DiNa853Avatar border
TS
DiNa853
Bingung Dengan Tingkah Anak Yang Tak Terduga? Intip Pola Perkembangannya, Yuk!





Dengan mengenali pola perkembangan anak usia dini, orang tua dapat membantu memberikan bimbingan dan kegiatan yang sesuai untuk anak-anak mereka dan memudahkan transisi mereka dari satu tahap ke tahap berikutnya.


Adalah penting bahwa pada setiap tahap orang tua melakukan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan atau perkembangan anak mereka.


Dengan dorongan, pujian, dan sedikit kesabaran, orang tua dapat mengembangkan hubungan yang kuat dan bermakna dengan anak mereka. meletakkan dasar-dasar pemahaman, dari balita hingga usia pra-sekolah,


Meskipun tidak ada dua anak yang persis sama, pola perkembangan yang pasti umumnya dapat diamati pada anak kecil berusia dua hingga enam tahun.


 
Si 2 tahun yang senang mencoba hal baru.



Konten Sensitif



Karakteristik


✓Si peniru ulung. Di usia ini, mereka belajar bahasaa atau kosa kata baru dari orang-orang sekitarnya. Maka sebagai orang tua wajib mengenalkan bahasa yang baik. 


 ✓Temper tantrum, mengamuk dengan sangat cepat tetapi juga bisa mengatasinya dengan sangat cepat.


✓Si ingin tahu. Mereka mencobanya, tes rasanya, menekan, meremas, jadi jangan tinggalkan sesuatu yang berbahaya tergeletak di sekitar mereka  


✓ Posesif dan hobi merusak. Anak-anak di usia dua tahun ini tidak suka berbagi barang-barang mereka. Mereka juga suka mencari tahu tentang segala hal, sehingga mainan dapat dengan mudah rusak atau hancur berantakan.


Tips Menangani Anak Usia Dua Tahun


Ini mungkin tampak seperti masa yang sulit, tetapi sebenarnya tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Anak berusia dua tahun berada pada tahap menjelajahi dunia sekitar mencoba menguasai keterampilan mereka sendiri. Mereka berusaha untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka. Jadi, ketika mereka frustrasi, amarah mereka akan meledak. 


✓Beri mereka makanan bergizi dan seimbang untuk menunjang laju pertumbuhan otak dan ototnya. 


✓Sediakan banyak ruang untuk eksplorasi di lingkungan mereka. Berikan mainan yang dapat mereka sentuh, tekan, dan cicipi. Beri mereka mainan yang dapat meningkatkan kreativitas. 


✓Alihkan perhatian anak ketika dia frustrasi dengan memberikan kegiatan alternatif. Atau, bantu dia jika dia tidak bisa mengatasi kesulitan yang dialami.


✓Sediakan mainan yang tahan lama agar tidak mudah rusak. 


✓Buat permainan sendiri yang dapat membantu mereka merespon dengan kata yang anda inginkan. 


Si 3 tahun yang dapat dipercaya.





Karakteristik

✓Ingin Menyenangkan. Anak-anak mudah menyesuaikan diri pada usia ini karena mereka berusaha menyenangkan orang dewasa dan ingin mendapatkan penerimaan. 


✓Kooperatif. Mereka senang mengikuti instruksi dan bekerja dengan anak-anak lain. Mereka juga suka berbagi sekarang karena mereka sangat tertarik dengan orang lain dan hal baru di sekitarnya. 


✓Sangat Energik.  


✓Sangat Imaginatif. Mereka hidup dalam dunia khayalan dan belum mampu membedakan antara yang nyata dan yang hanya imajinasi. Mereka akan mempercayai Anda jika Anda memberi tahu mereka bahwa anjing hitam besar itu adalah beruang


Tips Menangani Anak Usia Tiga Tahun


✓Pujilah anak untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik, patuh, atau mau membantu.


✓Berikan permainan yang aktif dan menyenangkan untuk anak, tetapi pastikan untuk memberinya waktu istirahat. 


✓Sediakan waktu dan bahan untuk bermain imajinatif. Bermain "Tebak di mana aku bersembunyi", "Bisakah kamu menjadi beruang?" dengan anak. 


✓Ajak mereka melakukan kegiatan bersama saudara kandung dan juga tetangga. Pujilah dia karena mau bekerja sama dengan orang lain.

Si 4 tahun yang banyak bertanya





Karakteristik


✓Ingin tahu.

Tahap ini adalah tahap usia dengan banyak pertanyaan. Bahkan ketika jawaban diberikan, anak berusia empat tahun itu terus akan bertanya, "Kenapa?", "Kok, bisa?" ,"Gimana?"


✓Banyak bicara. Kemampuan bahasa mereka semakin meningkat, bahkan anak-anak sekarang cenderung berbicara tanpa henti. Hal ini terkadang membuat frustrasi dan melelahkan orang dewasa. 


✓Tidak dapat diprediksi secara emosional. Anak-anak pada usia empat tahun sering kali dapat tertawa terbahak-bahak atau menangis pada saat yang bersamaan. Kadang juga marah tiba-tiba tetapi cepat mereda. 


✓Lincah dan Mudah Bergaul. 

Umumnya anak usia empat tahun ini penuh energi dan menikmati hidup. Betapa mereka bisa menikmati kebersamaan dengan orang lain. 


✓ Senang melakukan berbagai macam aktivitas, seperti bermain ayunan, bersepeda, memanjat, dan permainan anak-anak lainnya. 


Kiat Menangani Anak Usia Empat Tahun


✓Dorong anak untuk bertanya. Jika Anda tidak memiliki jawaban, cari tahu jawabannya bersama-sama dengan anak. Cari lewat internet, ensiklopedia, kunjungi perpustakaan setempat, dll.


✓Dorong banyak kegiatan yang meningkatkan perkembangan motoriknya. Biarkan mereka memanjat, berayun naik sepeda, lompat, dll. Pastikan keamanannya agar anak dapat bermain dengan nyaman.  


✓Ajak mereka bicara, bacakan cerita untuk anak Anda. Bangun keterampilan kosakatanya. Izinkan dia untuk berpartisipasi dalam percakapan Anda.


✓Berikan kesempatan kepada anak Anda untuk melakukan kegiatan sosial. Biarkan mereka mengundang teman-teman ke rumah untuk pesta ulang tahun atau sekadar bermain bersama. 


Si 5 tahun yang Menakjubkan





Karakteristik

✓Keterampilan Bahasa. Kosa kata mereka semakin banyak, sehingga mereka suka berbicara, bercerita, dan menjawab pertanyaan orang dewasa dengan pertanyaan lebih dalam. 


✓Inisiatif Tinggi. Anak usia lima tahun biasanya yang pertama memulai percakapan atau mencoba hal baru.


✓Penuh semangat dan berisik dalam sebuah kelompok bermain. Bising dan penuh semangat, anak-anak ini menikmati permainan dan bermain dalam kelompok seusianya.


✓Rasa Tanggung Jawab tinggi. Mereka merasa dewasa ketika mereka melakukan tugas-tugas kecil dan selalu bersemangat untuk membantu ibu dan ayah seperti mengatur meja atau mencuci mobil.


Kiat Menangani Anak Usia Lima Tahun


✓ Rencanakan waktu untuk mengobrol dengan anak Anda. Membaca cerita bersama. Dorong mereka untuk bercerita atau berbagi lelucon.


✓ Beri mereka penghargaan atau pujian atas usaha baiknya. 


✓Atur permainan untuk partisipasi mereka dan dorong mereka untuk bergabung dalam permainan kelompok. Sisihkan menonton TV dan ajak mereka berolahraga ringan sesuai yang mereka butuhkan.


✓Beri anak tanggung jawab di rumah seperti , mengelap meja, menyimpan mainan, dll.


Si 6 tahun yang Ramah





Karakteristik


✓Belum bisa fokus. Anak-anak pada usia ini tidak dapat berkonsentrasi terlalu lama pada satu tugas.


✓Sangat Aktif dan Gelisah. Anak usia enam tahun memiliki begitu banyak energi sehingga mereka tidak bisa duduk diam. Mereka selalu terlibat dalam permainan aktif seperti berlari, melompat.


✓Keinginan Belajar tinggi. Mereka menaruh minat pada segala sesuatu di sekitar mereka, mulai dari cacing yang menggeliat hingga bintang di langit. Membaca buku, membuat cerita, dan menonton kartun adalah salah satu kegiatan favorit mereka.


✓Sangat Kompetitif. Mereka tertarik untuk bersaing dalam permainan dan sangat sensitif tentang hal itu.


✓Cenderung senang berteman dengan sesama jenis. Misal anak laki-laki lebih senang bermain dengan anak laki-laki, seperti bermain layang-layang atau sepak bola. 


Tips Menangani Anak Usia Enam Tahun


✓Tumbuhkan kecintaan pada alam dan lingkungan sekitar.


✓ Perkenalkan banyak buku, lagu, video pendidikan kepada anak Anda.


 ✓Luangkan waktu untuk kegiatan di luar ruangan dan hal-hal yang menarik minatnya.


✓Ajari anak Anda cara bermain dan berkompetisi dalam permainan kelompok. Menekankan lebih pada nilai-nilai usaha kelompok, semangat tim dan bersenang-senang daripada menang.



Setiap anak memiliki laju tumbuh kembang yang berbeda-beda. Ini adalah beberapa karakteristik yang didapatkan secara umum. Apabila anak mengalami keterlambatan tumbuh kembangnya, sebagai orang tua bisa segera melakukan tindakan untuk menstimulasi perkembangannya.



Semoga bermanfaat. 

Salam Kaskus ❤️


Sumber
Essential Parenting Tipsdengan narasi pribadi

Pict: 1, 2, 3, 4, 5, 6
Diubah oleh DiNa853 05-08-2022 22:05
0
959
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan