Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pilotreincarnatAvatar border
TS
pilotreincarnat
Daftar Pekerjaan yang Terancam Punah, Siap-siap Ganti Profesi
Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
Tech
18 August 2022 07:35
Daftar Pekerjaan yang Terancam Punah, Siap-siap Ganti Profesi

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa jenis pekerjaan diprediksi hilang di masa depan, menyusul terus berkembangnya teknologi.

Teknologi robot nantinya bakal menggantikan peran manusia di beberapa sektor. Bahkan menurut laman BBC tahun 2019 lalu, ada 20 juta pekerjaan manufaktur dunia tahun 2030 mendatang yang dikerjakan oleh robot. Laporan tersebut berdasarkan analisis dari Oxford Economics.

Menurut analisis yang sama, wilayah yang rentan akan digantikan robot adalah pekerjaan dengan keterampilan rendah, ekonomi lemah dan tingkat pengangguran lebih tinggi.

Untuk mengetahui pekerjaan apa saja yang akan digantikan oleh robot, berikut daftar, seperti dikutip dari Computerhope, Kamis (18/8/2022).

1. Bagian perakitan dan pekerja pabrik
Robot sudah digunakan untuk hampir seluruh pekerjaan manufaktur besar. Komputer juga sudah bisa merakit produk seperti mobil.

Untuk memprogram robot pun juga mudah dan tak perlu memerlukan teknisi yang terampil. Robot seperti Baxter dan Sawyer dari Rethink Robotics juga dapat diprogram oleh siapapun.

2. Sopir bus, taksi, dan truk
Ini berhubungan dengan munculnya mobil otonom. Beberapa tahun ke depan bukan tak mungkin akan banyak kendaraan itu yang dapat ditemui di jalanan seluruh dunia.

Namun ini juga berarti akan ada potensi kehilangan pekerjaan. Teknologi otonom dapat menggantikan pekerjaan sopir bus, taksi, dan truk. Bahkan juga bisa untuk kendaraan berat, seperti buldozer, pengeboran dan pengangkutan pertambangan atau konstruksi.

3. Operator telepon, telemarketer dan resepsionis
Teknologi voice recognition mungkin dapat lebih canggih lagi di masa depan. Dengan begitu akan membuat perusahaan menggunakan mesin dan menggantikan manusia dalam pekerjaan seperti operator telepon, telemarketer maupun resepsionis.

4. Kasir
Saat ini beberapa toko bahkan sudah tak ada lagi mesin pembayaran yang dijaga oleh seorang kasir. Toko tersebut menggantinya dengan self-checkout atau pelanggan dapat melakukan pembayaran sendiri.

Manusia mungkin masih dibutuhkan, tetapi hanya melakukan pengawasan operasi. Tapi itu pun akan mewakili pekerjaan yang sebelumnya.

Cnbc

bukan.bomat
T2Y
s.c.a.
s.c.a. dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.5K
44
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan