skiesmanAvatar border
TS
skiesman
Kemendikbud Tarik Buku yang Keliru soal Trinitas Katolik-Kristen Protestan

Jakarta -Buku panduan pendidikan yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ramai disorot. Konten dalam buku itu disorot lantaran keliru dalam menjelaskan konsep Trinitas dalam agama Kristen.

Awalnya, sorotan ini salah satunya diunggah oleh seorang warganet bernama Sigit Pranoto lewat akun Twitter @mogitscj. Dia mempermasalahkan proses editing buku panduan belajar. Menurutnya, ada yang salah dalam penjelasan terkait konsep Trinitas dalam agama Kristen Protestan dan Katolik.

"Dear @Kemdikbud_RI cc: @nadiemmakarim, @Nadiem_Makarim, @KatolikG, @ProtestanGL. Entah bagaimana proses editing penerbitan buku panduan belajar seperti ini dilakukan. Sangat disayangkan bahwa penulis tidak memahami ajaran dari agama Kristen Protestan dan Katolik terkait Trinitas," tulis Sigit seperti dilihat detikcom, Selasa (26/7/2022). Sigit juga melampirkan halaman buku yang salah dalam menjelaskan Trinitas.

Berikut kalimat yang salah dalam buku tersebut:

- Di Bagian Kristen Protestan: Tuhannnya adalah Allah, Bunda Maria dan Yesus Kristus sebagai tiga yang tunggal atau Trinitas.
- Di Bagian Katolik: Tuhannya sama dengan Kristen Protestan, yakni Trinitas Allah, Bunda Maria, dan Yesus Kristus

Cuitan tersebut pun ramai menjadi perbincangan. Kemendikbud dinilai lalai dalam proses editing buku karena keliru dalam menjelaskan soal Trinitas.

Kemendikbud Akan Revisi Buku

Kemendikbud melalui akun resminya, @Kemdikbud_RI, pun mengklarifikasi hal ini. Kemendikbud menerima koreksi tersebut.

"Kemendikbudristek mengapresiasi masukan, saran, dan koreksi untuk perbaikan berkelanjutan terkait buku pendidikan. Buku pendidikan yang diterbitkan Kemendikbudristek merupakan dokumen hidup yang senantiasa diperbaiki dan dimutakhirkan," ungkapnya.

Buku ini merupakan buku mata pelajaran Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan SMP. Kemendikbud akan memperbaiki konten buku ini.

"Terkait konten di dalam buku mata pelajaran Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan SMP tersebut, Pusat Perbukuan Kemendikbudristek tengah mengkaji & menindaklanjuti dengan memperbaiki sesuai masukan, khususnya mengenai penjelasan tentang Trinitas dalam agama Kristen Protestan dan Katolik," tuturnya.

Kemendikbud akan melibatkan para pakar. Sementara itu, buku tersebut akan ditarik dari peredaran dan direvisi.

"Dalam proses melakukan perbaikan, Pusat Perbukuan Kemendikbudristek akan melibatkan pakar dari Konferensi Waligereja Indonesia & Persekutuan Gereja-gereja Indonesia. Buku yang saat ini beredar dengan format elektronik tengah kami tarik dan akan segera kami ganti dengan edisi revisi," ungkapnya.

"Untuk versi cetak kami sudah menghentikan proses pencetakan versi lama, dan pencetakan selanjutnya akan menggunakan edisi revisi. Kami juga akan segera mengedarkan suplemen perbaikannya bagi yang sudah menerima buku," ujarnya.

SUMUR


sekelas kemendikbud tp menjelaskan agama lain dengan sumber kitabnya sendiri . katanya kitab paling benar dan diturunkan langsung sm tuhannya. tp kok beda ya..


betul betul agama bikin orang pinter jadi tolol.. gmn masa depan pendidikan kita jika dihandle oleh orang orang macem itu

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Spoiler for SPOILER:



qavir
emol
yong bkl
yong bkl dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.4K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan