masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Hobi Ribut Saat Organisasi? Ini Pentingnya Kekompakan Dalam Berorganisasi
Kenapa kekompakan dan solidaritas dalam berorganisasi itu penting untuk dilakukan?
Ini alasan pastinya


Organisasi, menurut istilah merupakan sebuah perkumpulan atau wadah bagi sekelompok orang yang bekerjasama dalam satu visi dan misi untuk tujuan tertentu.

Meskipun organisasi sendiri merupakan sebuah kata yang sudah cukup sering didengar atau bahkan ada beberapa dari Agan dan Sista yang ikut tergabung di dalam sebuah organisasi, tetapi ternyata masih banyak orang yang belum paham apa itu organisasi dan seringkali tidak paham dengan peran masing-masing anggota dalam berorganisasi.

Di dalam sebuah organisasi pasti akan selalu ada yang namanya pengurus keorganisasian. Pengurus keorganisasian sendiri bisa terdiri atas ketua, wakil, sekertaris, bendahara, dan seksi koordinator, yang semuanya memiliki tugas masing-masing pastinya dengan masih tujuan yang satu dan sama.

Membahas tentang organisasi, kemudian apakah penting sebuah kekompakan itu dipupuk antara satu anggota dengan anggota yang lain?
Jika memang perlu dan penting, apa sih tujuan serta alasannya?
Berikut ini sekilas tentang manfaat kekompakan dalam berorganisasi.




1. Membangun Solidaritas

Kekompakan di dalam berorganisasi akan membangun rasa solidaritas antar anggota kelompok keorganisasian.

Solidaritas sendiri sangat penting ada dan dipupuk di dalam berorganisasi karena jika sebuah kelompok antara satu anggota dengan anggota yang lain tidak memiliki rasa simpati dan empati, bisa saling menghormati pendapat dan masukan, maka organisasi hanya tidak lebih dari rumah tua yang rawan runtuh dengan penghuni yang tidak punya semangat membangun.

2. Terorganisir

Banyak organisasi yang tidak terorganisir karena antara satu anggota dengan anggota yang lain tidak kompak.

Masalah ini dapat terjadi dengan beberapa kemungkinan, mulai dari salah satu anggota yang merasa tidak dianggap, adanya anggota yang ingin menampakkan diri sendiri agar dihargai oleh anggota yang lain, dan ada pula anggota yang acuh tak acuh terhadap tujuan dari organisasi yang mereka ikuti.

Disinilah pentingnya kekompakan GanSis, dengan kekompakan maka semua anggota akan merasa dirangkul dan tidak merasa bahwa mereka tidak bermanfaat untuk organisasinya.

3. Terpecahkannya Masalah

Di dalam berorganisasi tentu tidak akan pernah luput dengan yang namanya permasalahan GanSis.

Permasalahan yang muncul dalam organisasi harus bisa diselesaikan dengan cara yang baik dengan musyawarah untuk mufakat.

Permusyawaratan pun hanya akan menjadi agenda adu mulut tanpa ada solusi jika antara anggota dalam organisasi tidak bisa kompak untuk menghormati pendapat dari temannya yang lain. Untuk dapat memecahkan masalah, kekompakan adalah salah satu kunci utama yang harus dipegang teguh oleh semua anggota keorganisasian.

4. Tercapainya Tujuan Besar

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dimana setiap organisasi pasti memiliki visi misi, maksut dan tujuan yang jelas.

Dalam mencapai sebuah tujuan besar akan sangat sulit jika semua anggota ingin menjadi kepala, dan tidak mau menjadi ekor atau ada ekor yang menolak arahan dari kepala.

Inilah pentingnya kekompakan, ibarat pimpinan organisasi adalah kepala, maka anggota adalah tubuh yang harus mengikuti arahan kepala pastinya atas kesepakatan bersama yang diambil sebelumnya. Saat semua dapat kompak dan sinkron dalam menjalankan peran masing-masing, maka tujuan besar sangat mudah untuk dicapai.



Itulah GanSis manfaat dan pentingnya kekompakan dalam berorganisasi yang wajib kalian ketahui.

Organisasi dapat dikatakan sebagai tempat GanSis merendahkan sifat individualis dan menekan egoisme diri, karena di dalam organisasi akan sangat banyak karakter orang yang pastinya juga akan banyak perbedaan pendapat meskipun tujuannya satu.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi kita semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
fathroni
fathroni memberi reputasi
6
2.6K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan