KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jilbab Sebagai Kewajiban Vs Jilbab Sebagai Trend
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62d22d1f333f4373c51ea444/jilbab-sebagai-kewajiban-vs-jilbab-sebagai-trend

Jilbab Sebagai Kewajiban Vs Jilbab Sebagai Trend


Stop Salahkan Jilbab Lihat Oknumnya

Jilbab Sebagai Kewajiban Vs Jilbab Sebagai Trend

Bismillahirrahmanirrahiim


Zaman semakin canggih dengan kesenangan mudah diraih, sayangnya sebagian orang tidak semakin taat dengan seluruh kemudahan, bahkan semakin berani menantang Rabb-nya.

Akhir-akhir ini, orang memakai jilbab bukan hal yang asing lagi. Berbeda dengan masa sekitar dua puluh tahun lalu. Orang yang memakai jilbab dapat dihitung dan mengenakannya adalah sebuah perjuangan. Berbeda dengan hari ini.

Hanya saja fenomena banyaknya pengguna jilbab, latar belakangnya begitu beragam.

Ada yang mengenakan jilbab hanya karena *sungkan*. Dalam hal ini, mereka menggunakan jilbab boleh jadi karena rekan-rekannya banyak yang mengenakannya, sehingga tidak enak jika tidak memakainya.

Kemudian, ada juga yang terpaksa mengenakannya karena ia masuk dalam area berjilbab, seperti pesantren atau sekolah-sekolah islam. Sehingga ia merasa sungkan jika tidak mengenakannya.

Belum lagi ada juga karena anaknya di sekolahkan di sekolah islam, lalu anaknya terbiasa mengenakan jilbab, sementara mereka tengah pergi dan berjalan bersama, akhirnya mereka merasa sungkan dan malu jika tidak menggunakannya.

Jadi, lagi, lagi dan lagi penyebabnya adalah sungkan

Selain sebab karena sungkan, ada juga yang berkerudung karena ingin dianggap sebagai orang baik-baik, orang taat dan atau yang sejenisnya. Boleh jadi karena ingin menyamarkan diri, seperti telah diketahui banyak orang bahwa dirinya bukan orang baik-baik.

Lantas demi ingin tidak disebut kembali orang buruk bukan orang baik-baik, maka ia memilih menyamarkan diri dengan berkerudung. Perbuatan ini jelas tidak hanya merugikan dirinya sendiri, tetapi juga merugikan orang lain yang memang benar-benar berjilbab. Karena merusak citra orang berjilbab sesungguhnya.

Jika memang lantas memilih berjilbab karena memang ingin berubah, itu bukan sebuah masalah. Tetapi, sangat tidak dibenarkan jika hanya untuk penyamaran diri.

Tidak hanya itu, ada juga yang berjilbab hanya ingin menutup tubuh dan wajahnya agar tidak hitam atau terpapar sinar matahari. Jika orientasi berjilbabnya hanya seperti itu, tentu ini juga tidak dapat dibenarkan pula.

Ada juga yang berjilbab hanya karena tujuan ingin memfitnah orang-orang berjilbab. Sengaja berjilbab, tetapi berakhlak buruk. Akan tetapi, itu semua dilakukannya hanya agar orang lain yang ingin difitnahnya, dibenci oleh banyak orang.

Kalau sudah begitu, ia akan merasa lega dan bahagia karena berhasil memojokkan atau memfitnah orang yang dibencinya.

Meski begitu, sesungguhnya juga ada orang-orang yang berjilbab hanya karena Allah semata. Ia benar-benar tahu bahwa menutup aurat adalah sebuah kewajiban bagi seorang muslimah.

Quote:


Jika para muslimah tahu, bahwa berjilbab adalah kewajibannya, bukan hanya mengikuti gaya atau trend semata, maka ia akan berhati-hati bersikap karena ia merasa membawa jilbabnya untuk menutup auratnya.

Lantas, jika ada di luar sana ada yang berjilbab, tetapi ia merokok, meminum minuman keras atau mabuk dan segala perbuatan maksiat, jernihlah berpikir, bahwa bukan jilbabnya yang salah, tetapi salahkan orang yang mengenakannya.

Sungguh tidak adil jika keburukan itu akhirnya disematkan pada seluruh orang yang mengenakan jilbab. Semua itu kembali dari mana mereka berangkat dalam memutuskan untuk mengenakan jilbab.

Semoga kita menjadi orang-orang berhati dan berpikiran jernih dalam menilai sesuatu.

Wassalamualaikum warahmatullah

Penulis: s3chamdani
Narasi: ulasan pribadi

profile-picture
kuz1toro memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Pertalite
{thread_title}
{thread_title}
Lihat 55 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 55 balasan
Penggunan jilbab di +62
*Arahan agama
*Arahan ortu
*Arahan sekolah ( sekolah madrasah)
*Kebijakan guru sekolah ( dimulai dinsekolah negeri non madrasah)
*Keperluan non sehari -hari(melayad, kondangan)
*Fashion
*Syarat kerja
*Perintah pasangan
*Rayuan , pengaruh teman / lingkungan
*Modus
Diubah oleh afterimage90
Jilboob sekarang hanya sekedar fashion aja
profile-picture
Denbagus2010 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jilbab Sebagai Kewajiban Vs Jilbab Sebagai TrendJilbab Sebagai Kewajiban Vs Jilbab Sebagai TrendJilbab Sebagai Kewajiban Vs Jilbab Sebagai TrendJilbab Sebagai Kewajiban Vs Jilbab Sebagai Trend
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Jangan menunggu hidayah..tapi carilah..
Dalam prosesnya pun pahala..
Dan jangan judge yg belum berhijab, doakanlah.. emoticon-Maaf Agan
profile-picture
jicho22 memberi reputasi
wajib dan bisa trendi emoticon-Smilie
profile-picture
cang.ruhidun memberi reputasi
Kalo liat di sosmed, ya banyakan jilbab karena trend

Kalo liat di real life pas kajian, jilbab sebagai kewajiban
profile-picture
Denbagus2010 memberi reputasi
Kalo kata mamah Dedeh, pake jilbab, tapi baju sama celana pating pecotot
emoticon-Entahlah
Bila si Keburukan telah terbiasa memakai pakaian kebaikan,

Maka si Kebaikan akan selalu dinilai buruk (akan selalu terfitnah) dengan pakaian apapun yang dipakainya.

Katanya sih hijab itu wajib, walaupun kelakuannya rusak. Makanya ada cewek yang berhijab tapi ngudud, PAP tete, open BO, dll. Pokoknya penampilan berubah dulu baru memperbaiki diri. emoticon-Big Grin

Tapi kalau gue mikir sebaliknya. Lebih baik memperbaiki diri dulu baru merubah penampilan. Biar gak malu-maluin. emoticon-Big Grin
profile-picture
belobone memberi reputasi
paling suka liat cwek pke jilbab maskeran keliatanya gimana gitu emoticon-Hammer2
profile-picture
provocator3301 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
jilBOOB yang terbaik ganz
profile-picture
provocator3301 memberi reputasi
Cewek2 generasi jaman now jibab sebagai jilbob, atas kerudung bawah pakan burung emoticon-Ngakak
profile-picture
provocator3301 memberi reputasi
Bukan hanya kewajiban dan trend. Hal ini merupakan genre yang dinikmati didunia gelao emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
provocator3301 memberi reputasi
hujab cuma trend aja
Kebanyakan trend, gak usah jauh2 cewek gua aja di tempat kerja sok alim, di kost cuma pake tanktop sama hotpants doang, apalagi kalo diajak jalan, suka pegang rem tangan 😂😂😂
meskipun itu trend setidaknya mereka menutupinya ,
meski tidak sempurna itu proses ,,
setiap individu punya proses masing masing ,,,

keep positive ,,,
betul tergantung dari diri sendiri yg berangkat , mau di bawa kemana dg memakai jilbab tersebut.
itu poin utama emoticon-thumbsup
profile-picture
pakde.edan memberi reputasi
"Hendaklah..."
Kok bisa dibilang wajib???
Kalo hukumnya berdosa, harusnya ada ancamannya dalam Al Quran spt dosa2 lainnya.

Nyatanya Allah ngga pernah mengancam yg nggak pake hijab. Adanya d hadist2 yg bahkan diragukan kesahihannya.
In my opinion, jilbab yg dipaksain warga +62 sekarang harusnya ngga sekejam itu. Jaman dulu ulama2 ngga pernah ancam2 warga indonesia perempuan yg nggak jilbaban.

Dan dalam Al Qur'an sendiri Allah mengatakan pemakaian hijab agar para perempuan tidak diganggu dan mudah dikenali. Bukan karena agar tidak masuk neraka.
Bagi ane yg penting tidak mengumbar aurat (bahu bawah-lutut). Berpakaian sopan seperti gadis Melayu jaman dulu sbnrnya udah cukup.
profile-picture
red.mind memberi reputasi
Diubah oleh babysitter89
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di