Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trifatoyahAvatar border
TS
trifatoyah
Sate Ondol-ondol, Jajanan Tradisional yang Harganya Masih di Dasar Jurang Rp 500 Saja


Makanan tradisional ini sungguh murahnya kebangetan alias murah banget. Agan Sista dijamin bakalan melongo bila tahu harganya dan bagaimana proses pembuatannya yang tidak gampang.

Hallo Agan Sista di manapun berada, jumpa kembali dengan Thread Ane, tentang kuliner tradisional yang harganya masih di dasar jurang.
Namanya Sate Ondol-ondol.

Ane mau cerita sedikit nih, pagi ini anak-anak minta sarapan nasi megono, alhasil kudu beli nih, karena untuk membuat megono sendiri itu ribet beli aja murahnya masih nggak ketulungan, nasi dengan dua gorengan yang cukup lebar dan tebel saja cuma Rp 3000, jadi enakan beli nggak usah capek-capek harga segitu nih kalau Gan Sist kagak percaya.



Nasi megono sebungkus kalau Ane kenyang banget, udah gitu nasinya empuk lagi, ya udah deh pagi-pagi sarapannya beli aja, boleh milih lauk sesukanya, ada megono, mie, oseng mlinjo, urap, botok tahu dan gembus, serta aneka gorengan, mulai dari tempe goreng, bakwan, tahu semua ada dan harganya Rp 500. Murah dan ramah banget dikantong.
Nah di situ Ane ketemu penjual sate Ondol-ondol yang sedang ngider alias menjajakan dagangannya.

Kembali lagi ke Sate ondol-ondol, akhirnya ane beli tuh sate ondol-ondolnya. Sate ondol-ondol ini terbuat dari singkong atau budin, atau ketela pohon. Waktu tanya harganya otomatis kaget lah, kirain satu Rp 1000, eh ternyata Rp 500 aja. Itu Ane beli satuan, kalau beli borongan mau dijual lagi ya biasanya dengan harga Rp 400, padahal tenaga dan bahan yang dikeluarkan lumayan banyak, tapi buktinya masih tetap jualan sampai sekarang ya masih ada untungnya.



Padahal tahu nggak Gan Sist Sate ondol-ondol ini untuk proses pembuatannya aja rumit banget menurut Ane, sumpah deh. Gimana nggak rumit, kalau pedagang sate ini manen sendiri singkongnya, kudu ke sawah atau kebun buat manen singkongnya, itu baru proses awal.

Sate Ondol-ondol harganya masih dalam jurang, padahal pembuatannya melalui proses panjang:

1. Pedagang membeli singkong atau panen punya sendiri.

2. Mengupas singkong.

3. Mencuci sampai bersih.

4. Memarut singkong.

5. Memeras singkong biar tidak terlalu basah.

6. Membuat bumbu yang terdiri dari garam, ketumbar, kemiri, daun bawang.

7. Menguleni semua bahan.

8. Membuat bulatan kecil- kecil seukuran bakso.

9. Menggoreng sampai matang.

10. Tiriskan, siapkan tusuk sate, dan ditusuk satu persatu.

11. Dijajakan keliling kampung.
Rasa dari sate ondol-ondol ini gurih

Itulah proses pembuatan sate ondol-ondol yang begitu panjang dengan harga Rp 500, Ane nggak ngebayangin penjualnya bangun jam berapa ya, wong pagi-pagi jam 6.00 sudah menjajakan dagangannya. Sungguh perjuangan yang tidak ternilai harganya, demi dapur tetap ngepul.



Sate ondol-ondol ini sudah ada sejak jaman dahulu kala, dan harganya emang murah meriah, tanpa bahan pengawet pula, walaupun jajanan ini terkesan jadul tapi tetap suka. Sekian Thread dari Ane, di tempat Gan Sis masihkah ada jajanan yang harganya murah meriah?


Sumber Opini pribadi
Foto doc.pri

gembelngehe
dhinyzfrn
bejosegerwaras
bejosegerwaras dan 19 lainnya memberi reputasi
20
6.7K
177
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan