KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
Dua Sultan dari Timur Tengah Memborong Senjata Buatan Paman Sam
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62ed43e8183ec250553b300d/dua-sultan-dari-timur-tengah-memborong-senjata-buatan-paman-sam

Dua Sultan dari Timur Tengah Memborong Senjata Buatan Paman Sam

Quote:


Departemen Pertahanan AS pada 2 Agustus 2022 lalu telah mengumumkan dua kontrak senjata bernilai besar dari dua Sultan di Timur Tengah. Kabar yang pertama yakni, AS telah menyetujui penjualan sistem THAAD ke Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA). UEA diketahui telah meminta sembilan puluh enam peluru kendali Terminal High Altitude Area Defense ( THAAD) dua THAAD Launch Control Stations (LCS) dan dua THAAD Tactical Operations Stations (TOS).

UEA juga meminta bantuan integrasi sistem dan checkout, suku cadang dan perbaikan, peralatan pendukung dan pengujian,publikasi dan dokumentasi teknis, kegiatan konstruksi; perangkat enkripsi, peralatan komunikasi yang aman, peralatan COMSEC lainnya yang diperlukan; dan elemen terkait lainnya dari dukungan logistik dan program. Total perkiraan biaya program adalah $2,245 miliar.

Penjualan yang diusulkan akan meningkatkan kemampuan UEA untuk memenuhi ancaman rudal balistik saat ini dan masa depan di wilayah tersebut, dan mengurangi ketergantungan pada pasukan AS. UEA tidak akan kesulitan mennggunakan peralatan ini, karena saat ini mereka juga sudah menggunakan sistem THAAD.

Quote:


THAAD (Terminal High Altitude Area Defense) adalah sistem BMD (Ballistic Missile Defense) yang sangat mobile dan dapat digunakan dengan cepat dan dirancang untuk menembak jatuh rudal jarak pendek dan menengah yang menyerang selama fase akhir atau terminal penerbangan mereka. THAAD dirancang untuk memberikan cakupan perlindungan area yang luas terhadap ancaman terhadap pusat populasi dan sumber daya industri serta kekuatan militer.

Saat ini Amerika Serikat telah mengirimkan tujuh baterai THAAD ke Angkatan Darat AS. Baterai THAAD AS sekarang dikerahkan di Guam, Korea Selatan, dan Teluk Persia. Radar THAAD yang kuat dan saat ini juga telah dikerahkan di Turki, Israel, dan Jepang. 

THAAD adalah sistem rudal pertahanan udara yang dirancang untuk mencegat rudal balistik teater dan taktis pada jarak 200 km dan ketinggian hingga 150 km. Baterai THAAD terdiri dari sembilan kendaraan peluncur yang masing-masing membawa delapan rudal, dengan dua pusat komando operasi taktis bergerak dan radar berbasis darat.

Quote:


Kabar gembira kedua datang dari Si Sultan Minyak dari Timur Tengah, bertepatan dengan pengumuman penjualan THAAD ke UEA; Paman Sam juga mengkonfirmasi penjualan rudal Patriot ke Arab Saudi. Arab Saudi sendiri memesan 300 rudal Patriot MIM-104E Guidance Enhanced Missile-Tactical Ballistic Missiles (GEM-T), kontak ini bernilai $3,05 miliar.

GEM-T merupakan amunisi sistem pertahanan udara yang bisa digunakan oleh Amerika dan pelanggan asing, rudal ini telah mengalami sejumlah peningkatan untuk menyergap rudal balistik taktis, rudal jelajah serta pesawat musuh. Kontrak $3,05 miliar itu mencakup alat uji, jangkauan dan program ujim peralatan pendukung untuk memasukkan publikasi terkait dan dokumentasi teknis, peralatan pelatihan; suku cadang dan perbaikan, Pelatihan Peralatan Baru; Angkutan; dukungan Tim Penjaminan Mutu; Bantuan teknis Pemerintah AS dan kontraktor; rekayasa, dan layanan dukungan logistik; Integrasi Sistem dan Checkout (SICO); dukungan kantor lapangan; Program Pengawasan Lapangan Program Layanan Rekayasa Internasional; dan elemen terkait lainnya dari logistik dan program akuisisi tersebut.

Pada tulisan sebelumnya, ane sempat memberitakan bahwa pada akhir tahun 2021 Arab Saudi mulai kehabisan amunisi rudal Patriot. Rudal mereka semakin menipis setelah digunakan untuk menembak jatuh drone dan rudal jelajah milis Houthi dari Yaman, yang mendapat dukungan senjata dari Iran.

Selama tahun 2021, 29 serangan pesawat tak berawak terjadi di Arab Saudi pada bulan November 2021 dan 25 kali pada bulan Oktober 2021. Pada saat yang sama, ada 11 serangan rudal balistik bulan November dan 10 di bulan Oktober 2021. Secara keseluruhan serangan yang diluncurkan oleh Houthi ke Arab Saudi tahun 2021 berjumlah sekitar 375.

Quote:


Sistem Patriot Saudi memang kewalahan menagani serangan milisi Houthi sepanjang tahun 2021, dan sebagai angkatan bersenjata yang paling lengkap di kawasan itu; Arab Saudi telah menggunakan sistem Patriot untuk mencegat rudal balistik dan dalam beberapa kasus, drone. Drone juga telah jatuh berulang kali oleh rudal udara-ke-udara yang diluncurkan dari F-15 dan jet tempur lainnya.

Kedua skenario pertahanan tersebut telah mengadu senjata pertahanan canggih yang masing-masing menghabiskan biaya hingga US$1 juta atau setara dengan Rp 14 miliar, dengan target yang mungkin hanya membutuhkan biaya beberapa ribu dolar untuk diproduksi. Meski untuk sementara pertahanan Saudi dapat mencapai tingkat keberhasilan hampir 90 persen terhadap target-target ini, menurut pejabat AS, hasilnya tidak hanya mahal dalam hal keuangan tetapi juga memakan banyak persediaan rudal. Masalah mempertahankan wilayah udara Saudi juga diperparah dengan kepergian aset militer AS dari negara itu sebagai bagian dari penarikan pasukan Amerika yang lebih luas di Timur Tengah.

Sebelunnya pada November 2021, Departemen Luar Negeri AS menyetujui penjualan 280 AMRAAM ke Arab Saudi, yang terdiri dari campuran model AIM-120C-7 dan C-8, untuk dijual melalui proses Foreign Military Sale (FMS). Rudal ini akan dipasang pada F-15 Saudi. Saat ini Angkatan bersenjata Saudi memiliki total 6 batalyon pertahanan udara yang dilengkapi dengan rudal Patriot MIM-104 D/F dan Patriot PAC-2 GEM/PAC-3 yang dirahasiakan jumlahnya.

Quote:


Patriot adalah sistem rudal pertahanan udara buatan Amerika yang dirancang untuk melawan rudal balistik taktis, rudal jelajah, dan pesawat canggih. Patriot diproduksi oleh Raytheon di Massachusetts dan Lockheed Martin Missiles and Fire Control di Florida.

Sementara itu Guidance Enhanced Missile TBM (GEM-T) yang dipesan Saudi adalah salah satu seri produksi terbaru dari varian rudal Raytheon yang sangat sukses, dan juga tersedia untuk pasukan AS dan pelanggan internasional. Pengiriman GEM-T ke Angkatan Darat AS dimulai pada tahun 2006. Rudal ini menambahkan perangkat osilator kebisingan rendah untuk meningkatkan akuisisi dan kinerja pelacakan target.

Rudal GEM-T memberikan kemampuan yang ditingkatkan untuk mengalahkan rudal balistik taktis (TBM), pesawat dan ancaman rudal jelajah sebagai pelengkap rudal PAC-3. Desain fuze digital yang dimodernisasi menghilangkan keusangan dan memperkenalkan peningkatan kinerja yang signifikan terhadap target TBM.

Desain ini juga meningkatkan sensitivitas kinerja terhadap target TBM berkecepatan tinggi. PAC-2 mampu mencegat target hingga ketinggian 20 km sedangkan PAC-3 dapat menghancurkan rudal yang masuk di ketinggian 40 km. Low noise front end (LNFE) dari GEM-T telah meningkatkan sensitivitas seeker, meningkatkan kinerja akuisisi/track. Desain osilator kebisingan rendah (low noise oscillator) yang baru memiliki tautan bawah yang dimodifikasi, yang memberikan peningkatan rasio sinyal-ke-interferensi, meningkatkan kinerja akuisisi/track terhadap rudal berukuran kecil dan target rudal jelajah.

Quote:




Referensi Tulisan: Army Recognition dan di sini
Sumber Foto: sudah tertera di atas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan 9 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 7 lainnya memberi reputasi
THAAD adalah sistem rudal pertahanan udara yang dirancang untuk mencegat rudal balistik teater dan taktis pada jarak 200 km dan ketinggian hingga 150 km. 

--- > weks, jauh jg jarak nya...... Di tambah ama sistem patriot..... Bakal makin mantep tuh pertahanan nya UEA dan arab saudi.....

Semntara itu, desa konoha di khatulistiwa, mzh lbih bnyk andalkan s60 yg tangguh nan legendaris bngt.......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Karna makin memanas dgn yamanemoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
paman sam jago bikin senjata, PD2 aja bisa nuklir 2 kota

bakal pecah PD3 nih, manusia mau saling bunuh tapi bumi bakal kedatangan virus purba beserta dinosaur dari north pole, yg bakal membunuh para manusiaemoticon-Belo

pindah ke israel kayanya aman kalo PD3, mereka udah punya iron dome, aman dari ratusan rudal tiap hari, tapi gimana ya? bahasanya aja susahemoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ushirota
ya gimana gak laris manis, tuh ukraina sukses jadi ajang showroom kemampuan senjata2 generasi lawasnya paman sam, apalagi generasi terbarunya. walaupun ane yakin senjata2 yang diekspor ke negara pembeli juga pasti bukan versi terbaik yang mereka punya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
pakdhe sam mau bikin senjata macam robot seperti terminator gak ya biar yang perang cuman robot, manusianya cuman nongkrong depan monitor aja emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Busyett
Rugi bandar
Sekali crot 1 juta dollar
Lawan drone puluhan jeti
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Dua Sultan dari Timur Tengah Memborong Senjata Buatan Paman Sam

kekurangan patriot missle buat perang modern gabisa menghadang drone /UAV ...makanya UEA msih borong KM-SAM cheongung korea ...jg bisa buat opsi sultan ,klo ada masalah saat pengiriman ...emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Idealnya sistem hanud konvensional terdiri dari 2 lapis dengan 2 senjata berbeda, rudal jarak menengah sebagai sistem hanud utama serta jammer elektronik dan CIWS sebagai sistem hanud kedua yang berfungsi sebagai pengaman bila target lolos dari sergapan sistem hanud utama.

Serangan salvo roket konvensional dan drones kamikaze memang masih menjadi dilema bagi sistem hanud yang ada karena :

1. Radar hanud yang tidak sensitif dalam mendeteksi dan mengidentifikasi target berdimensi kecil dan ringan serta bermaterial dominan non logam.
2. Rudal dan amunisi CIWS yang harganya tak murah dan proses akuisisinya yang memerlukan waktu cukup lama apalagi jika tak didukung oleh anggaran pertahanan yang memadai.

Jammer elektronik yang lebih efektif pun juga tak bisa diaktifkan setiap saat karena akan mengganggu sistem komunikasi dan data di dalam jamming area. Jammer elektronik juga tidak berguna pada roket konvensional yang tidak dilengkapi guiding.

Lantas bagaimana solusi sistem hanud yang efektif dan efisien ? Belum ada, walaupun pada perkembangannya sistem hanud masa depan lebih mengarah kepada kombinasi sistem counter measure jammer elektronik dan penggunaan sistem persenjataan utama non kinetic seperti senjata laser yang lebih efisien karena tak lagi memerlukan rudal dan amunisi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gonugraha76
bisa buat hadang taepodong korut ga.? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
jlamp dan gepyan memberi reputasi
Laris manis tanjung kimpul emoticon-Malu (S)

kalau KSA sudah dari lama memang langganan senjata US salah satunya buat ngelindungi Masjidil Haram,
kalau UEA baru denger kayaknya ya, padahal kelihatan adem ayem saja negaranya, sultan bener emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 2 lainnya memberi reputasi
Sultan mah bebas, hadang drone pake patriot walaupun sbnrnya ga sebanding juga sih. Namanya juga sultan duitnya ga ad serinya kl habis tinggal beli lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 3 lainnya memberi reputasi
Asik paman sam cair
profile-picture
profile-picture
jlamp dan gepyan memberi reputasi
Sultan mah bebas
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Maaf in y TSny gw lg ada trouble d RL emoticon-Big Grin

Jd ktinggalan trit2ny emoticon-Big Grin

Tp ttp gw follow kok emoticon-Cool
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tanda tanda awal bulan gajian
Jadi keinget dulu ada roket kiriman yaman yang masuk di tangkis sama C-RAM keren emoticon-Cendol (S)

Tapi senjata sejenis CIWS macam SkyShield, DRACO amunisi nya juga cukup mahal

Jadi lose2 condition nih buat mamang mbs perang di yemen


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di