Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lowbrowAvatar border
TS
lowbrow
Dakwahnya di Jatim Ditolak PCNU, Ust Hanan Attaki Merasa Difitnah Dituding HTI
Dakwahnya di Jatim Ditolak PCNU, Ust Hanan Attaki Merasa Difitnah Dituding HTI

WARTAKOTALIVE.COM, SUMENEP - Rencana Ustaz Hanan Attaki menggelar safari dakwah di sejumlah wilayah Jatim menuai penolakan dari pengurus Nahdhatul Ulama setempat.

Pendakwah asal Aceh ini ditolak karena dituding sebagai eks anggota organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Untuk diketahui sebelumnya, ceramah Ustaz Hanan Attaki mendapat sejumlah penolakan di beberapa Kabupaten di Jatim.

Seperti di Gresik dan Jember .

Kemudian di Situbondo, lagi-lagi acara Konser Langit Bersama Ustaz Hanan Attaki juga mendapat penolakan dari pemerintah dan NU setempat.

Mendapat pernolakan bertubi-tubi, acara kemudian direncanakan dipindahkan ke Sumenep, Madura.

Namun, lagi-lagi acara itu tidak mendapatkan izin dari pihak kepolisian.

Baca juga: KH Muhammad Luthfi Akan Hadapi Pihak-pihak yang Ganggu Ustaz Abdul Somad: Kita Akan Jaga Beliau

Polres Sumenep, Madura tidak mengeluarkan izin keramaian untuk konser langit bersama Ustadz Hanan Attaki pada 31 Juli 2022 di Graha Adi Poday.

Alasannya, hasil rapat bersama tokoh agama, tokoh masyarakat dan Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko yang berlangsung di Aula Sutanto Polres Sumenep Jl Urip Sumoharjo pada Rabu (27/7/2022).

Hasil keputusannya, Kapolres Sumenep tidak mengeluarkan izin demi menjaga harkamtibmas di wilayah Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur.

"Setelah mempertimbangkan usulan dan saran masukan dari Forpimda dan tokoh agama diperoleh kesimpulan, bahwa keputusan Kapolres Sumenep tidak mengeluarkan surat ijin keramaian terkait kegiatan konser langit bersama ustad Hanan Attaki," kata Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti Sutioningtyas pada Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Dikawal Laskar FPI, Kokam dan GPK, Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad di Purworejo Dibanjiri Jemaah

Selanjutnya, Polres Sumenep meminta kepada pihak panitia untuk membatalkan kegiatan konser langit bersama ustadz Hanan Attaki tersebut.

Sebelumnya, Ketua panitia penyelenggara acara Konser Langit bersama Ustadz Hanan Attaki, David saat dikonfirmasi membenarkan bahwa acara Ustaz Hanan Attaki akan digelar di Sumenep.

Segala macam peralatan dan penginapannya bisa dibilang sudah siap," kata David pada TribunMadura.com saat ditemui di Jl. Melati Kota Sumenep, Selasa (26/7/2022).

Bantah gabung HTI

Ustaz Hanan Attaki akhirnya buka suara terkait penolakan dakwah yang bertajuk Konser Langit: Agar Hidup Penuh Miracle di Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim Gresik.

Melalui video berdurasi 10 menit, Hanan Attaki menjelaskan bahwa ada kekeliruan.

Dia menegaskan tidak ada kaitannya dengan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

"Jelas keliru, ini jelas salah, bahkan cenderung mengarah ke fitnah tidak sesuai fakta dan realita. Kenyataannya saya bukan anggota HTI. Jangankan menjadi anggota struktur, simpatisan saja bukan," ujar Hanan

Menurutnya, pihak-pihak yang menolak dengan kedatangannya tidak bisa memastikan bahwa dirinya anggota HTI atau bulan

Hanan menjelaskan, pihaknya bukan anggota HTI seperti yang diisukan beberapa pihak.

Semenjak pulang dari Mesir, Hanan mengaku tidak tergabung dalam organisasi manapun selain membuat organisasi dakwah anak muda yang bernama Pemuda Hijrah.

"Saya mengambil mazhab Syafii, karena saya belajar di Al Azhae Mesir dan dulu nyantri selama 6 tahun ketika masih di Aceh. Tidak ada hubungan sama sekali saya dengan HTI," terangnya.

Ketika menggelar tabligh akbar di luar masjid, dipastikan akan melantunkan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Sebelumnya diberitakan, Ustaz Hanan Attaki akan menggelar 'Konser Langit: Agar Hidup Penuh Miracle' di Masjid Agung Gresik, Sabtu (30/7/2022) mendatang. Namun, Lembaga Takmir Masjid Gresik PCNU Gresik melayangkan surat keberatan terkait rencana tersebut.

Dalam surat nomor 23/PC.LTM-NU/VII/2022, dituliskan surat keberatan kegiatan dakwah dengan mubaligh yang disinyalir tokoh eks HTI/organisasi yang dinyatakan terlarang oleh Pemerintah Republik Indonesia dan beberapa pemerintah negara mayoritas muslim lainnya.

"Menampung aspirasi beberapa warga Gresik, tokoh agama dan tokoh masyarakat terkait kegiatan tersebut, maka dengan ini kami menyatakan prihatin dan menyesalkan, serta keberatan bila nanti kegiatan tersebut di atas dapat dilaksanakan di masjid yang merupakan aset Pemerintah Kabupaten Gresik," bunyi surat yang ditandatangani Ketua Lembaga Takmir Masjid Gresik PCNU, Nasichun Amin.


https://wartakota.tribunnews.com/amp...n-hti?page=all
emineminna
gabener.edan
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.9K
36
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan