Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Bikin Kejutan, BMPT Terminator Muncul di Parade Militer 60 Tahun Kemerdekaan Algeria
Quote:


Dalam sebuah parade militer yang berlangsung pada 5 Juli 2022 untuk memperingati 60 tahun kemerdekaan Algeria, negara yang bertetangga dengan Maroko ini untuk pertama kalinya memperlihatkan BMPT Terminator buatan Rusia di hadapan publik. Menurut analis SIPRI (Stockholm International Peace Research Institute), Algeria memesan sekitar 120 BMPT Terminator Fire Support Vehicles kepada Rusia dan mulai dikirim pada tahun 2020 lalu.

Army Recognitionmengatakan jika BMPT Terminator Algeria terlihat sama dengan BMPT Model 2017 yang ditampilkan Rusia selama parade Hari Kemenangan Rusia pada tahun 2017. BMPT Model 2017 kini juga sudah ditugaskan dalam misi operasi militer khusus di Ukraina.

BMPT Terminator sendiri menggabungkan dua kemampuan berbeda dari varian kendaraan tempur, Terminator dirancang dengan memiliki mobility yang tinggi layaknya MBT (tank tempur utama) dan punya kemampuan menembak seperti IFV (kendaraan tempur infantri). Kendaraan tempur ini dikembangkan dari basis MBT T-72 dan dioperasikan oleh tiga orang kru yang terdiri dari komandan, penembak dan pengemudi. Saat ini Rusia telah mengembangkan dua varian yang terdiri dari BMPT Terminator 1 dan BMPT-72 Terminator 2.

Quote:


Pada varian BMPT Model 2017 milik Rusia memakai chassis tank T-72, tetapi menggunakan kubah (turret) senjata BMPT-72 Terminator 2. Persenjataanya terdiri dari 2 kanon 30 mm 2A42 dan satu senapan mesin 7.62 mm PKTM yang dipasang diantara kedua kanon tersebut. Di bagian samping masing-masing turret ada dua peluncur rudal able anti tank Ataka. Rudal ini punya jarak tembak maksimum 5.800 meter dan bisa dipasangi berbagai jenis warhead (hulu ledak) mulai dari tandem high explosive anti-tank, thermobaric dan continuous rod high explosive. Untuk persenjataan sekunder terdiri dari dua peluncur granat otomatis AG-17D kaliber 30 mm yang dipasang di setiap sisi di bagian depan lambung.

Terminator punya lapisan pelindung yang dirancang khusus untuk misi di area urban guna menangkal sengatan Rocket-Propelled Grenade atau short-range anti-tank guided missiles. Sistem proteksi pada Terminator diklaim lebih baik dibandingkan MBT era modern, yang terdiri dari proteksi aktif dan pasif serta additional armor yang dipasang ke lambung kendaraan. Kendaraan ini juga memiliki rangkaian perlindungan canggih yang melindungi kru dari amunisi anti tank.

BMPT Terminator ditenagai oleh mesin diesel multi-bahan bakar four-stroke B92C2 dengan pendingin cair dan supercharging, yang menghasilkan tenaga maksimal 1.000 hp serta memberi kendaraan rasio power to weight 21,2 hp/ton. Karena BMPT Terminator menggunakan chassis yang sama dengan tank tempur utama T-72. Maka kecepatan maksimum yang bisa diraih adalah 65 km/jam dengan daya jelajah maksimum 550 km.

Meski spesifikasi Terminator Algeria masih belum diketahui, kemungkinan spesifikasinya tidak jauh beda dengan Terminator Model 2017 Rusia. Dan terkait ketegangan dengan tetangganya (Maroko) selama setahun terakhir yang terus meningkat, kehadiran Terminator di depan publik Algeria bisa memancing tetangganya untuk mendapatakn senjata yang lebih canggih dari Barat. Serta membuat perlombaan senjata jangka panjang.

Quote:


Referensi Tulisan: Army Recognition
Sumber Foto: sudah tertera di atas
Diubah oleh si.matamalaikat 10-07-2022 06:39
jlamp
jlamp memberi reputasi
18
6.2K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan