KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Siapa Yang Lebih Sakti Nostradamus Atau Jayabaya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62e2336735f978437244d0ea/siapa-yang-lebih-sakti-nostradamus-atau-jayabaya

Siapa Yang Lebih Sakti Nostradamus Atau Jayabaya?



Siapa Yang Lebih Sakti Nostradamus Atau Jayabaya?

Kita tinggalkan dulu tentang berita-berita viral, kali ini gw mau bahas hal yang berkaitan dengan ramal meramal. Dalam literasi agama ramalan memang tidak bisa dibenarkan namun dalam kacamata yang lain ada yang namanya nubuat.

Loh bukannya Nubuat dan Ramalan itu sama?

Maaf, juragan kalau Nubuat itu diyakini kebenarannya dan pasti akan terjadi berdasarkan kitab suci, sedangkan kalau ramalan hanya memperkirakan sesuatu akan terjadi dengan melihat tanda dari fenomena tertentu, atau dari hal yang dianggap gaib seperti dapat bisikan dari alam mimpi atau berkolaborasi dengan Jin dan sebagainya.

Siapa Yang Lebih Sakti Nostradamus Atau Jayabaya?

Lalu bagaimana dengan Prediksi?


Prediksi itu sama seperti "memperkirakan" atau "diagnosis", Tidak bisa secara otomatis melihat kehidupan seseorang, atau melihat kenyataan di masa datang. Nubuat sendiri adalah inti dari prediksi yang mampu mengubah sejarah umat manusia.

Lantas siapa yang lebih Sakti antara Nostradamus dan Jayabaya?

Untuk siapa yang lebih sakti maka kita akan bahas dari sosok Michel de Nostredame alias Nostradamus terlebih dahulu, seorang pria kelahiran Saint-Remy-de-Provence, Prancis itu terkenal dengan buku ramalan berjudul The Prophecies atau Les Propheties, pada 1555.

Sebelum masuk dunia klenik ia pernah menjadi apoteker dan dikucilkan hingga ingin menjadi dokter namun kemampuannya tidak baik dan iapun gagal, tapi ketika masuk ke dunia klenik disinilah namanya semakin berjaya, apalagi di sponsori oleh Catherine de Medici, ratu Prancis.

Siapa Yang Lebih Sakti Nostradamus Atau Jayabaya?

Apakah Nostradamus benar meramal? Sebenarnya tidak juga ia hanya mengutip dari ayat-ayat dari alkitab, forklore Prancis, dan memasukkan dalam puisinya, dengan bahasa yang lugas sehingga tidak dikenali lagi oleh pihak Gereja.

Quote:


Nostradamus sendiri sebenarnya dianggap tak berkualitas oleh peramal lain dimasa itu, karena dia terjun ke klenik akibat stress, tidak mempunyai ilmu kebatinan, dan juga ilmu astrologi yang merupakan pseudoscience sebagai peramal.

Perlu di ingat Nostradamus itu masuk ke dunia peramal itu karena stress, dan hanya orang-orang yang stress saja yang percaya dengan dirinya. Karena secara psikologis orang yang percaya dengan ramalan adalah orang yang tertekan, orang yang tidak percaya diri, dan orang yang takut terhadap takdir kehidupan.

Siapa Yang Lebih Sakti Nostradamus Atau Jayabaya?

Lantas kalau Nostradamus seperti itu bagaimana dengan Prabu Jayabaya?

Prabu Jayabaya adalah salah seorang raja Kediri (1130-1157Ms) yang termasyur di tanah Jawa.

Sebagian besar masyarakat Jawa, sejak dulu hingga sekarang mempercayai bahwa Prabu Jayabaya punya kemampuan meramal, tapi perlu digaris bawahi bahwa Jayabaya tidak pernah meninggalkan catatan tertulis apapun apalagi terkait ramalan.

Terus bagaimana dengan Ramalan Jayabaya?

Jadi begini, Prabu Jayabayanya memang ada, buku ramalan Jayabayanya memang ada, tapi penulisnya bukan Prabu Jayabaya, lantas siapa?

Menurut Wibatsu Harianto Soembogo dalam bukunya “Kitab Primbon Quraisyn Adammakna: Serat Jangka Jayabaya” menyatakan bahwa sumber Serat Jangka Jayabaya sebenarnya merujuk pada Kitab Asrar (Musarar) karangan Sunan Giri Prapen (Sunan Giri III) yang dikumpulkan pada tahun Saka 1540 (1618Ms). Sedangkan Serat Jangka Jayabaya sendiri pertama kali ditulis oleh Pangeran Wijil I (Pangeran Kadilangu II) pada tahun Saka 1666-1668 (1741-1743Ms).

Siapa Yang Lebih Sakti Nostradamus Atau Jayabaya?

Kenapa Sunan Giri III menulis itu?

Dirinya menulis hal itu untuk pelajaran moral bagi masyarakat Jawa, jadi dimasa itu masyarakat Jawa kehidupannya sangat mistis dimana mereka lebih percaya dengan berita yang disampaikan oleh orang mati dibandingkan orang hidup, seperti orang yang kesurupan dan menberikan wejangan pada masyarakat setempat.



contoh video kesurupan sosok mistis

Maka untuk membuka wawasan tentang pelajaran moral dimasa itu harus melibatkan leluhur-leluhur dimasa lampau.

Maka diambilah nama leluhur Prabu Jayabaya, namun isinya bisa dibilang interpretasi dengan hadist nabi yang berkaitan dengan kiamat.

Jadi tetap hal ini bisa dibilang buku moral, agar kita senantiasa bertingkah laku baik agar tidak terjadi kerusakan atau bumi gonjang ganjing.

Jadi bagaimana menurut pandangan kalian dengan kedua tokoh ramalan ini?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Siapa Yang Lebih Sakti Nostradamus Atau Jayabaya?

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"

Siapa Yang Lebih Sakti Nostradamus Atau Jayabaya?
Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2, 3, 4
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star



Siapa Yang Lebih Sakti Nostradamus Atau Jayabaya?

Siapa Yang Lebih Sakti Nostradamus Atau Jayabaya?


profile-picture
profile-picture
profile-picture
ran4urlife dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh c4punk1950...
Halaman 1 dari 3
pertamax diamankan dlu gans.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nostradamus no 1 urutan nya Jayabaya urutan ke 7
profile-picture
profile-picture
bossburung dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sebagai pelamar, gw gak tau mana yang lebih canggih.
Tapi kalo adu kesaktian, gw pegang Jayabaya gan.
Sebagai prabu Jawa jaman kuno, minimal dia punya Kanuragan, ajian Waringin sungsang, rawa rontek, pancasoda, Edo tensei, sama chibaku tensei.
profile-picture
profile-picture
johanbaikatos dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Secara pribadi sih ane nggak percaya sama yang gituan gan, karna siapa aja pasti bisa buat ramalan.

Contoh:

saat matahari dan bulan saling bercumbu, manusia akan menjerit merasakan panasnya karma yang telah mereka perbuat.

Kalau ramalannya gini sih setiap kali ada kasus gerhana dan kebakaran pasti bakal ada aja yang nyinggung ramalan padahal gerhana dan kebakaran itu fenomena yang terlalu umum, nggak aneh kalau benar benar terjadi. Apalagi kalau rentang waktunya sampai ratusan tahun.

Cuma ada satu cara untuk membuat ramalan yang sempurna; buat itu menjadi nyata dengan tanganmu sendiri emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
mesashetra dan c4punk1950... memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Lebih sakti mana dengan yang bisa mewujudkan ramalan (terkait kiamat) itu ?
===> Karena dengan begitu orangnya bisa menabiskan dirinya sebagai nabi terakhir ...
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lanariaaaa dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo saketij gedor ae iga nye bray

ah elah emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
johanbaikatos dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gw udah baca ramalan kedua tokoh tersebut.

Keduanya gak ada yang benar, dan gak ada yang valid.

Mereka buat ramalan hanya berdasarkan cerita acak, kalimat yang di tulis segala aspek, sehingga kalau ada kejadian, orang orang yakin dan percaya.

Kalau jelasnya, buat aja cerita karangan musibah musibah dari A - Z, pasti nanti ada yang kejadian. Hahaa
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Satrio piningit, bocah angon, Ratu Adil itu yg dimaksud adalah Imam Mahdi.

Mirip2 dengan "pamali" yg sering dilontarkan orang tua yg sebetulnya nilai2 islami/hadits
Wallahu alam
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dua duanya mati jd nggak sakti
profile-picture
profile-picture
ushirota dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sesakti orang, mereka tidak abadi. Jadi kagak ada yg lebih sakti.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Siapa Yang Lebih Sakti Nostradamus Atau Jayabaya?

Kaga ada yg sesakti ini gan 😜
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Since 1990
Siapa Yang Lebih Sakti Nostradamus Atau Jayabaya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anggrekbulan dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sibuk.nyaleg
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Lebih sakti roy konose
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
halahhh...sebacot lah,nubuat yg di dongengin pemuka2 agama ituh sama apa yg umum di sebut ramalan...sama aja sekedar cocok cocokan lah,klo ada yg pas langsung ngebacot,klo "belom" pas ya dah diem...kita orang mau nungguin bacotanY jadi cocok palah kesanY kaya orang gila nunggu hal ngga jelas
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Diubah oleh arpharslan
mungkin bukan siapa yang lebih sakti, tapi siapa yg lebih jitu prediksi/ramalannya he...
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Bandar togel lebih sakti emoticon-Sundul Up
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
vote master einstein bre ...
mantranya benar tanpa cocoklogi ..emoticon-Big Grin
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
bang kumis menang banyak
profile-picture
profile-picture
jamban.bocor dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Translate dong jayabaya ngomong pa
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ane lebih percaya sama thanos gan emoticon-Cool
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di