerakan Renaissance itu menangkap dukun-dukun. Semua dukun-dukun itu dibakar," cerita UAS.

"Jauh sebelum itu, pada masa Umar (Umar bin Khattab) semua dukun ditangkap, disuruh bertaubat. Jadi setelah kira-kira berapa ratus tahun setelah itu, barulah Eropa terinspirasi. 'Kalau kita mau bersih, maka dukun-dukun ini mesti ditangkap'," imbuhnya.

Ucapan UAS inilah yang membuat Daniel Mananta panik karena takut diteror dengan "kiriman". UAS pun tak masalah jika cuplikan dirinya membahas dukun tidak ditayangkan demi keamanan bersama.

Kendati begitu, Daniel Mananta memutuskan untuk tetap menayangkan bagian tersebut. Ia tak gentar jika nantinya benar-benar mendapat teror, sebab punya Tuhan yang lebih kuat.

"Ini bakal problem sih," ujar Daniel Mananta sambil tertawa.

"Boleh di-cut untuk tidak di-upload," timpal UAS juga sambil tertawa.

"Enggak, gue lebih mikirnya kayak kita bakal dikirim-kirimin apa. Tapi itu sih, kalau misalnya dikirimin, ya udahlah. Tuhan gue lebih kuat daripada mereka," tegas Daniel.

"Keyakinan itulah yang membuat setan tidak masuk," kata UAS.

suara.com
hadramaut.boy
itilnjepat
aloha.duarr
aloha.duarr dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.7K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan