buncitbubarAvatar border
TS
buncitbubar
Negara Rugi Rp 4,4 Triliun Per Tahun Karena Sistem E-Toll di Indonesia
Otomotifnet.com - Sistem e-toll di Indonesia ternyata bikin negara merugi.

Nilainya tak main-main, disebut sampai Rp 4,4 triliun per tahun.

Data ini diungkap oleh Sekteratis Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Triono Jasmono.

Mengenai penyebabnya diungkapkan oleh Triono.

Menurutnya karena ada antrean kurang lebih 5 detik saat pengguna jalan melakukan tapping.

Menurut Triono, sistem tersebut sudah diterapkan sejak tahun 2017 hingga sekarang.

Meskipun sudah diatur agar antreannya berkurang, tetap timbul kerugian

"Kita atur agar antreannya bisa berkurang maksimal 5 detik. Namun, yang namanya antrean, tetap ada kerugian di situ. Sekitar Rp 4,4 triliun per tahun," ujar Triono dalam Podcast Bina Marga Kementerian PUPR, (22/8/22).

Dikatakan, berdasarkan hasil studi dari World Bank, kemacetan di jalanan Indonesia cukup besar dan menyebabkan kerugian hingga Rp 56 triliun tiap tahunnya.

Kartu E-Toll Bakal Enggak Guna, Gardu Tol Mulai Tahun Segini DicopotJangan Kaget, Top Up E-Money Dikenai PPN 11 Persen, Hitungannya BeginiKartu E-Toll Bakal Dicabut, Akhir 2022 Uji Coba Bayar Tol Tanpa BerhentiTak Perlu Buka Kaca, Bayar Jalan Tol Anti Ribet, Pakai Metode Namanya MLFF

"Kita atur agar antreannya bisa berkurang maksimal 5 detik. Namun, yang namanya antrean, tetap ada kerugian di situ. Sekitar Rp 4,4 triliun per tahun," ujar Triono dalam Podcast Bina Marga Kementerian PUPR, (22/8/22).

Dikatakan, berdasarkan hasil studi dari World Bank, kemacetan di jalanan Indonesia cukup besar dan menyebabkan kerugian hingga Rp 56 triliun tiap tahunnya.

Kalau kita hitung, total kerugian di jalan tol ini 8 persen dari total kerugian akibat kemacetan di seluruh jalan di Indonesia," jelas Triono.

Karena kerugian inilah, Pemerintah Indonesia tengah cari solusi mengurangi kemacetan dan mengupayakan antrean di jalan tol bisa dipangkas.

Inilah yang membuat Kementerian PUPR melalui BPJT mencetuskan ide menerapkan teknologi multilane free flow (MLFF) atau teknologi nirsentuh nontunai.

Triono memaparkan, sistem MLFF sudah diterapkan di negara-negara maju, terutama Eropa.

"Di Indonesia, kita gunakan sistem dengan navigasi satelit dengan teknologi electronic on board unit (EOBU) menggunakan handphone," bebernya.

"Para pengguna jalan bisa menggunakan jalan tol setelah mendaftarkan kendaraan mereka, lalu membayar via handphone seperti halnya saat menggunakan aplikasi untuk ojek online," tambahnya.

Dengan teknologi ini, diharapkan pembayaran tarif tol bisa jauh lebih cepat.
https://otomotifnet.gridoto.com/read...donesia?page=2
goeltom25338186
viniest
jiresh
jiresh dan 17 lainnya memberi reputasi
16
9.6K
142
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan