KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PDI Perjuangan Padamkan Isu Ganjar-Erick Diendorse Jokowi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62f1b4eaf5076019ef52e6a2/pdi-perjuangan-padamkan-isu-ganjar-erick-diendorse-jokowi

PDI Perjuangan Padamkan Isu Ganjar-Erick Diendorse Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) jalan santai saat car free day (CFD) di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Solo, didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir. PDI Perjuangan (PDIP) menyebut Jokowi jalan bareng dua tokoh itu bukan untuk meng-endorse Ganjar dan Erick.

Berdasarkan keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (7/8), Jokowi dan keluarga mulai berjalan kaki di area CFD sekitar pukul 07.30 WIB. Iriana Jokowi dan cucunya Jan Ethes Srinarendra turut rombongan Jokowi bersama Ganjar dan Erick.

Masyarakat menyapa Jokowi dan Jan Ethes di sepanjang jalan. Selain itu, Jan Ethes tampak membeli balon yang kemudian turut dibagikan kepada sejumlah pengunjung yang membawa anak kecil.

"Terima kasih, Mas Ethes," ujar seorang warga yang diberi balon.

Sejumlah masyarakat juga meminta untuk berfoto bersama dengan Jokowi, Iriana, dan Jan Ethes. "Pak Jokowi, boleh foto?" ujar masyarakat yang kemudian dijawab dengan lambaian tangan memanggil oleh Jokowi.


Sampai di kawasan Ngarsopuro, Jokowi dan Ganjar sempat berbincang. Tampak dari raut muka mereka sedang mengobrol serius. Ganjar mengaku hanya kebetulan bertemu dengan Jokowi. Dia mengatakan datang ke CFD untuk berolahraga.

"Ketemu di jalan. Aku lari sampe gembrobyos (berkeringat). Ra mudeng (nggak tahu Pak Jokowi mau ke CFD)," kata Ganjar setelah menemani Jokowi di Ngarsopuro, Minggu (7/8), seperti dilansir detikJateng.

Dia mengaku sempat bertanya kepada Jokowi saat pertama kali bertemu di Loji Gandrung. Menurutnya, Jokowi hanya ingin melihat-lihat CFD Solo.

"Ada acara apa pak di Loji gandrung. (Jokowi menjawab) 'reuni aja, mau lihat-lihat'. Nggak, beliau mau olahraga saja," ujar dia.


Ganjarist Bicara Endorse Nyapres

Relawan pendukung Ganjar, Ganjarist, menyebut kedekatan Jokowi dan Ganjar sudah menjadi rahasia umum. Jokowi disebut memiliki hubungan yang dekat dengan Ganjar.

"Kan memang sudah jadi rahasia umum, hubungan Pak Jokowi dengan Pak Ganjar itu sangat dekat," kata Ketua Ganjarist Eko Kuntadhi saat dihubungi, Minggu (7/8).

Eko menilai kedekatan Jokowi dan Ganjar tak hanya terkait hubungan di pemerintahan. Menurut Eko, Jokowi dan Ganjar memiliki kedekatan secara personal.

"Kedekatan itu bukan hanya hubungan Presiden dan Gubernur. Tetapi Pak Jokowi secara personal dan Mas secara personal. Bila berjumpa bahasa tubuh keduanya menggambarkan kehangatan," ujar Eko.

Lebih lanjut, Eko menilai kebersamaan itu bisa ditafsirkan adanya sinyal endorse atau dukungan Jokowi kepada Ganjar untuk maju capres 2024. Eko menyebut Jokowi sering menggunakan bahasa simbol dalam melakukan komunikasi politik. Meskipun begitu, dia tak heran bila Ganjar turut hadir dalam agenda Jokowi melakukan CFD di Solo.

"Apakah kedekatan itu bisa ditafsir endorse dari Pak Jokowi ke Mas Ganjar? Bisa saja orang menafsir begitu. Kita tahu Pak Jokowi itu orang Solo. Beliau banyak menggunakan bahasa simbol dalam komunikasi politiknya," katanya.

"Tapi kalau acara CFD-nya Pak Jokowi di Solo, wajar ada Gubernur Jateng. Wong, emang setiap Pak Jokowi pulang ke Solo selalu ditemani Mas Ganjar, kan," lanjutnya.


PDIP: Itu Jalan Sehat Biasa

PDIP menanggapi kedekatan Jokowi dengan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir yang jalan bareng di CFD Solo. PDIP menegaskan bakal memutuskan sosok pemimpin berdasarkan ideologi, rekam jejak, hingga kaderisasi.

"PDI Perjuangan menegaskan bahwa yang dicari dari sosok capres dan cawapres 2024 adalah sosok pemimpin bangsa yang kokoh pada jalan ideologi Pancasila; memiliki rekam jejak prestasi yang membanggakan; lahir melalui proses kaderisasi kepemimpinan partai dan memiliki kemampuan profesional di dalam membawa kemajuan bangsa serta berkomitmen untuk melanjutkan kebijakan pembangunan yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan, Senin (8/8).

PDIP menilai momen Jokowi jalan sehat bareng Ganjar dan Erick sebagai peristiwa hal yang bisa. PDIP menilai memutuskan sosok pemimpin tak dilakukan di pinggir jalan.

"Dengan demikian memutuskan tentang pemimpin tidak dilakukan di pingir jalan; tidak juga dilakukan sambil bersenda-gurau. Semua pertimbangan dilakukan dengan matang penuh dengan hikmat kebijaksanaan," ujar Hasto.
Baca juga:
Relawan Klaim Capres Pilihan Jokowi Tak Jauh dari Ganjar-Prabowo-Anies

"Karena itulah jalan-jalan sehat yang dilakukan oleh Presiden Jokowi merupakan hal yang biasa, dan tidak terkait dengan kepemimpinan 2024," imbuhnya.

Pembahasan PDIP soal pemimpin 2024, menurut penjelasan Hasto, dilakukan oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di tempat khusus. Hal itu, kata Hasto, dilakukan Megawati saat mencalonkan Jokowi.

"Pembahasan kepemimpinan 2024 akan dilakukan melalui dialog intens, mendalam, kontemplatif; bahkan tempatnya pun sangat khusus. Hal itulah yang nantinya akan dilakukan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri dan hal itulah yang beliau lakukan sebelum mencalonkan Pak Jokowi untuk Pemilu 2014 dan 2019," ujar Hasto.

PDI Perjuangan Padamkan Isu Ganjar-Erick Diendorse Jokowi

Partai NasDem turut merespons soal mencuat sinyal Jokowi memberikan endorse Ganjar Pranowo dan Erick Thohir untuk maju Pilpres 2024. Ketua DPP NasDem Willy Aditya menyinggung Ganjar sebagai salah satu jagoan mereka untuk diusung maju nyapres.

"Namanya tafsir ya sah-sah saja. Apapun bisa ditafsirkan dengan beragam perspektif," kata Willy kepada wartawan, Senin (8/8).

Willy tak mempersoalkan jika sinyal endorse dari Jokowi ke Ganjar itu benar. Baginya, Ganjar merupakan salah satu jagoan NasDem di Pilpres 2024.

"Di sisi lain, kalau pun tafsir itu betul ya tidak ada masalah juga. Toh, Mas Ganjar adalah salah satu jagoan NasDem. Ini enaknya punya jagoan lebih dari satu. Ke mana pun jadi enak," tuturnya.

Sebagai informasi, Rakernas NasDem menghasilkan rekomendasi kepada Ketum Surya Paloh untuk mengusung tiga figur di 2024. Mereka adalah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Andika Perkasa.

Meskipun begitu, dia menegaskan bukan berarti parpolnya plin plan atas rencana usungan figur yang lebih dari satu itu. Menurutnya, hal itu sesuai dengan kekhasan politik kebangsaan yang dibangun NasDem.



Sumber


Ganjar langsung di skakmat sama PDIP
profile-picture
profile-picture
odjay05 dan ralphhin memberi reputasi
Semoga ada yg lebih baik di 2024
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
PDI Perjuangan Padamkan Isu Ganjar-Erick Diendorse Jokowi

in other words,
isu jokowi 3 periode itu indeed benar
(jokowi's mouth said no to 3 periode tapi in his head? who knows?)
(apalagi bamsoet in 2019 once usulkan presiden dipilih by mpr. so jokowi 3 periode is possible)
Diubah oleh cacarakan
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kalo Taiwan diserbu mengleng
2024 ane endorse prabowo, bukan karena Anies Erick Ganjar rk jelek...

Dlm situasi damai ,monggo mereka maju

Dlm situasi perang, mikirnya beda lagi

Semisal
Kadrun muncul bawa ayat- kafirin orang? Kandangi g usah banyak ngoceh
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
ganjar atau andika, itu kayaknya dari jokowi. mana yang mau diorbitkan, lihat nanti setelah habis masa jabatan mereka. kalau mereka diberi jabatan setelah itu, tandanya dapat restu. tanpa publikasi sebagai pejabat, sulit untuk bisa bersaing. itu sebab syeikh yamankarta kansnya tipis karena dijamin jobless 2 bulan lagi. prabowo, sandi, erick kans besar selama nggak diganggu jabatannya.
Weh.... Mayan bisa di sorot
wajar lah....

asal jangan niru bemokrat aja emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment

otw nyungsep nantiemoticon-Shutup emoticon-Shutup emoticon-Shutup emoticon-Shutup

sudahlah..kita udah sama2 tau siapa shoo-in candidate capres dari pdip
Yah..pokoknya jangan guru bahasa indonesia saja yg jadi presidennya..ngatur negara bukan cm ngatur kata atau ganti nama dan lain sebagainya emoticon-Ngacir
Pake ini??

PDI Perjuangan Padamkan Isu Ganjar-Erick Diendorse Jokowi

emoticon-Ngakak
Banteng: Metro sialan! Ini dukung kok setengah-setengah. Kenapa cuma mau dukung Ganjar? Gimana dengan Princess kami? Cucu Soekarno, gitu! emoticon-Mad (S)
profile-picture
Aparatkaskus memberi reputasi
anak anak bangsa sudah siap di belakang garis start ..
tinggal nunggu aba aba.

keywords nya anak bangsa loh yaa , bukan anak bangsa-bangsa lain

emoticon-Shakehand2
Diubah oleh ian.benjamin
jelas sdh #2024TenggelamkanPKS
50 juta golputer 2019 bisa melindas PKS di 2024
caranya istiqomah tdk golput, coblos partai lain agar suara PKS terdilusi

PKS hilang 1 masalah berkurang!

ingat, 2024 jgn terhasut buat golput lagi emoticon-I Love Indonesia
Petugas partai yg sudah berani mbalelo..
Capres cawapres dari pdei lah yang paling laku karena sudah hampir satu dekade mereka pimpin negara aman tentram, harga sandang pangan makin murah, tarif listrik turun, harga bbm tidak naik, harga gas semakin terjangkau, pembangunan makin masif, perusahaan luar banyak yang dibeli mayoritas sahamnya, pengangguran hampir tidak ada, pembangunan ibukota baru sudah hampir selesai, dll


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di