Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

eldamyAvatar border
TS
eldamy
Dari Bandung ke Banyuwangi Naik Kereta 1000 km
Banyuwangi, sebuah kota di ujung timur pulau Jawa. Pesonanya mampu menarik orang-orang untuk datang, bahkan rela menempuh perjalanan yang jauh dan lama. Bukan hanya wisatawan lokal, tak sedikit wisatawan asing yang rela terbang sampai ke Banyuwangi.

Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi ketika kita memilih untuk berlibur ke Banyuwangi. Yang cukup terkenal ada Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Alas Purwo, gunung Ijen, dan masih banyak lagi. Karena jaraknya yang dekat dengan pulau Bali, beberapa wisatawan memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Bali menggunakan kapal dari pelabuhan Ketapang menuju pelabuhan Gilimanuk.

Jarak Bandung ke Banyuwangi kira-kira 1000 km. Karena Eldamy berangkat dari Bandung, kita akan bahas bagai mana caranya ke Banyuwangi dari Bandung sesuai dengan pengalaman Eldamy waktu itu emoticon-Big Grin

Pertama: Pergi ke manapun sudah pasti agan dan sis butuh perencanaan sebelum berangkat. Mau ke mana jika sudah sampai Banyuwangi? Naik apa ke sana? Tinggal di mana selama di Banyuwangi? Tinggal agan sis hitung kebutuhan ongkos, penginapan, makan, tiket wisata, transportasi selama di Banyuwangi.

Kedua: Jika agan sis akan ke Banyuwangi menggunakan kereta, sampai saat ini belum ada kereta yang langsung dari Bandung ke Banyuwangi. Nilai plusnya jika agan sis naik kereta, agan sis akan disuguhi pemandangan bagus yang membentang dari barat pulau Jawa hingga ke Timur pulau Jawa. Eldamy waktu itu naik kereta lokal Bandung Raya dari stasiun terdekat ke stasiun Kiaracondong, kita akan naik kereta Kahuripan dari Kiaracondong ke Lempuyangan. Berangkat sore dan sampai di Lempuyangan dini hari sebelum subuh. Jadi solat magrib dan isya bisa di kereta, makan malam juga beli di kereta.

Setelah sampai di Lempuyangan, bagi agan sis yang muslim bisa tunggu subuh di tempat solat yang ada di dalam stasiun. Jika sudah subuh agan sis bisa ke luar stasiun untuk cari sarapan, warung dekat stasiun Lempuyangan ada yang sudah buka. Agan sis tidak akan lama-lama transit di Lempuyangan, jadi jangan kebablasan jalan-jalan keliling Malioboro ya.

Kereta dari Lempuyangan ke Banyuwangi berangkat pagi-pagi, kereta Sri Tanjung namanya, dia akan putar lokomotif juga di stasiun Surabaya Gubeng. Nanti agan sis bisa turun di Stasiun Banyuwangi Baru atau di Karangasem. Cukup jauh, jika di awal perjalanan dari Lempuyangan agan sis akan disuguhi pemandangan pagi yang berembun melintasi Jawa Tengah, maka agan sis akan sampai di Banyuwangi saat langit sudah gelap alias malam hari. Jika agan sis memutuskan untuk menginap terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan keliling Banyuwangi, agan sis bisa turun di stasiun Karangasem, ada penginapan tepat di depan stasiun, jadi agan sis bisa langsung istirahat.

Quote:



Untuk pulang ke Bandung, agan sis tidak akan naik kereta yang sama dengan kereta perginya. Agan sis akan pulang lewat malang. Kenapa lewat malang? Karena jadwalnya pas, tidak terlalu lama transit dan tidak terburu-buru juga. Dari stasiun Banyuwangi agan sis akan berangkat subuh dengan kereta Tawangalun ke stasiun Malang. Jadi disarankan agar agan sis memilih penginapan yang tidak terlalu jauh dari stasiun untuk menghindari tertinggal kereta. Tawangalun akan sampai di Malang pada siang hari. Di Malang, agan sis juga tidak akan transit lama-lama, karena sorenya agan sis akan melanjutkan perjalanan ke Bandung dengan kereta Malabar. Sekali lagi agan sis tidak bisa jalan-jalan ke Coban Rondo terlebih dahulu.

Jika naik Malabar, agan sis bisa turun di stasiun Kiaracondong maupun di stasiun Bandung. Setelah itu baru agan sis bisa melanjutkan perjalanan ke rumah dengan kereta lokal atau dengan angkutan umum lain.

Quote:


Agan sis juga bisa pilih kereta lain atau mungkin naik pesawat atau naik bis. Waktu perjalanan yang dibutuhkan untuk perjalanan dengan kereta dari Bandung sampai Banyuwangi bisa lebih dari 24 jam termasuk transit loh agan sis. Tapi pegal-pegal akibat terlalu lama duduk akan terbayarkan ketika agan sis sampai di tempat tujuan. Naik kereta juga lebih hemat ongkos, terlebih untuk yang kelas ekonomi. Rute di atas hanya referensi berdasarkan pengalaman Eldamy.


Pesawahan di Jawa Timur dilihat dari kereta Sri Tanjung


Pagi hari dari kereta Malabar

Sekian perjalanan pulang pergi Eldamy dari Bandung ke Banyuwangi dan sebaliknya, ulasan liburan klik link ini Seharian di Banyuwangi, Bisa ke Mana Aja? emoticon-Blue Guy Peace
Diubah oleh eldamy 15-02-2019 23:27
takum!
takum! memberi reputasi
1
11.4K
4
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan