KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Waspada Pemalsuan Air Minum Kemasan, Berikut Cara Mengantisipasinya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62dc9b0a60bd013308229637/waspada-pemalsuan-air-minum-kemasan-berikut-cara-mengantisipasinya

Waspada Pemalsuan Air Minum Kemasan, Berikut Cara Mengantisipasinya

Waspada Pemalsuan Air Minum Kemasan, Berikut Cara Mengantisipasinya
Heboh air minum kemasan dipalsukan, tutup galon asli tapi isinya palsu. Berikut cara mencegah dan mengantisipasinya


Publik tengah dibuat heboh dengan beredarnya pemberitaan air minum kemasan yang dipalsukan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab.

Kejadian tersebut terjadi di Panggungrawi, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Banten dan telah ditangkap 4 pelaku dari 5 tersangka oleh Kepolisian dari Polres Cilegon.

Adapun keempat pelaku ini tertangkap basah oleh petugas Kepolisian pada hari Sabtu 16 Juli 2022 tengah melakukan aktivitas mengoplos air minum kemasan isi ulang menjadi serupa dengan air minum kemasan yang asli hanya dengan merubah tutup galon dengan tutup galon asli dari salah satu produk air minum kemasan ternama di Indonesia.

Diketahui tutup botol asli ini disuplai oleh seorang berinisial SS yang saat ini berstatus sebagai DPO. SS menjual tutup botol tersebut kepada pemilik usaha air minum galon palsu tersebut dengan harga 5000 persatu tutup botol.

Air minum palsu dengan tampilan asli ini dijual kembali oleh pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka dengan harga 16.000 pergalon, sedangkan modal untuk produksi sendiri diperkirakan hanya 10 ribu untuk membeli air galon isi ulang dan juga tutup botol yang asli.

Menjadi keresahan di tengah masyarakat, kemungkinan aksi curang pedagang air minum kemasan ini tidak hanya terjadi kali ini GanSis.

Air galon salah satu merk ternama di Indonesia tersebut memang telah memiliki banyak pangsa pasar, sehingga banyak yang melakukan aksi curang dengan bonceng nama untuk mendapatkan keuntungan dari tindakan curang mereka.

Lalu bagaimana cara untuk mengantisipasi atau mencegah tertipu merk-merk air minum kemasan palsu?
Berikut ini beberapa caranya GanSis.


Waspada Pemalsuan Air Minum Kemasan, Berikut Cara Mengantisipasinya


1. Memastikan Kemasan

Jika Agan dan Sista teliti saat membeli meskipun produk air minum kemasan ini menggunakan tutup yang asli tetapi ada perbedaan mencolok yang dapat terlihat GanSis.

Pada bagian leher tutup galon untuk yang asli terdapat sebuah lingkaran putih yang menyatu dengan tutup botol, sedangkan pada kemasan yang palsu terdapat lingkaran putih namun berupa lakban atau juga plastik tipis.

Selain itu pada bagian tutup juga terdapat alur buka yang menyerupai bentuk tetesan air, jika itu masih bagus dan tidak seperti telah dibuka maka itu galon air minum asli.

Pastikan pada bagian badan galon terdapat tulisan print tinta hitam tanggal produksi dan kadaluarsa yang sesuai dengan print yang ada di tutup galon, karena yang palsu tidak menyertakan tanggal produksi dan kadaluarsa.

2. Penampakan Air

Untuk penampakan air galon yang asli dapat dipastikan kejernihannya GanSis, berbeda dengan air galon isi ulang yang terlihat sedikit keruh dan sesekali muncul buih-buih di atas bagian galon.

Agan Sista dapat memastikan apakah air minum kemasan tersebut asli atau palsu dengan melihat kondisi penampakan air dari luar galon.

3. Rasa Air

Bagi Agan Sista yang sudah membeli dan membuka tutup galon dan ingin memastikan apakah itu air minum kemasan asli atau palsu juga bisa memastikan dari rasa airnya GanSis.

Air minum kemasan yang asli memiliki rasa yang segar dan tidak menimbulkan rasa eneg atau kesat karena memang air minum kemasan asli benar-benar telah steril dan tidak ada bahan kimia pembersih air.

Waspada Pemalsuan Air Minum Kemasan, Berikut Cara Mengantisipasinya


Itulah GanSis beberapa cara untuk mencegah dan mengantisipasi penipuan air minum kemasan palsu sebagaimana yang tengah marah ditemukan dan terjadi di tengah masyarakat.

Mudah-mudahan kedepannya tidak ada lagi kasus serupa karena ini sangat merugikan masyarakat dan juga berbahaya bagi kesehatan karena air minum kemasan palsu belum dijamin keamanannya.

Oke, semoga thread ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi Agan Sista semua untuk selalu waspada.


Waspada Pemalsuan Air Minum Kemasan, Berikut Cara Mengantisipasinya


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cemilanpagi dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh masnukho
Halaman 1 dari 4
emoticon-Cape d... buset dah, gitu ya
profile-picture
profile-picture
black.03 dan provocator3301 memberi reputasi
emoticon-Matabelo hati-hati, jangan sampai beli mahal-mahal ternyata palsu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kubelti3 dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-Matabelo untung pelaku dah ketangkep
profile-picture
profile-picture
black.03 dan provocator3301 memberi reputasi
pdhl cuma beda 2rb dari merk mineral sebelah
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Semua air asli yg mahal perusahaan nya
Perusahaan air swasta dijual lewat kemasan plastik.kalau bisa saingan PDAM buat nyuci,mandi
Perusahaan daerah PDAM jualan lewat pipa.
emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan masnukho memberi reputasi
Diubah oleh meimeiput
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
"sedangkan modal untuk produksi sendiri diperkirakan hanya 10 ribu untuk membeli air galon isi ulang dan juga tutup botol yang asli"

padahal modal produksi aqua asli gak sampe 2rb emoticon-Leh Uga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurade247 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Quote:
emoticon-Bingungane gak paham

Quote:
emoticon-Matabelonah gitu ya gan
profile-picture
provocator3301 memberi reputasi
Yg penting airnya steril sesuai dengan kadar PH tertentu, sok2an pake air minum mahal... emoticon-Cape d...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
ane minum langsung dari sumber gan.. no tipu2..
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan masnukho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
yang bikin serem kalau harganya normal kaya original tapi ternyata paslu isi nya
profile-picture
profile-picture
qiyazya dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
udah biasa minum air rebusan
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
gw di cipondoh tangerang pernah ngerasain tahun 2018.

merk A****. rasanya udah agak asam sepat gt gila sampe ganti 4 beli di sekitaran sama aja, wkt itu masih berpikir mungkin distributor di wilayah ini salah pengemasana gt.. bahkan lebih baik kualitas air isi ulang (walau harus di masak dl). Dulu mikir nya gak mungkin merek ini ada palsunya.

untunglah setelah ditinggal 3 bulanan, pas balik beli disana udah normal lg..
profile-picture
profile-picture
provocator3301 dan masnukho memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
ane beli air ro
8k doang, aqua mahal amat emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
masnukho dan provocator3301 memberi reputasi
Makanya beli merek le moniral ada manis-manisnya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Indonesia memang manusianya tercipta cerdas² tapi utk menipu dan menguntungkan diri sendiri bukan buat majuin bangsanya.....mantap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
little_bear7 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


Kok kayak 4 sehat 5 sempurna emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:
emoticon-Matabeloya karena emang berkualitas

Quote:
emoticon-Matabelongeri gak tuh

Quote:
emoticon-Matabelo.apanya gan
Quote:


Entar kalau udah mau crot ana hubungi agan, aseli langsung dari sumbernya emoticon-Blue Guy Smile (S)



























































emoticon-Betty (S)
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Ane pake si biru 8rb
profile-picture
profile-picture
masnukho dan stephen69 memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Air Qencing gUA emoticon-Wkwkwk
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di