Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aplikasitokoAvatar border
TS
aplikasitoko
Tips ini dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan usaha apotek
Memaksimalkan Usaha Apotek - Sebuah apotek sering tersebar di setiap wilayah Indonesia terkhususnya pada lingkungan perkotaan, hal ini bisa dilihat dari banyaknya pembeli yang datang dari berbagai penjuru dalam wilayah itu sendiri maupun dari luar wilayah. Dan tentunya hal ini berakibat pada munculnya persaingan bisnis yang ketat pada sektor penjualan, misalnya saja seperti jejeran ruko. Dalam sebuah ruko sendiri Anda dapat menghitung ada berapa macam instansi maupun toko yang berjualan di sana. Dan tak jarang sebuah toko obat seperti apotek sering diketemukan di sebuah ruko dengan tingkat persaingan usaha yang sulit.
Tips ini dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan usaha apotekTips ini dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan usaha apotek
Karena tak jarang dalam sebuah jejeran ruko tersebut kita dapat menemukan lebih dari satu apotek yang berjejer dan saling bersaing satu sama lain. Oleh karenanya hal semacam ini diperlukan sebuah strategi bisnis yang lebih matang semisalnya, memastikan jasa dan produk yang Anda jual diketahui oleh pelanggan dengan jelas. Contohnya seperti memberikan dekorasi yang mudah diketahui pelanggan bahwasanya toko Anda merupakan Apotek, baik dari segi pemberian denah nama toko maupun penata letakan produk dengan lebih lenggang dan bersih sehingga mudah diketahui pelanggan yang lewat dipinggir jalan pada apotek Anda. Atau Anda dapat memanajemen sistem penjualan yang Anda gunakan ke tahapan yang lebih modern menggunakan sebuah software. Agar Anda dapat menjalankan usaha apotek dengan lebih stabil.
Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk Memaksimalkan Usaha Apotek :
1.      Mempersiapkan layanan terbaik
Apabila Anda baru saja mendirikan Apotek baru tentunya kesan pertama seorang pelanggan menjadi target nomor satu. Oleh karena itu, Anda mesti mempersiapkan seorang yang profesional dalam melayani pelanggan Anda. Lebih tepatnya karyawan yang Anda pekerjakan harus benar-benar paham mengenai cara terbaik dalam menangani pelanggan dengan karakeristik yang berbeda-beda.
Tips ini dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan usaha apotek
Selain itu pastinya dalam sebuah apotek terdapat tim farmasi khusus yang menangani resep obat-obat tertentu, karena alasan ini sudah semestinya Anda mempersiapkan individu yang mahir dan terampil dalam bidang ini. Atau bisa dibilang berpengalaman bila perlu, karena dengan racikan obat yang mereka buat efektivitas khasiatnya harus dapat dirasakan oleh pelanggan dengan segera agar mereka bisa memiliki kesan tersendiri mengenai apotek Anda.
2.      Menetapkan target marketing yang jitu
Sebagai seorang pebisnis sudah selayaknya Anda mempersiapkan tujuan marketing Anda secara matang, terlebih usaha yang Anda jalankan adalah sebuah Apotek yang mana bisa dibilang memiliki stabilitas penjualan yang baik. Namun agar usaha yang Anda jalankan memiliki sebuah peningkatan ada baiknya bagi Anda untuk mempelajari metode S.M.A.R.T.
Tips ini dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan usaha apotek
S = Specific (Spesifik)
M = Measurable (Terukur)
A = Achieveable (Dapat dicapai)
R = Realistic (Realistis)
T = Timely (Memiliki waktu)

Kelima hal tersebut mengacu pada bagaimana cara Anda agar dapat mencapai tujuan spesifik mengenai usaha Anda agar tidak melenceng, kemudian usaha tersebut harus bisa diukur mengenai agar dapat dicapai. Dan Anda mesti berpikir realistis agar rencana Anda dapat berjalan dengan benar yang pastinya Anda juga mesti memiliki target capaian waktu agar tidak tertinggal oleh pesaing lainnya.
3.      Tonjolkan produk Anda
Tahap ketiga merupakan yang paling penting ini, yaitu menonjolkan produk yang Anda jual kepada pelanggan atau kalimat lebih tepatnya melakukan promosi. Tapi perlu diketahui bahwa promosi yang dimaksud di sini sedikit berbeda dengan apa yang dilakukan pada toko-toko komersial pada umunya yang menjual barang dagangan mereka dengan diskon atau pamflet-pamflet khusus. Ingat yang Anda jalankan adalah sebuah apotek, di mana merupakan tempat orang mencari sehat melalui obat yang Anda jual.
Solusinya kita bisa menonjolkan sisi lain yang dapat dipahami oleh pelanggan, misalnya di apotek Anda menjual obat atau item khusus yang di mana jarang di jual pada apotek lain. Contohnya seperti susu peninggi badan, atau obat betadin china seperti Tetayocin dan sebagainya asal obat-obatan tersebut telah tergolong produk yang dijual legal di Indonesia. Atau cara lainnya Anda dapat mempromosikan ketersedian item maupun obat tersebut melalui sosial media yang Anda miliki agar lebih banyak pelanggan yang mengetahui produk seperti apa saja yang Anda jual.
4.      Manajemen Apotek Anda dengan software terpercaya
Dan yang terakhir dan tidak kalah penting yaitu memanfaatkan sebuah aplikasi dalam memanajemen bisnis apotek dengan Software ITB POS Apotek. Aplikasi ini dilengkapi dengan sistem manajemen akuntansi dan kasir untuk mendukung usaha Anda dalam bidang bisnis apotek. Anda dapa melihat tools yang berada pada menu master yang mana menunjukkan tools daftar dokter untuk mengetahui siapa saja yang dapat Anda konsultasikan perihal masalah resep obat dan sebagainya. Ada pula menu transaksi yang siap membimbing Anda dalam mengembangkan efektivitas kerja karyawan melalui tools penjualan kasir. Pada tools ini para karyawan dapat dengan cepat memproses transaksi obat pada apotek dengan data yang dapat dibackup melalui sistem cloudcomputing yang kami miliki.
Tips ini dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan usaha apotek
Anda juga dapat memanajemen data laporan dengan lebih sederhana namun aman dengan jejeran tools laporan yang dimiliki oleh Software ITB POS Apotek. Kami memiliki lebih dari 20+ untuk mendata transaksi, laporan obat, resep dokter bahkan catatan hutang maupun piutang kepada supplier dan pelanggan secara rinci dengan satu kali klik. Apabila Anda telah memiliki data apotek yang telah berformat excel, laporan tersebut dapat diinputkan dengan aplikasi kami melalui menu utilitas tanpa harus ribet mengimpornya satu-persatu secara manual pada aplikasi ini. Sungguh ringkas dan efisien bukan? Anda juga dapat membackup atau mereset data toko apabila memang diperlukan untuk tujuan yang mendesak. Dan Software ini dapat Anda jalankan dengan mudah karena kami juga menyediakan buku panduan untuk pemula bagi Anda yang punya banyak pertanyaan.
Penutup
Tips ini dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan usaha apotek
Sekian dari kami mengenai Software ITB POS Apotek versi PC, di sini kami tidak hanya menyediakan aplikasi untuk platform PC saja namun ke depan nya  pihak kami juga akan mengembangkan aplikasi berbasis android sehingga Anda yang tidak bisa menggunakan komputer tetap bisa mengoperasikan produk digital kami dengan lebih mudah. apabila Anda memiliki beberapa pertanyaan jangan sungkan untuk menghubungi pihak CS kami untuk informasi yang lebih lengkap dan jelas.


Diubah oleh aplikasitoko 03-08-2022 07:15
0
408
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan