Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

skiesmanAvatar border
TS
skiesman
Muncul (Lagi) Varian Baru Covid BA.2.75, Bisa Lolos Antibodi

Muncul (Lagi) Varian Baru Covid BA.2.75, Bisa Lolos Antibodi Foto: AP/Denis Farrell


Jakarta, CNBC Indonesia - Belum usai dengan virus Corona subvarian BA.4 dan BA.5, kini muncul subvarian baru omicron yang diberi nama BA.2.75. Varian terbaru ini ditemukan paling banyak di India dan sudah tersebar di 10 wilayah.

Menurut laporan awal, subvarian baru ini merupakan generasi kedua dari subvarian BA.2 yang sempat membuat lonjakan kasus di Inggris pada bulan Maret 2022. Adapun sejumlah negara yang telah melaporkan penemuan kasus Omicron BA.2.75 yakni di Jerman, Selandia Baru dan Kanada.

Dokter Shay Shelton dari Laboratorium Virologi Pusat di Sheba Medical Centre menyatakan subvarian itu merupakan generasi kedua dari subvarian-subvarian sebelumnya. Ia menilai masih terlalu dini menyatakan subvarian Omicron BA.2.75 ini menjadi kasus dominan, tetapi harus diawasi karena memiliki potensi membuat tren peningkatan kasus selanjutnya.

[table][tr][td][/td]
[/tr]
[/table]

"Terlalu dini untuk mengatakan apakah BA.2.75 akan menjadi varian dominan berikutnya, mungkin mengkhawatirkan karena menyiratkan tren yang akan datang," ujar Dokter Shay dikutip dari News Nine, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, subvarian BA.2.75 juga diteliti oleh Bloom Lab di lembaga penelitian Fred Hutch AS. Mereka menyatakan subvarian tersebut layak dilacak, karena memiliki perubahan antigenik yang cukup besar dibanding induknya BA.2.

Laboratorium tersebut menemukan dua mutasi kunci: G446S dan R493Q. Salah satu mutasi, yaitu G446S diduga dapat membantu virus lolos dari antibodi yang ditimbulkan oleh vaksin saat ini yang efektif melawan BA.2.

Kabar baiknya, menurut Bloom Lab, tampaknya mereka yang telah terinfeksi BA.1 tidak akan berisiko terinfeksi kembali oleh BA.2.75 ini.

SUMURRR
[table][tr][td] 
astagfirullah[/td]
[/tr]
[/table]
natsuzaki48
natsuzaki48 memberi reputasi
0
1.6K
32
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan