KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kenapa PNS Menjadi Profesi Idaman?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62c4f2901d75075f8754872d/kenapa-pns-menjadi-profesi-idaman

Kenapa PNS Menjadi Profesi Idaman?

Kenapa PNS Menjadi Profesi Idaman?

Cangkeman.net - PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau kini disebut juga sebagai ASN (Apartur Spili Negara) menjadi profesi yang diidamkan bagi banyak orang. Berdasarkan data BKN, pendaftar CPNS 2021 jumlahya mencapai 4 jutaan. Jumlah yang fantastis jika dibandingkan dengan kuota yang disediakan hanya puluhan yang diterima. Rupanya menjadi PNS masih menjadi idaman mertua saat ini. Setiap anak gadisnya yang dilamar oleh mereka yang mejabat status PNS, hampir 90% setuju. Anggapan bahwa masa depan anaknya terjamin dengan jabatan sang menantu yang PNS karena gajinya pasti setiap bulan menjadi hal yang aman bagi mereka.

Jika menilik ke puluhan tahun silam, sejatinya PNS bukanlah profesi yang memiliki gaji besar seperti saat ini. Hal ini saya dapatkan dari pengalaman kakek dan nenek saya yang bercerita jika jabatan PNS pada tahun 1960-an sampai ditawarkan karena minimnya peminat. Hingga pada tahun 1980-an PNS mulai menjadi pekerjaan yang menjanjikan karena mengalami kenaikan gaji yang siginifikan dan hari tuanya terjamin. Fenomena ini menjadi tolok ukur bagi orang-orang di masa itu agar anak-anaknya kelak menjaid PNS agar masa depannya cerah.

Jauh sebelum sistem seleksi CPNS transparan seperti saat ini, banyak oknum yang memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan gratifikasi dan korupsi besar-besaran. Hal ini mayoritas terjadi di daerah, meski kemungkinan ini juga terjadi di instansi pusat. Dengan memasang tarif hingga ratusan juta, SK (Surat Keputusan) CPNS akan berada di tangan. Tak heran jika kinerja PNS idnetik dengan malas karena mereka merasa membayar untuk menjadi PNS dan memilikirkan cara untuk mengembalikan modal yang telah mereka keluarkan. Budaya inilah yang mengakar sehingga kinerja PNS terkesan jelak karena orientasi mereka bukan pada sistem bekerja yang baik, melainkan berorientasi pada uang. Pada perjalanan mereka, banyak cara menggirukan, yakni dengan mencari celah untuk korupsi. Sekarang hadirnya PNS muda bisa merubah stigma yang sudah terlanjur negatif di masyarakat.

Seberapa sejahtera sih PNS hingga ada oknum yang melakukan berbagai cara agar lolos tes?
Jika melihat dari gaji pokok yang transparan dan diumumkan pada publik saat ini, tentu gaji PNS tergolong kecil jika disetarakan dengan gaji manager di perusahaan ternama. Namun hal yang tidak diketahui publik ialah tunjangan PNS yang bisa melibihi gaji pokoknya, bahkan hingga tiga kali lipat untuk instansi tertentu. Gaji dengan dua digit bukan tidak mungkin didapatkan jika kamu bekerja di instansi pusat dan segudang fasilitas lainnya.

Untuk ukuran sejahtera, juga tidak bisa disamaratakan. Gaji PNS di daerah dengan di pusat tentu berbeda. Semakin besar tunjangannya, biaya hidupnya semakin tinggi di kota besar. Perhitungan PNS yang dinilai masa bekerja juga menjadi penilaian. Semakin berumur, maka beriring dengan besarnya gaji. Sistem penilaian yang seperti ini menjadikan kinerja PNS sangat santai. Adminstrasi lengkap dan terpenuhi, kenaikan gaji siap diajukan!

Menjadi PNS seolah menjaid kasta tertinggi karena ritme kerjanya yang santai dan gaji yang menggiurkan. Tapi PNS juga tak bisa dipisahkan dari sistem kredit di Bank. Ketika SK (Surat Keputusan) diterima, mereka menjadi sasaran manis bagi para pegawai bank untuk menggadaikan SK mereka. Istilah yang seringkali mereka gunakan ialah "SK yang sekolah" yang terkadang sekolahnya sampai belasan tahun.

Jika menjumpai PNS dengan rumah mewah dan mobil mewah, percayalah ada dua hal di baliknya. Mereka memiliki bisnis sebagai pekerjaan sampingan atau skema kredit di Bank yang tergolong besar sehingga pendapatan mereka setiap bulannya berkurang. Apakah dengan fenomena ini mengurangi jumlah peminat PNS? Tentu saja idak, sebaliknya mereka malah ingin menjadi PNS karena mudahnya mengajukan agunan pada bank. Bank memberikan jaminan bukan tanpa alasan, gaji PNS yang tergolong aman setiap bulan menjadi hal baik bagi pihak Bank memberikan jaminan.

Sejatinya PNS menjadi profesi dengan kasta tertinggi karena keamanan dari segi gaji, kemudahan dan atribut yang mereka gunakan. Banyak yang berjuang demi status PNS. Ada dua faktor dalam hal ini, yakni:

1. Keamanan
Gaji PNS tetap stabil apapun yang terjadi. Apalagi dengan peraturan yang setiap tahunnya pasti memiliki kenaikan meskipun dalam bentuk yang tidak terlalu besar. Bahkan hingga purna bakti (pensiun) kehidupan mereka tetap terjamin dengan adanya uang pensiun yang setara dengan gaji ketika mereka bekerja. Ketika belum mencapai purna bakti karena meninggal, bahkan bisa diwariskan pada istri atau anak kandungnya selama masih memperoleh hak yang sama. Hal paling penting, tidak ada sistem PHK karena PNS sudah terjamin oleh negara kecuali melakukan hal yang di luar batas dan berlawanan dengan negara.

2. Kenyamanan
Pekerjaan PNS mayoritas berhubungan dengan adminsitrati. Bekerja di ruangan ber-AC, jam kerja yang tergolong santai bagi beberapa instansi. Meski ada beberapa instansi, khusunya pusat yang jam kerjanya juga hingga larut. Berbeda dengan di perusahaan yang menerapkan sistem target, di pemerintahan sistem deadline bisa dinegosiasi.

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya era digital, banyak pekerjaan yang sebenarnya dari segi gaji melebih PNS yang bekerja puluhan tahun. Memiliki cita-cita menjadi PNS ataupun tidak semua kembali ke pilihan hidup masing-masing. Karena profesi bukan tentang pandangan orang, melainkan perihal kenyamanan diri kita dalam menjalankannya dan melaksanakan pekerjaannya dengan sebaik-baiknya.


Tulisan ini ditulis oleh Erni Nur Kholiyani
profile-picture
provocator3301 memberi reputasi
Idaman untuk siapa? Disini PNS sudah jelek artinya emoticon-Ngakak
yang jelas santai, digaji, banyak waktu luangnya.
gw pernah magang di instansi pemerintah.
gw amati.
jam 8 lebih baru dateng, simpen tas. terus langsung berkeliling nyari temen ngobrol dan camilan keluar ruangan. duduk, buka laptop bentar. ternyata nonton youtube. terus ngobrol ngomongin rencana makan siang. makan siang jam 11, keluar pake mobil bareng2.
jam 2.30 baru sampe kantor lg, nunggu waktu pulang jam 4 sore.
begitulah.
entahlah
Yang jelas SK pengangkatannya bisa dise kolahin buat agunan pinjaman beli rumah..
Sekarang lagi jamannya ptkp eh apa ya namanya lupa. Itu lho mirip kayak pns tp sistem pegawai non pns. Bedanya klo PNS itu dapet pensiun sampai akhir hayat,klo yg ini tanpa pensiun tp uang jabatan dsbnya sama kecuali pensiun. Hehehehehe
Karena kalau pensiun masih dapat uang pensiun
Sampai 4 kali mencoba peruntungan menjadi PNS namun ternyata rejeki memang bukan disitu. PNS itu pekerjaan idaman dikarenakan kerjaanya katanya nyantai, gajinya gedhe dan nanti akan dapet uang pensiunan.
karena sektor industri belum pesat ,,,
dan kadang beberapa daerah pns merupakan pekerjaan idaman
tetapi jika di daerah industri ,, contoh saja ,,,
di kaltim banyak orang prefer jadi pekerja tambang atau di oil n gas ,, dari pada jadi pns , malah kadang di daerah timur pekerjaaan 2 prestisius itu jadi kader partai atau jadi anggota dewan ,dsbnya

sebenarnya pns pns ini kan masuknya saja kompetinsinya cukup tinggi ya artinaya beberapa kandidat pns ini punya kemampuan di atas rata 2 kecuali yang titipan ya hehehe

tapi kondisi kerja yang monoton dan minim improvisasi karena setiap bergerak perlu regulasi jadi ndak banyak guna kemampuan mereka
ujung 2 nya sifanya administratife aja ,,

dan kadang orang bilang gaji pns itu kecil ,, iya gajinya tapi take home pay nya lumayan
dan kadang menurut saya kadang over paid jika di lihat kerjaaanya cuma gitu gitu saja di bandingkan pekerja swasta yang sangat ditutut dari sisi produktifitas yang lebih terukur ,,
PNS itu ada 2 jenis. fungsional dan struktural. nah fungsional ini adalah pekerja lapanganya. yang struktural itu administrasi dan pejabatnya. klo untuk beban kerja sih fungsional lebih beresiko karena kerjanya di lapangan, ngrasain panas kotor,dll. apalagi fungsional di K/L. gag jarang pergi lama keluar kota bahkan pulau untuk supervisi lapangan. enak egagnya ya tergantung pribadi masing-masing yang merasakan. cuma klo fasilitas biasanya adalah untuk PNS yang ke luar kota. mulai dari penginapan, kendaraan dan uang saku harian.
Dimata orang lain mungkin terlihat nyaman dan enak. tapi belum tentu benar adanya. karena bnyak tekanan mental yang mungkin sering dirasain. bahkan sering berlawanan dengan hati nurani emoticon-Ngakak emoticon-Frown
Diubah oleh gagalproduk
3. Kebebasan
4. Kesantuyan
5. Keluyuran
emoticon-Cool


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di