Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
KF51 Phanter - Tank Generasi Terbaru dengan Kemampuan Plus-Plus
Quote:


Di era modern rasa pesimis akan kehandalan sosok tank tempur utama semakin menjadi-jadi, pasalnya saat konflik Rusia dan Ukraina banyak tank tempur utama (MBT) yang menjadi korban keganasan senjata anti tank yang dipanggul. Meski banyak orang yang mulai meragukan sosok tank, akan tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat para insinyur untuk merancang tank generasi baru.

Dari ajang pameran pertahanan Eurosatory yang berlangsung pada 13-17 Juni 2022 lalu kabar baik datang dari ranah tank tempur utama, pasalnya untuk pertama kali Rheinmetall memperlihatkan prototype tank generasi baru yang disebut sebagai KF51 Phanter. Meski disebut sebagai generasi baru, akan tetapi nuansa Leopard masih kental terasa pada desain Phanter.

Pada tank generasi baru ini pihak Rheinmetall mengedepankan otomatisasi tinggi pada Phanter, hal itu ditandai dengan penggunaan automated ammunition handling system untuk memuat amunusi secara otomatis. Konsep ini berlawanan dengan desain Barat konvensional yang masih memakai seorang loader manusia untuk memuat amunisi. Dengan begitu, Phanter kelak hanya akan diawaki tiga orang kru, terdiri dari pengemudi, penembak (gunner) dan komandan.

Quote:


Soal perlindungan, Panter bisa dibilang lengkap. Tank ini dilengkapi sensor on dan off-platform yang digabungkan dengan perlindungan aktif, reaktif dan pasif. Untuk mlindungi sergapan senjata anti tank yang biasanya mengincar posisi atap turret (kubah) tank, Phanter dibekali sistem perlindungan yang disebut sebagai TAPS (Top Attack Protection System).

Pada sisi persenjataan utama, tank ini akan punya daya gempur yang mematikan dengan dilengkapi meriam smoothbore Future Gun Systems (FGS) kaliber 130 mm dan didukung kemampuan memuat amunisi otomatis (autoloader) dengan 20 amunisi siap ditembakkan. Dibandingkan dengan meriam 120 mm, FGS meningkatkan 50% efektifitas jangkauan tembak dari Phanter.

Untuk senjata sekunder mengsung senapan mesin 12,7 mm yang dipasang secara coaxial, artinya senjata ini akan mengikuti pergerakan laras meriam. Untuk menghadapai serangan drone, Rheinmetall juga memasang remotely controlled weapon stations (RCWS) yang disebut Natter menggunakan senjata kaliber 7,62 mm sebagai opsi senjata tambahan.

Phanter juga dapat meluncurkan drone kamikaze (loitering munition) HERO 120 mm buatan Uvision, Israel. Integrasi loitering munition ini membuat Phanter bisa menyerang musuh diluar garis pandang langsung (line of sight). Semua senjata itu terhubung dengan optik milik komandan dan gunner serta fire control computer yang secara keseluruhan terintegrasi dengan sistem digital NATO Generic Vehicle Architecture (NGVA).

Quote:


Untuk melihat kondisi di luar, komandan dan gunner dilengkapi perangkat panoramic SEOSS optical sensor and EMES main combat aiming device, untuk mengamati situasi saat siang dan malam yang sudah terintegrasi dengan IR optik dan laser. Sensor ini juga memberikan pandangan 360° sepanjang waktu di sekitar operasi pertempuran. Didukung sistem pengintaian udara tak berawak yang terintegrasi, hal tersebut akan meningkatkan kesadaran situasional kru selama menjalankan misi.

Meski dikembangkan dari Leopard 2, Phanter memiliki bobot lebih ringan; yakni 59 ton saja. Sementara untuk jangkauan operasionalnya sekitar 500 km. Sejauh ini Rheinmetall belum merilis spesifikasi mesin dan dimensi dari tank baru ini. Dan dengan dilahirkannya tank generasi baru ini telah menandai evolusi tank yang begitu radikal, yang disebabkan oleh ancaman baru seperti MANPADS dan drone yang semakin mematikan.


Apakah evolusi radikal ini mampu menyelamatkan masa depan tank ???



Referensi Tulisan: Rheinmetall& Army Recognition
Sumber Foto: sudah tertera di atas
Diubah oleh si.matamalaikat 07-07-2022 12:52
gabener.edan
gabener.edan memberi reputasi
10
4.5K
40
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan