pilotwaras108Avatar border
TS
pilotwaras108
Muhammadiyah: Jangan Kaitkan 'Anak Kiai' di Kasus Pencabulan Mas Bechi
Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 09 Jul 2022 09:52 WIB


Jakarta -
Kasus Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi (42), pelaku pencabulan di pesantren Shiddiqiyyah, Jombang, masih diusut. Terkait kasus itu, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti meminta publik tak mengaitkan Mas Bechi dengan statusnya sebagai 'anak kiai'.

"Menurut saya, penting untuk menjadi pelajaran kita adalah, pertama, ketika orang melakukan perbuatan hukum dia harus dilepaskan dari atribut-atribut, misalnya janganlah misalnya 'anaknya kiai' atau tokoh kemudian yang ditonjolkan kiai atau tokohnya," kata Abdul di Jakarta International Equestrian Park, Sabtu (9/7/2022).

Menurutnya, ketika seseorang sudah diproses secara hukum, semuanya sama di depan hukum atau equality before the law.

"Karena sesuai dengan hukum di negara kita semua orang itu sama kedudukan hukumnya di negara, equality before the law," kata dia

"Mohon jangan dikaitkan dengan dia dari organisasi apa, dia anaknya siapa, atau dia punya jabatan apa. Tapi dia sebagai warga negara atau sebagai masyarakat Indonesia jadi kembalinya kepada barang siapa, kan di dalam hukum itu barang siapanya yang penting," imbuhnya.

Selain itu, Abdul meminta penyelidikan kasus ini fokus pada permasalahan yang ada. Jadi nantinya kasus tidak melebar dan disangkut-pautkan dengan hal lain.

"Kemudian kedua, lihat deliknya. Melihat delik ini penting supaya apa? Supaya masalah hukum itu tidak ditarik-tarik kepada permasalahan lain di luar wilayah hukum. Mohon maaf ya, dalam kasus yang di Jombang ini kan kemudian melebar ke mana mana. Tapi itu konsekuensi dari berbagai isu yang menjadi sebagian isu publik," pungkasnya.

Detik.com
viniest
viniest memberi reputasi
14
3.8K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan