beergembira.Avatar border
TS
beergembira.
Malas Servis Motor Ke Bengkel bisa Bikin Banyak Masalah loh!
Servis motor adalah hal yang perlu dilakukan secara rutin untuk merawat kondisi motor. Sebenarnya ini adalah pengetahuan dasar bagi pemilik motor. Tapi sayangnya, masih ada aja yang malas servis atau bahkan gak tahu bahwa servis itu wajib dilakukan.


https://encrypted-tbn0.gstatic.com/i...CfDcA&usqp=CAU

Servis rutin buat motor itu biasanya meliputi ganti oli mesin dan bersihin CVT, serta pengecekan coolant radiator, kampas rem, tegangan aki, busi, filter udara, dll. Ini standarnya dilakukan setiap 2000-3000 kilometer atau maksimal sekitar 2-3 bulan. Tergantung jenis motor dan frekuensi penggunaan motor serta jarak yang ditempuh.

Terus, kalo jarang servis, jadi gimana? Ya jelas bisa menimbulkan berbagai masalah pada motor, misalnya ini:

1. Kenyamanan kendaraan berkurang


https://encrypted-tbn0.gstatic.com/i...RCgwQ&usqp=CAU

Jarang servis bisa memunculkan kerusakan pada mesin. Kalo dibiarkan, kerusakan-kerusakan itu bisa jadi semakin parah dan pasti berpengaruh pada kenyamanan berkendara. Misalnya suara mesin yang berubah jadi lebih berisik, kasar, tarikan mesin jadi berat, pokoknya berkendara tuh jadi kerasa kurang nyaman. Kalo yang ngerti sih pasti peka dengan perubahan atau keanehan yang muncul dari motornya itu dan akan segera membawa motornya ke bengkel untuk dicek dan diservis. Nah, kalo yang gak ngerti, motornya tetap diajak ngegas terus setiap hari walaupun asap knalpotnya udah hitam pekat dan mesinnya mengeluarkan suara yang gak wajar. Yang penting masih ada isi bensinnya, ya jalan teruuuss emoticon-Frown

2. Performa mesin berkurang

Meskipun kondisi motor terasa baik-baik aja, servis secara berkala tetap perlu dilakukan untuk mencegah kerusakan/keausan yang mungkin terjadi. Mekanik di bengkel bisa mengecek kondisi motor dan menginformasikan seandainya ada kerusakan atau komponen yang perlu diperbaiki. Nah, kalo motor dibiarkan berbulan-bulan gak diservis, termasuk gak ganti oli, bisa jadi performa mesin akan berkurang. Apalagi oli itu penting banget untuk menjaga kondisi mesin dan berperan dalam pelumasan, pembersihan, serta pendinginan komponen dalam mesin.

3. Biaya reparasi lebih besar


https://encrypted-tbn0.gstatic.com/i...NGVzQ&usqp=CAU

Mungkin ada sebagian orang yang malas servis dengan alasan agar hemat. Padahal, kalo mesin motor rusak gara-gara gak rajin diservis, biaya reparasinya justru lebih besar. Ganti oli dan servis ringan paling di bawah 100 ribu aja. Nah, kalo mesinnya udah rusak parah dan harus diperbaiki, bisa habis ratusan ribu sampai jutaan. Plus motornya kudu nginep di bengkel beberapa waktu, jadi gak bisa dipake dulu deh. Yok jangan males dan jangan pelit ngeluarin uang buat servis motor. Pilih bengkel yang terpercaya dan komponen serta olinya asli, bukan KW. Misalnya bengkel Planet Ban. Bukan cuma ganti ban aja, sekarang udah bisa servis dan ganti oli juga di sana. Olinya juga pake oli X-Ten yang mengandung ester, jadi bisa lebih tahan lama dan bagus buat mesin.

4. Nilai jual rendah

Kalo suatu saat kalian berniat menjual motor sedangkan si motor jarang servis, bisa dipastikan harga jualnya bakal turun lebih rendah dibanding motor yang rutin servis. Karena jarang servis membuat kondisi mesin motor kurang prima. Meskipun body-nya mungkin mulus. Tapi kalo mesinnya kurang oke, ya percuma aja. Orang yang mau beli juga pasti takut kondisi motornya terus menurun

Begitulah konsekuensinya kalo jarang atau males servis motor secara rutin. Kalian gimana memperlakukan motor kesayangan? Udah rajin servis rutin kan?

emoticon-Jempol

Diubah oleh beergembira. 10-08-2022 09:39
aliffadilah
agusn6778
s.c.a.
s.c.a. dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.9K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan