Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Temui Komnas HAM Papua, Damianus Yogi: Indonesia dan Papua setara di MSG
Temui Komnas HAM Perwakilan Papua, Damianus Yogi : Indonesia dan Papua setara di meja MSG

Panglima Tertinggi TPN-PB OPM, Damianus Magai Yogi (kiri) dan Ketua Komnas HAM Perwakilan Papua Frits Ramandey (kanan) - Jubi/Abeth You
Enarotali, Jubi – Panglima Tertinggi TPNPB OPM, Damianus Magai Yogi menegaskan, bahwa Indonesia dan Papua setara di Melanesian Spearhead Group – MSG.
Untuk itu, ketika Indonesia hendak membicarakan tentang nasib Papua ia berharap agar bisa duduk bersama di meja MSG.

Hal itu dikatakan Damianus Magai Yogi ketika melakukan pertemuan tertutup dengan Kepala Perwakilan Komnas HAM Papua, Frits Ramandey di Paniai, Rabu, (24/8/2022) kemarin.

“Kita dua (Indonesia dan Papua) setara di MSG. Karena itu kami harapkan kita harus duduk sama-sama di meja MSG. Biar MSG yang selesaikan saja,” ujar Yogi, Jumat (26/8/2022).

Yogi mengatakan, selama Papua berada di dalam tubuh Indonesia pihaknya tetap tidak akan aman. Buktinya, jika keluarganya hendak belanja di pasar atau hendak berobat di kota pihaknya diancam bahkan ditembak mati.

“Nah itu artinya kita di Papua belum ada kedamaian. Indonesia masih merasa kami lawan sehingga seluruh hidup kami habiskan di hutan saja. Bagaimana kalau kita sepakat duduk bicara untuk perdamaian dan kita hidup masing-masing negara saja,” ungkapnya.

Kedatangan Frits Ramandey itu sekaligus menyampaikan keinginan pihaknya dalam penyelesaian sejumlah pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang kompleks di tanah Papua.

“Saya menyampaikan terima kasih banyak kepada Damianus Magay Yogi sebagai Panglima Tertinggi TPN-PB OPM yang telah menerima saya dengan baik di Enarotali,” ujar Ramandey.

Sebagai Tim Pemantau dan Negosiasi terhadap sejumlah peristiwa kemanusiaan di Papua, Ramandey juga sudah menyampaikan misinya tersebut kepada Michelle Bachelet selaku Komisi Tinggi Dewan HAM PBB di Jenewa belum lama ini.

“Sebagai Komnas HAM dan juga sebagai tim pemantauan dan negosiasi bahwa kami sedang menginisiasi upaya dialog kemanusiaan. Komnas HAM telah bertemu dengan Komisi Tinggi Dewan HAM PBB Missel Beslei di Jenewa. Kami telah menyampaikan hal itu dan mendapatkan respons bahwa upaya ini untuk menyelesaikan sejumlah pelanggaran HAM yang terjadi di tanah Papua,” ujar dia. (*)
https://jubi.id/meepago/2022/temui-k...a-di-meja-msg/

teroris tetap pengen lepas dari NKRI termasuk di meja MSG
xneakerz
muhamad.hanif.2
samsol...
samsol... dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.2K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan