KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Saat Idul Adha Banyak Daging Di Rumah, Gunakan Cara Ini Untuk Mengawetkan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62c045313b664a6d2e0be201/saat-idul-adha-banyak-daging-di-rumah-gunakan-cara-ini-untuk-mengawetkan

Saat Idul Adha Banyak Daging Di Rumah, Gunakan Cara Ini Untuk Mengawetkan!


Saat Idul Adha Banyak Daging Di Rumah, Gunakan Cara Ini Untuk Mengawetkan!

Hai, hai Gansist! Ketemu lagi dengan thread aku, ya.
Eh, ngomong-ngomong udah mau idul adha ya, di tempatku jatuh di hari Sabtu tanggal 9 Juli 2022.

Hari raya idul adha, hari yang dinantikan para.kaum muslim. Selain salat id di lapangan, moment yang tak kalah menarik dan seru saat penyembelihan hewan kurban. Kalau di tempatku biasanya dilaksanakan di halaman atau sekitaran masjid. Siapa yang tahun ini bisa kurban? Keren

Membicarakan daging kurban, tentunya Gansist semua akan mendapat bagian. Dan apabila Gansist ikutan memberikan hewan kurban akan mendapat bagian bagi yang shahibul qurban dan untuk kambing adalah sampil kaki belakang.

Berhubung di saat lebaran idul adha akan mendapat bagian/jatah daging dari panitia di masjid. Bagi yang punya kulkas atau frezeer gampanglah untuk mengawetkan tinggal disimpan di dalamnya.

Nah berikut ini ada beberapa cara untuk mengawetkan daging sapi kurban agar bisa awet untuk beberapa hari ke depan. Mungkin Gansist bisa mempraktikkan.

1. Dendeng

Saat Idul Adha Banyak Daging Di Rumah, Gunakan Cara Ini Untuk Mengawetkan!

Cara yang pertama paling praktis Gansist, yakni dibikin dendeng. Ternyata cara bikin dendeng itu tidak sulit dan gampang malahan. Daging tinggal diiris tipis-tipis lalu dibaluri dengan bumbu-bumbu dan rempah. Selanjutnya di jemur sampai kering, ingat sampai kering betul ya Gansist biar awetnya lama. Setelah beneran kering lalu disimpan di tempat yang tertutup dan rapat, misal ditaruh di dalam toples.

2. Abon
Nah, untuk cara yang kedua yakni dengan dibikin abon. Pasti bukan hal asing lagi buat para sista dengan yang namanya abon sapi. Pertama-tama daging sapi direbus, kemudian disuwir-suwir sampai kecil. Selanjutnya digoreng dengan bumbu-bumbu. Kalau tidak ribet bisa kok Gansist nitip ke tukang bikin abon. Kalau di tempatku banyak yang penyedia bikin abon dadakan pas hari kurban kek gini. Biasanya hitungannya per kilo daging mentah. Kalau di daerah Gansist, biasanya upahnya berapa, ya?

3. Rendang

Saat Idul Adha Banyak Daging Di Rumah, Gunakan Cara Ini Untuk Mengawetkan!

Cara yang ketiga yakni dibikin rendang. Rendang makanan yang berasal dari Sumatera ini pernah dinobatkan menjadi makanan terenak, Gansist pasti pernah dengar. Bikin rendang pun tidak terlalu ribet. Daging sapi direbus ditambah dengan bumbu-bumbu khas serta tambah dengan santan lalu dimasak sampai matang dan menyusut airnya dan berminyak. Rendang ini bisa tahan lama dan awet bila cara menyimpannya tepat.

Nah itu tadi beberapa cara agar daging awet dan tahan lama bisa dikonsumsi secara berulang-ulang. Mungkin Gansist tertarik untuk mencoba karena dapat jatah daging kurban yang cukup melimpah, silakan mempraktikkan.

Sekian dari aku, bila ada kurangnya silakan ditambahkan dan apabila ada kesalahan mohon dimaafkan dan bila ada kelebihan biar aku edit. Sekian dari aku, selamat memasak daging kurban.


Referensi dan ilustrasi: dendeng , abon , rendang


profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Aku suka rendang
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Abon juga enak juga sih
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Quote:


Suka dendeng

Quote:


Belum bisa bikin
Quote:


Aku juga belum pernah bikin dendengemoticon-Sorry
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
dibikin rendang nih paling enaak gan.hehe.. tapi masaknya lumayan lama juga ya.. kalau di rumah ane biasanya dibuat bakso trus disimpan dalam freezer gan.
mau dong resep rendang yg poll rempahnya
Disimpen di freezer awet pakde. Pas mau masak masih beku bgt jd males masak. Balikin lagi ke freezer. Gitu seterusnya sampe satria baja hitam berubah jadi bima x
Makan dendeng malah belom pernah
Di bikin bakso.....nanti akan awet juga....
profile-picture
zharki memberi reputasi
Baru beli dendeng sapi online, tapi kagak enak karena kemanisan
Quote:

Mending disimoan daging cuma ditaruh freezer 🙏
Quote:


Maknyus
Quote:


Oh, iya. Kalau ditaruh freezer jgn lupa dibungkus kecil2, ntar masaknya tinggal ambil satu bungkus 2x, biar tidak keluar masuk freezer
Quote:


Sama, ane juga blm pernah
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Na cobain dah
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
memang masakan the best rendang jangan sampai di clam orng luar


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di