Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Wacana RI Impor Minyak Mentah dari Rusia, Energy Watch: Berani Lawan Amerika?



Senin, 22 Agustus 2022 16:24 WIB

Ilustrasi kilang minyak dunia. REUTERS/Shannon Stapleton

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan ragu-ragu Indonesia siap menghadapi risiko embargo dari Amerika Serikat jika mengimpor minyak mentah dari Rusia. Wacana impor itu kembali mencuat setelah disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Secara politik, ini mampu enggak kita menghadapinya? Sama transaksinya harus menggunakan Ruble. Ini saya khawatir, emang kita berani lawan AS (Amerika Serikat) dan sekutunya?” ujar Mamit.

Mamit mengakui Indonesia berkesempatan mendapatkan harga minyak mentah 30 persen lebih murah ketimbang harga acuan minyak dunia jika mengimpor dari Rusia. Rencana ini, kata dia, bisa membantu beban keuangan negara dan PT Pertamina (Persero) sehingga mendorong harga BBM lebih terjangkau.

Hanya, Mamit memberikan beberapa catatan jika wacana itu benar-benar dilakukan. Pertama, dia melanjutkan, negara perlu memastikan kesiapan kilang Pertamina dalam merefinery minyak dari Rusia.

Pemerintah perlu memperhatikan kecocokan spek minyak Rusia dengan spek kilang yang dimiliki Pertamina. Kedua, negara harus memiliki sikap saat menghadapi ancamana embagro dari Amerika Serikat dan sekutunya.

Selain itu, dia berujar, Indonesia akan menghadapi mekanisme pembelian yang rumit karena nilai tukarnya menggunakan Ruble. "Bisakah pemerintah menghadapi semuanya? Jadi saya kira wacana ini sulit untuk dilakukan karena banyak yang harus di persiapkan. Enggak semudah seperti yang disampaikan Pak SU (Sandiaga Uno),” katanya.

Sandiaga Uno sebelumnya mengatakan Indonesia bisa memanfaatkan momentum perang Rusia dan Ukraina untuk mendapatkan minyak mentah dengan harga murah.
"Kalau buat teman-teman CEO master mind ambil enggak? Ambil. Pak Presiden Joko Widodo alias Jokowi juga mikirnya sama. Ambil,” katanya seperti dikutip dari video yang diunggah melalui akun Instagram pribadinya, 20 Agustus 2022.

Meski demikian, Sandiaga mengakui tak banyak pihak setuju. Musababnya, Indonesia akan berisiko menghadapi ancaman embargo dari Amerika Serikat. “Ya biarin saja kalau diembargo, paling kita enggak bisa makan McDonlad. Makan Baba Rafi-lah,” tutur dia.

Adapun Sandiaga menduga di tengah perang, Rusia mengambil keuntungan besar dari penjualan minyak mentahnya. Rusia, kata dia, setiap harinya mengapalkan minyak dengan harga di bawah pasar dan keuntungannya US$ 6 miliar per hari.

“Cost of war kira-kira berapa? US$ 1 miliar, jadi Rusia profit setiap hari berpaa? US$ 5 miliar,” ujar dia.

Melihat itu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu melanjutkan, Indonesia semestinya kudu pintar memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan harga minyak murah. Salah satu negara yang sudah melakukannya adalah India.

Wacana mengimpor minyak Rusia sejatinya telah muncul sejak Maret lalu. Rencana pembelian bahan bakar mentah itu disampaikan oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dalam rapat bersama DPR. Kala itu, Nicke mengatakan perseroan sedang menyiapkan proses pembelian secara business to business atau B to B.

Nicke menuturkan, selain dengan Kementerian Luar Negeri, perusahaan minyak negara berkoordinasi dengan Bank Indonesia. Ia memastikan proses pembelian tersebut tidak akan menimbulkan persoalan politis sepanjang perusahaan yang bekerja sama dengan Pertamina tidak terkena sanksi.

Namun dua bulan kemudian, Pertamina mengumumkan batal membeli minyak mentah dari negeri beruang merah. Perusahaan pelat merah itu beralasan stok BBM di dalam negeri mencukupi untuk kebutuhan masyarakat.
https://bisnis.tempo.co/read/1625487...-lawan-amerika

Apakah bakal beneran impor minyak dari Rusia? Belum ada keterangan dari Presiden dan jajarannya selain Sandiaga..
T2Y
aldonistic
garfieldX
garfieldX dan 5 lainnya memberi reputasi
4
1.9K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan