Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shinhikarugenjiAvatar border
TS
shinhikarugenji
Ketika Tuhan Bermain Dadu
"God does not play dice with the universe"


Ini salah satu quote Einstein yang terkenal, dan sering dikutip oleh berbagai pihak, bahkan tak jarang ditafsirkan sesuka mereka. Diantaranya untuk mengklaim bahwa Einstein adalah seorang yang religius. Padahal Einstein adalah seorang agnostik yang religius, namun kereligiusan Einstein adalah wujud dari ketekunannya mencari rahasia dari hukum alam yang berlaku, bukan kerelegiusan seorang theis terhadap Tuhan mereka. Kata 'God' di sana lebih sebagai metafora.

I do not believe in a personal God and I have never denied this but have expressed it clearly. If something is in me which can be called religious then it is the unbounded admiration for the structure of the world so far as our science can reveal it.


Kemudian, quote di atas merujuk ke apa? Tentang bagaimana Tuhan mengatur alam semesta? Nope. Quote itu terkait dengan fisika kuantum. Bukan rahasia lagi bahwa Einstein tak pernah menyukai fisika kuantum - meski pada dasarnya nobel yang didapat Einstein justru dari tulisannya menyangkut fenomena efek fotoelektrik yang menjadi salah satu dasar lahirnya fisika kuantum.

Einstein beranggapan alam semesta itu deterministik dan bisa diukur, dan itu terbukti pada skala makro. Namun berdasar fisika kuantum, ada ranah dimana hal-hal tersebut tak berlaku, yakni pada skala kuantum, dimana partikel-partikel subatomik berperilaku di luar nalar. Ini ranah dimana justru keacakan (atau kalau versi kreasionis: kebetulan) yang berlaku. Dalam fisika kuantum, tak ada yang pasti. Seperti berlakunya prinsip ketidakpastian Heisenberg, dimana kita tak bisa menentukan pasti kecepatan sekaligus posisi partikel di saat yang sama. Kita hanya bisa menentukan kemungkinannya.

Meski Einstein beranggapan ada hukum alam yang bisa menentukan kecepatan sekaligus posisi partikel di saat yang sama, sampai akhir hidupnya dia tak bisa menemukannya. Bahkan sampai sekarang pun belum ada yang bisa menemukannya. Sebaliknya eksperimen-eksperimen yang ada justru mendukung fisika kuantum, bahkan banyak temuan yang dibuat berdasar fisika kuantum (teknologi nuklir, televisi, komputer, bahkan HP) saat ini pun berdasar fisika kuantum).

Jadi, nampaknya Einstein keliru saat mengatakan Tuhan tidak bermain dadu.
Bahkan seperti yang diungkap Hawking saat membahas black hole:
Not only does God definitely play dice, but He sometimes confuses us by throwing them where they can't be seen. 1

*1 Menyangkut keberadaan partikel dalam lubang hitam yang tak bisa diamati, sehingga bahkan memprediksi partikel pun tak bisa dilakukan


**Maaf jika bahasannya kelewat simpel. Membahas fisika kuantum secara mendalam berpotensi menyebabkan kerontokan, muntah darah, dan beragam gejala lain yang sebaiknya gak dialami manusia normal yang gak berniat jadi ahli fisika emoticon-Hammer
Diubah oleh shinhikarugenji 03-09-2016 12:31
pakisal212
pakisal212 memberi reputasi
2
7K
52
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan