albyabby91Avatar border
TS
albyabby91
Sederet Jagoan Layar Kaca Indonesia Yang Tak Akan Terlupakan Sepanjang Masa
Sederet Jagoan Layar Kaca Indonesia Yang Tak Akan Terlupakan Sepanjang Masa

Film-film bergenre action memang selalu menjadi salah satu yang sering difavoritkan oleh para penonton. Tidak hanya di mancanegara, Indonesia juga tercatat pernah memproduksi film-film bergenre action yang tergolong laris-manis dan tak pernah sepi penonton.

Berbicara mengenai film action, sudah tentu dari masa ke masa selalu ada aktor yang menjadi bintangnya. Para aktor ini malah sangat familiar dan saking populernya, banyak yang mengira apa yang mereka tampilkan saat akting sama seperti apa yang dijalani dalam kehidupan sehari-harinya. Lalu, siapa saja jawara film action tanah air dari masa ke masa tersebut? Berikut ulasannya untuk GanSis!

1. Maruli Sitompul

Aktor yang satu ini bisa dibilang yang paling awal populer dalam film-film laga. Memiliki nama lengkap Hisar Sahar Maruli Sitompul, dia adalah seorang aktor Indonesia keturunan Batak, Sumatera Utara yang berkiprah di dunia perfileman tanah air pada kurun waktu dari 1963-1990. Dalam karirnya dia telah memenangkan enam Piala Citra Festival Film Indonesia dan 3 diantaranya masuk dalam kategori aktor terbaik dalam film "Laki-Laki Dari Nusakambangan".

Aktor yang memiliki ciri khas suara yang besar dan keras ini oleh insan perfileman luar negeri dijuluki dengan "The Giant Voice". Dia mulai naik daun saat memerankan karakter "Si Mata Malaikat" dalam film "Si Buta Dari Gua Hantu" dan semakin populer saat bermain dalam film "Pandji Tengkorak".

2. Ratno Timoer

Ahmad Suratno, (8 Maret 1942 – 22 Desember 2002) yang lebih dikenal dengan Ratno Timoer adalah seorang aktor, produser dan sutradar. Ia merupakan Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) ke–5 yang terpilih dan menjabat pada periode 1984–1998 menggantikan ketua umum sebelumnya, Soekarno M. Noer. Dalam karier beraktingnya, ia telah dinominasikan untuk beberapa penghargaan, termasuk satu Piala Citra Festival Film Indonesia dan memenangkannya, sebagai aktor terbaik untuk perannya di film cinta. Namun yang paling terkenal adalah perannya dalam film 'Si Buta Dari Gua Hantu".

Aktor yang satu ini bisa dibilang cukup komplit. Selain lihai memainkan peran di depan kamera, dia juga terkenal pandai mengatur alur cerita dalam sebuah film sebagai sutradara. Karena deretan kebolehan yang dia punya, mungkin bisa di bilang dialah salah satu aktor langka yang sudah jarang ditemui saat ini.

3. Barry Prima

Jika menyebut nama yang satu ini, tentu saja anda akan langsung teringat dengan sosok yang berwajah garang, jago berkelahi dan memiliki tubuh yang atletis. Ya. Siapa yang tidak kenal dengan sosok Barry Prima. Aktor yang hampir seluruh karirnya di habiskan dalam film-film bergenre action ini selalu memerankan watak protagonis dan selalu di sandingkan dengan Advent Bangun sebagai lawan mainnya. Saking seringnya mereka berdua tampil berhadap-hadapan, para penggemar dan penonton film-film laga mereka malah mengira di kehidupan nyata keduanya juga saling bermusuhan, sama seperti di layar kaca.

Sepanjang karirnya hingga sekarang, pria yang memiliki nama lengkap Hubertus Barry Knoch Prima ini telah berakting dalam lebih dari 30 film. Itu belum termasuk sinetron, FTV dan satu Web Series yang terakhir kali dimainkannya pada 2021 yang berjudul "Write Me A Love Song". Film laga yang akan paling diingat darinya adalah "Jaka Sembung Sang Penakluk dan Siluman Serigala Putih". Diantara deretan penghargaan yang dia dapatkan diantaranya Pemenang Pemeran Pembantu Pria Terpuji Film Bioskop Festival Film Bandung dan Lifetime Achievement Award dari Festival Film Bandung.

4. George Rudy

Memiliki periode waktu yang bersamaan dengan Barry Prima tak membuat lelaki bernama asli Tjwan Hien ini redup. Keduanya bahkan sama-sama populernya dan selalu menghiasi berbagai film laga di layar kaca Indonesia. Meski tak sementereng Barry Prima soal penghargaan, namun soal akting George Rudy merupakan sosok yang tidak diragukan lagi.

Pria berdarah Chinese ini telah memainkan lebih dari 20 Judul film dan hampir semua film yang diperankannya adalah film laga dengan latar kisah geng atau mafia. Kelihaiannya dalam berakting nyaris sempurna sehingga penampilannya di layar kaca membuat para penonton tegang dan terlarut dalam setiap gerakannya. Terakhir pada tahun 2019 lalu, dia juga sempat memainkan sebuah web series berjudul "Girls In The City" dan memerankan tokoh Helmi.

Nah, itu tadi beberapa nama yang menjadi jawara layar kaca dalam akting film laga pada masanya. Sebenarnya masih banyak lagi nama-nama lain yang mungkin tidak disebutkan di thread ini. Kalau GanSisi punya referensi bisa kasih komentar yaa.

See You On The Next Thread

***

Sumber Pendukung :

https://bit.ly/3vl90oL
https://bit.ly/3ScD3c8
https://bit.ly/3bg50PC
https://bit.ly/3OFuYtz
https://bit.ly/3OHHCs3
bang.toyip
catros
penikmatbucin
penikmatbucin dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan