Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mochzainalftAvatar border
TS
mochzainalft
Anggaran Dana Kebutuhan Ini Sering Terlupakan, Bener gak?
Seiring perkembangan teknologi informasi, semakin banyak orang yang sadar pentingnya pengelolaan finansial pribadi berkat belajar dari internet. Hal lumrah yang sering dipraktikkan untuk mengelola keuangan adalah menganggarkan dana ke pos-pos tertentu sesuai kebutuhan. Misalnya, dana untuk kebutuhan sehari-hari, untuk investasi, tabungan, BBM, pulsa/kuota, untuk diberikan kepada orang tua, dana mudik, dan lain-lain.

https://investmentu.com/wp-content/u...money-2020.jpg

Tapi, tak jarang kita lupa menganggarkan dana untuk kebutuhan yang kelihatannya sepele padahal lumayan menguras kantong. Gue udah merangkum beberapa kebutuhan yang sering terlewatkan untuk mendapat jatah anggaran dana itu. Nih gan:

Dana Liburan


https://cdn.mozo.com.au/images/atwoo...39811807-2.jpg

Healing atau liburan udah jadi kebutuhan di masa sekarang. Emang bener sih, liburan ini bermanfaat untuk menghilangkan kepenatan dan kelelahan. Tapi, liburan juga butuh biaya. Apalagi jika lokasinya cukup jauh dan waktunya agak lama. Pastilah perlu biaya untuk transportasi, akomodasi, dan lainnya. Sayangnya, banyak orang lupa tidak menyisihkan sebagian pendapatannya untuk anggaran liburan ini. Biasanya, kalo udah punya rencana liburan, baru deh sibuk berhemat atau cari uang tambahan buat biaya liburan.

Dana Hadiah

Konten Sensitif

https://mylifefilms.org/wp-content/u...817866-1-1.jpg

Setiap datang ke pesta (pernikahan, ulang tahun, dll), tentunya kita tidak akan datang begitu saja. Pasti bawa kado atau amplop. Apalagi tengah tahun begini, hampir setiap weekend, biasanya ada aja yang menikah. Entah saudara, teman, atau, kerabat. Kalo dihitung-hitung lagi, jatah uang untuk hadiah ini ternyata lumayan juga. Makanya, kita perlu untuk menganggarkan dana khusus untuk kepentingan ini. Agar di tengah bulan tidak kehabisan uang karena digunakan untuk banyak hadiah. Oh ya, saat membeli hadiah atau mengisi amplop, sesuaikan dengan kemampuan juga, ya.

Dana Perawatan Kendaraan


https://img.freepik.com/premium-phot...473.jpg?w=2000

Agan dan sista punya kendaraan pribadi? Kalo gitu harus menganggarkan juga dana perawatan kendaraan. Jangan cuma menganggarkan untuk BBM-nya aja. Perawatan rutin juga perlu dipikirkan biayanya. Misal untuk servis berkala dan ganti oli. Pilih bengkel yang oke agar kendaraan agan benar-benar mendapat perawatan yang layak. Gue sendiri biasa ganti oli motor di bengkel Planet Ban karena motor gue cocok pake oli ester (di Planet Ban pake oli merek X-Ten) yang bikin motor lebih enteng tarikannya dan olinya juga tahan lama. Servis itu biasanya 2-3 bulan sekali. Tapi, kalo kita sisihkan biayanya setiap bulan, rasanya jadi lebih ringan, loh.

Dana Gaya Hidup


https://img.freepik.com/free-photo/y...1001.jpg?w=360

Keperluan menyangkut gaya hidup kayak nongkrong bareng teman, kencan dengan pasangan, jajan pernak-pernik hobi, hingga belanja outfit keren tuh sering gak dianggarkan. Padahal, jika dihitung-hitung, jumlahnya lumayan juga loh. Apalagi jika harganya mahal. Ada baiknya kita memisahkan pos pengeluaran gaya hidup ini agar terkontrol dan tidak boros.

Dana Pernikahan

Konten Sensitif

https://hips.hearstapps.com/hbu.h-cd...g?resize=980:*

Buat yang masih jomblo nih, jangan lupa sisihkan sebagian gaji buat dana pernikahan. Jadi, sewaktu-waktu jodoh datang dan kebelet nikah, gak perlu nunda akibat masalah biaya. Karena biaya nikah itu seringkali gak murah. Bakalan ribet banget kalo rencana nikah di hadapan mata sementara dana masih kurang. Kalo ujung-ujungnya gak jadi nikah gimana? Ya kan, uangnya bisa digunakan keperluan lain atau ditabung lagi, hehe.

Masih ada lagi pos-pos anggaran dana yang bisa kita tentukan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan masing-masing. Buat yang udah menikah, pasti perlu menganggarkan juga dana buat anak seperti pendidikan, kesehatan, dll. Yang punya hewan peliharaan, mungkin bisa juga memasukkan pos anggaran untuk itu.

Berapa pun pendapatan kalian, tetap perlu merencanakan keuangan dengan menganggarkan dana untuk pos-pos kebutuhan. Tinggal jumlah dan persentasenya disesuaikan aja.

Menurut kalian, apalagi sih, anggaran kebutuhan yang penting tapi sering terlupakan? Tambahin di komentar aja, ya!

Diubah oleh mochzainalft 22-07-2022 16:47
pard0
provocator3301
indrastrid
indrastrid dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.4K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan