pang5biruAvatar border
TS
pang5biru
Masihkah Kita Peduli Dan Iba Kepada Mereka??
Dijaman yang serba sulit seperti saat ini,mencari uang adalah perkara yang lumayan membuat pening. Apalagi bagi yang tidak mempunyai skil tertentu yang bisa dimanfaatkan untuk mencari cuan.

Melihat masyarakat kita yang mudah menaruh iba pada sesuatu,peluang itu pun dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mencari rupiah dengan cara-cara yang menurut ane kurang patut.
Munculah hiburandisaat kita sedang menunggu lampu merah,mulai dari manusia silver yang sedang marak,pengamen dengan alat musik alakadarnya, pengemis dengan menggendong bayi, bahkan tak jarang ane temui anak-anak yang dengan sengaja disuruh mengemis sedangkan orang tuanya menungguinya dari kejauhan. Atau bahkan pengemis yang dengan menaiki sepeda motor yg diparkir didekat trafict light tempat mereka beroperasi. Pada akhirnya segala usaha pun dilakukan, tak terkecuali pekerjaan mengemis untuk mendapatkan uang mudah dengan hasil yang lumayan daripada pekerjaan lain yang menguras tenaga.







Bermodalkan pakaian lusuh yang sudah dipersiapkan dari rumah, masker atau topi untuk menyamarkan identitas,mereka siap beraksi. Bahkan manusia silver rela melumasi sekujur tubuhnya dengan cat yang mungkin bisa membahayakan kesehatan mereka sendiri.



Ane pikir orang-orang yang meminta-minta adalah orang yang (maaf) miskin dan perlu dikasihani/dibantu dengan menyisihkan sedikit rezeki kita dengan harapan sedikit membantu mereka membeli makananan dan
meringankan kebutuhan mereka sehari-hari.

Dari mereka yang terjaring razia pemerintah, kebanyakan mereka masih berusia produktif. Dari anak-anak,remaja belasan tahun sampai dengan usia dewasa yang masih bisa berusaha bekerja apa saja selain menipurasa iba dari orang lain. Dan yang membuat sedikit rasa tercengang, uang hasil dari mengemis/mengamen mereka pergunakan dengan tidak selayaknya orang yang tidak mampu. Mulai dari untuk membayar arisan, membayar kredit kendaraan bermotor sampai dengan membeli obat-obatan terlarang.



Merasa salut hormat kepada mereka yang berusia renta ataupun yang kurang beruntung mendapatkan pekerjaan yang layak, penyandang disabilitas tetapi masih mau berusaha untuk mencari nafkah dengan terhormat. Bahkan anak-anak yang rela berjualan demi membantu ekonomi keluarganya tanpa meminta belas kasihan dari orang lain.





Memang urusan bersedekah adalah hak pribadi masing-masing. Tetapi ane rasa perlu adanya ikut andil peran serta dari kita untuk menyelamatkan generasi muda untuk tidak mempunyai mental mengemis dengan tidak memberikan mereka uang.
Alangkah lebih bijak jika kita ingin membantu,dengan membeli dagangan mereka yang berjualan. Bahkan ada kalanya justru mereka-mereka yang berjualan, pantang untuk hanya menerima uang tanpa memberikan dagangan mereka kepada kita.


Opini pribadi
Pict google & jepretan pribadi
Sumber: SUMUR 1

Diubah oleh pang5biru 05-07-2022 05:35
knoopy
knoopy memberi reputasi
6
3.4K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan