Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

extreme78Avatar border
TS
extreme78
Komnas HAM: Kalau Polri Tak Datang Pemeriksaan Balistik, Kami Lapor Mahfud
Jakarta - Komnas HAM akan memeriksa hasil uji balistik dari Polri terkait kasus baku tembak antara Bahrada E dengan Brigadir Nofriyansah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J pada Jumat (5/8) besok. Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik berharap tim dari Polri hadir dalam pemeriksaan besok.

"Yang sudah dijanjikan kami tunggu, kalau janjinya nggak dipenuhi saya lapor atasan, saya bilang 'anak buahmu tidak komit dengan kesepakatan'. Nggak susah, di awal Pak Wakapolri datang kemari, saya minta transparansi dan akuntabilitas," kata Taufan di kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/8/2022).

Lebih lanjut, Taufan mengatakan pihaknya sudah memiliki komitmen dengan kepolisian untuk menghadirkan bukti-bukti yang diperlukan dalam penyelidikan.
Taufan mengatakan komitmen itu telah disepakati di depan publik dengan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

"Saya katakan waktu itu minta supaya aksesibilitas Komnas HAM terhadap apapun yang kami inginkan data, bahan, informasi orang yang mau dipanggil macam-macam itu dijamin, dipastikan, kan iya kesepakatan itu, saya bicara, Pak Gatot bicara, itu komitmen di depan publik semua," katanya.

Jika kesepakatan itu tidak terpenuhi, maka Komnas HAM melapor kepada atasan. Dia menyebut salah satu cara pengaduannya yakni melapor kepada Menko Polhukam, Mahfud Md.

"Sekarang kalau seandainya tiba-tiba ada komitmen itu yang misalnya kurang tepat gitu, ya saya bilang ke atasannya dengan cara apa, ya cara hubungan antara lembaga, ya nggak nuding-nuding orang sembarangan tentunya," katanya.

"Apakah melalui surat atau melalui ke atasannya supaya mengingatkan bawahannya? Gampangnya, salah satunya saya bilang saya akan sampaikan ke Pak Mahfud, 'keliatannya itu ada yang harus dibenahi tuh, Bapak kan selain Menko juga Ketua Kompolnas' ini ada monitoring yang rutin dari presiden. Pak Mahfud sangat pasti lah itu, anytime dia komunikasi sama kami kok," sambungnya.

Sebelumnya, tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendalami hasil uji balistik soal kasus penembakan Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo Senin (1/8) kemarin. Uji balistik itu sebelumnya dilakukan oleh Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri.

"Hari ini progres dari timsus adalah melakukan pendalaman hasil uji balistik yang sudah dilakukan Pusat Laboratorium Forensik Polri. Dari hasil uji balistik yang sudah dilakukan oleh Puslabfor terkait dua senjata diketemukan di TKP, yaitu senjata jenis Glock 17 dan HS," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan (Jaksel), Senin (1/8).

Dedi mengungkapkan pendalaman dilakukan untuk memastikan sudut tembakan yang dilepaskan oleh Brigadir J dan Bharada E. Selain itu, untuk mengetahui jarak tembakan.

"Jadi karena ini masih proses pendalaman, dari hasil uji balistik yang telah dilakukan oleh Labfor, nanti akan disampaikan. Makanya tadi saya sampaikan, dari jarak tembakan, sudut tembakan, kemudian sebaran pengenaan," katanya.

"Ketiga, sebaran pengenaan," terangnya.

Pemeriksaan Uji Balistik di Komnas HAM Sempat Tertunda

Komnas HAM menunda meminta keterangan uji balistik dari Polri dari Rabu (3/8) menjadi Jumat (5/8). Apa alasannya?

"Perubahan ini disampaikan oleh Ketua Tim Khusus Polri, karena masih membutuhkan waktu untuk persiapan bahan yang diperlukan oleh Komnas HAM," kata anggota Komnas HAM M Choirul Anam dalam keterangan tertulis, Selasa (2/8/2022).

Anam mengatakan perubahan jadwal tersebut bisa memaksimalkan proses pemberian keterangan sekaligus pendalaman data dan fakta dalam mengungkap kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

https://news.detik.com/berita/d-6216...lapor-mahfud/2

Waduhemoticon-Ngakak
Diubah oleh extreme78 04-08-2022 11:40
scorpiolama
kosofyu
valkyr9
valkyr9 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.1K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan