beergembira.Avatar border
TS
beergembira.
Kalo Harga BBM Jadi Naik, Apa Jurus Berhemat Kalian?
Selain berita soal Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, kabar seputar kenaikan harga BBM sedang ramai dibahas banyak media. Katanya sih BBM akan naik pada tanggal 1 September 2022 kemarin. Kenyataannya, sampai tanggal 2 September 2022, belum ada kenaikan harga. Tapi, antrian pembeli BBM di SPBU emang jadi lebih panjang.

Berdasarkan pengalaman, kalo udah ada berita kenaikan harga BBM, biasanya gak lama emang benar akan ada kenaikan harga. Cuma waktunya aja yang belum diketahui kapan. Kenaikan harga BBM pasti bikin banyak pihak resah. Mulai dari warga biasa, pedagang, hingga pengusaha bisa kena imbasnya karena kenaikan harga BBM akan menyebabkan kenaikan harga kebutuhan lainnya. Kalo harganya udah naik beneran, upaya kita sebagai warga biasa hanya sebatas menghemat pengeluaran sehari-hari biar gak tekor. Gue sendiri udah mulai mikirin strategi berhemat, nih.

Ini adalah beberapa hal yang menurut gue bisa membantu menghemat anggaran:

Mencatat Pengeluaran


Foto: https://www.sunlife.com.ph/content/d...201200x600.jpg

Pernah ngerasa pendapatan lo cukup gede, tapi sisanya kok selalu sedikit dan susah nabung? Mungkin karena pengeluaran lo gak terkendali, jadi gak sadar uang lo ke mana aja. Lo juga jadi gak ngerasa boros karena gak ada catatan pengeluaran. Nah, kalo lo terbiasa mencatat pengeluaran, lo akan tahu seberapa banyak lo menghabiskan uang dalam sehari, seminggu, dan sebulan, serta ke mana aja uang tersebut mengalir. Lo juga bisa dengan mudah memilih pengeluaran mana aja yang bisa lo hemat biar gak boros. Lo bisa catat pengeluaran secara manual, dengan aplikasi, atau menggunakan template di spreadsheet. Teknis lebih jelasnya bisa lo search sendiri biar bisa lo putuskan mana cara mencatat yang paling enak buat lo.

Motor > Mobil


Foto: https://cdns.klimg.com/dream.co.id/r...ic-1910246.jpg

Kalo lo punya mobil dan motor, sebaiknya pilih gunakan motor aja untuk sehari-hari biar lebih hemat. Pasalnya, motor tidak memerlukan BBM sebanyak mobil. Maksimalkan pengunaan motor dan gunakan mobil hanya untuk kepentingan tertentu. Misalnya ketika harus pergi ke suatu tempat, tapi hujan atau untuk membawa barang yang berat/besar, baru deh pake mobil.

Mungkin bisa lebih hemat jika memilih menggunakan kendaraan umum, tapi sayangnya gak semua daerah dilewati kendaraan umum. Termasuk daerah tempat tinggal gue juga gak ada kendaraan umum, jadi mau gak mau ya pake kendaraan pribadi, si motor itu tadi.

Batasi Nongkrong


Foto: https://cdn-brilio-net.akamaized.net...ng-190415i.jpg

Bukan gak boleh nongkrong sama sekali, melainkan membatasi, ya gan. Soalnya budget nongkrong itu seringkali kerasa kecil, tapi kalo ditotalkan sebulan, kok ya lumayan gede juga, hehe. Bersosialisasi dengan sohib di tempat nongkrong itu tetap penting, buat menjaga silaturahmi dan menjaga kewarasan. Tinggal pilih tempat nongkrong yang lebih ekonomis dan lokasinya gak terlalu jauh. Soalnya kalo yang mahal-mahal amat, ntar boros. Apalagi kalo lokasinya jauh, bisa boros BBM juga. Ditambah nanti di tengah jalan tiba-tiba pengen beli ini-itu. Wah makin boros dah. Pilih tempat nongkrong yang dekat aja atau nongkrong di rumah salah satu teman juga bisa.

Kurangi budget hobi

Kalo lo punya hobi yang membutuhkan budget banyak, mending sekarang dikurangi dulu deh. Misalnya hobi koleksi figure, sneakers, dan benda-benda mahal lainnya, atau touring, travelling, dll. Utamakan kebutuhan primer dan kebutuhan lain yang lebih penting dulu. Kalo ada budget lebih, baru deh gas jalanin hobi lagi.

Membiasakan berolahraga


Foto: https://hips.hearstapps.com/hmg-prod...&resize=1200:*

Biar punya hobi baru sekaligus menjaga daya tahan tubuh, olahraga aja lah, gan! Dengan berolahraga, kita jadi lebih sehat, terhindar dari penyakit. Soalnya, sakit itu mahal, bray! Walaupun misalnya lo punya asuransi, tetep aja bakalan ada budget yang perlu lo keluarin dari dompet pribadi. Yok hidup sehat aja biar gak boros! Bisa membuat lo lebih happy dan gak stres karena memicu hormon endorphin. Pilih olahraga yang hemat dan mudah dilakukan. Gak perlu beli perlengkapan olahraga yang mahal, manfaatkan yang ada aja dulu.

Tetap merawat kendaraan

Walaupun sedang berhemat, kendaraan tetap harus dirawat. Mobil yang jarang lo pake tetap harus dipanaskan beberapa hari sekali biar akinya gak bermasalah. Motor yang lo pake sehari-hari juga perlu dirawat. Kurang perawatan justru bisa bikin motor lo rusak dan ujung-ujungnya keluar budget lebih. Jadi, jangan malas perawatan kayak ganti oli rutin, service rutin, service tahunan. Pastikan bengkel yang lo pilih berkualitas, mekaniknya oke, serta spare part dan olinya asli. Bisa juga pilih oli berbahan ester biar lebih tahan lama, jadi hemat. Karena oli ester bisa lebih awet hingga 2 kali lipat oli biasa. Misalnya oli X-Ten di Planet Ban. Udah ester, tahan lama, harganya gak mahal, gratis biaya ganti oli juga. Hemat banget tuh.


Membawa bekal

Coba deh sesekali bawa bekal makan sendiri biar lebih hemat. Ini lumayan menghemat anggaran juga. Apalagi kalo di sekitar tempat kerja lo dikelilingi tempat makan yang mahal. Kerasa banget bedanya. Gak perlu bikin bekal yang aneh-aneh dan rumit. Yang sederhana aja, kayak telor dadar, nasi goreng, tumis sayuran, tempe orek, dll. Bisa juga tuh dijadiin kegiatan rutin di kantor bareng teman-teman, bikin ‘Hari Membawa Bekal’ hehe.

Masih ada banyak hal lain yang bisa lo lakukan untuk menghemat pengeluaran. Tapi, sementara segitu dulu aja dari gue. Mudah-mudahan sharing dari gue bisa bermanfaat. Kalo lo punya jurus lain buat menghemat, boleh share di komen aja, gan!
emoticon-Shakehand2

Diubah oleh beergembira. 04-09-2022 16:30
provocator3301
Aramina
bang.toyip
bang.toyip dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.5K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan