Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ini Loh, Cara Memberi Rating yg Benar Ke Penjual Online (Gimana Kamu?)


Kadang saya suka kasihan dengan teman saya yang menjual jaket di sebuah marketplace. Gara-gara pengiriman telat dibagian kurir ratingnya jadi ada yang jelek, tentu hal ini berpengaruh pada rata-rata performa tokonya yang dianggap slow respon, kurang profesional, padahal saat itu juga teman saya langsung packing dan cus ke kurir terdekat.

Seperti kita tahu performa toko apakah layanannya baik atau tidak salah satunya adalah tergantung dari nilai rating yang didapat dari konsumen. Semakin tinggi Bintang didapat dan reviewnya banyak positif maka akan semakin bagus lah performa tokonya.

Namun sayang disayang, bukan hanya persoalan COD yang kadang menjadi masalah, kurir menjadi bulan-bulanan caci maki pembeli yang menganggap kurir dan penjual bekerjasama menjual barang tidak sesuai pesanan, tapi pemahaman tentang memberikan rating ke penjual juga sudah waktunya diedukasi ke konsumen.

Tujuannya jelas, agar tidak salah sasaran dalam menilai performa sebuah toko, dan membuat semuanya lebih nyaman. Seperti fakta dilapangan yang jelas 'Indonesia sekali', seperti nasib teman saya diatas, atau ada penjual yang menjual barang palsu atau barangnya berkualitas buruk tapi karena kurirnya bekerja cepat rating tokonya tinggi, yang ditulis dalam reviewnya "Trims, barang cepat sampai, puas layanannya."



Miris, konsumen baru sadar setelah beberapa bulan kemudian kalau ternyata barang yang dia beli itu palsu atau cepat rusak, penjualnyapun sudah kabur dengan mengeruk banyak keuntungan dan secara tidak langsung pembeli membantu penipu tadi lewat review positif-bodohnya.

Pesan saya, soal ulas mengulas barang yang sudah diterima konsumen jangan terburu-buru memberi penilaian, tapi sebaiknya ketahui dulu tentang Kualitas barangnya, Pelayanan Sellernya dan Pengiriman Barangnya, jika ke 3 poin tadi didapatkan kepuasan maka bintang 5 baru layak diberikan.

Sosialisasi dan edukasi tentang cara menilai performa sebuah toko di marketplace yang benar saya rasa sudah perlu sosialisasikan lagi agar konsumen tepat dalam memberikan penilaian. Kasihan pedagang yang sudah amanah dan jujur, performanya jadi jelek karena kesalahan yang tidak pernah dilakukannya, bukan menuduh tapi bisa jadi oknum kurirnya yang bermasalah, kan?

Umumnya, sekali lagi orang Indonesia memberi nilai berdasarkan seberapa cepat barang dia terima, bukan seberapa bagus kualitas barangnya apakah sudah sesuai dengan deskripsi iklan yang dia baca. Mungkin kebingungan atau ketidaktahuan konsumen dalam memberikan penilaian yang tepat karena bingung sistem marketplacenya seperti apa.



Supaya kesalahan dalam penilaian ini tidak terus berlanjut saran saya terutama kepada para marketplace sebaiknya mulai diterapkan penilaian secara TERPISAH, seperti rating khusus produknya, rating pelayanannya, rating kurirnya.

Saya rasa penilaian dibuat terpisah seperti itu akan mempermudah konsumen dalam menilai kepuasan berbelanja pada sebuah toko, lebih transparan siapa yang performanya kurang baik, konsumen lebih mudah dan tepat sasaran jika akan mengajukan komplain, bukan semuanya dilimpahkan ke penjual seperti yang terjadi sekarang ini.

Rasanya tidak adil jika toko yang sudah bekerja sangat baik dianggap jelek oleh konsumen karena ulah oknum diluar tanggung jawab penjualnya. Kalau semakin banyak penjual kabur karena sering dituduh tidak profesional di marketplace tertentu, lama-lama tutup juga marketplacenya karena tidak ada yang mau buka toko lagi disana.

Semoga saja ide saya ini bisa segera diterapkan di amrketplace Indonesia agar bisnis ini semakin lancar dan ekonomi Indonesia semakin membaik. Aamiin.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 26-07-2022 00:52
cor7
indrastrid
opicke
opicke dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.1K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan