mamadthepunkAvatar border
TS
mamadthepunk
4 Negara Ini Bisa 'Menggigil' Kalau Nggak Dapat Gas Rusia
Rusia mulai menghentikan suplai gas alamnya ke beberapa negara. Dalam beberapa minggu ke belakang, Gazprom, perusahaan gas milik Rusia, berhenti mengirimkan gas ke negara-negara pelanggannya.
Vladimir Putin sebelumnya telah mengancam akan menyetop pasokan gas ke negara yang diangap tidak bersahabat. Dikutip dari The Guardian, Sabtu, (2/7/2022), Gazprom telah menghentikan pasokan di saluran gas alam Eropa, Nord Stream sebesar 60%.

Bila Rusia merealisasikan ancamannya, banyak negara di Eropa bakal kesulitan. Negara-negara tersebut sangat bergantung kepada pasokan gas Rusia.

Rencana penghentian pasokan gas alam Rusia berdekatan dengan musim dingin. The Guardian menyebut jika Eropa bakal kesulitan sumber gas pengganti, sebab Rusia merupakan penyuplai 40% gas Eropa.

1. Jerman
Dikutip dari Reuters, Rusia merupakan supplier gas alam utama Rusia. Jerman mengimpor sekitar 142 miliar kubik meter gas Rusia pada tahun 2021.

Ketergantungan Jerman akan gas Rusia meningkat seterlah pemerintah mulai mengurangi pembangkit listrik nuklir di negaranya dan menghapus penggunaan batu bara. Hasilnya, Jerman hanya menggunakan gas dan energi terbarukan sebagai alternatifnya.

Selain itu, banyak rumah di Jerman menggunakan gas untuk penghangat ruangan. Sektor manufaktur Jerman menjadi salah satu yang terbesar di Eropa, dengan konsumsi bahan bakar yang tinggi.

Penghematan yang dilakukan Jerman tampaknya sulit memenuhi kebutuhan gas yang selama ini dipasok Rusia. Mencari sumber alternatif dalam jangka waktu pendek juga sulit diwujudkan.

2. Polandia
Berdasarkan data dari Eurostats, Rusia memenuhi kebutuhan gas alam Polandia sekitar 45%. Artinya hampir setengah dari pasokan gas di negaranya didapat dari Rusia.

Meskipun tidak setinggi negara-negara eropa lainnya, namun Polandia menjadi negara yang secara politik dan milt mendukung posisi Ukraina. Sementara putin menyebut akan melakukan balas dendam ke negara-negara yang tidak bersahabat.

3. Bulgaria
Melansir The Guardian, Bulgaria sangat rapuh terhadap ketergantungan gasnya dari Rusia. Diperkirakan negara itu mengimpor sekitar 73% gas alam dari Rusia.

Hubungan Rusia dan Bulgaria sedang memanas akhir-akhir ini. Terbaru, duta besar Rusia untuk Bulgaria meminta moskow mengusir duta besar Bulgaria di negaranya.

Namun, Bulgaria memiliki pipa cadangan yang terhubung dengan Yunani, yang rencananya datang pada akhir tahun ini. Ini menjadi sinyal jika Bulgaria sedang mencari cadangan sumber gas dari negara lain.

4. Austria
Mengutip dari Oreanda, Menteri Energi Austria Leonore Gewessler mengatakan, negaranya sedang berada dalam posisi menegangkan. Pasalnya, pasokan gas di Austria masih jauh dari target yang dipasang.

Pasokan gas di Austia untuk persiapan musim dingin baru terisi sekitar 44,7%, jauh dari target sekitar 80%. "Rusia memanfaatkan suplai energi sebagai senjata," kata Gewessler.

Menurut Gewessler, Austria akan mencari alternatif lain dari Israel mulai 2023. Ia pun mengatakan negaranya menyiapkan skenario terkait penyetopan suplai gas Rusia.

https://finance.detik.com/energi/d-6...-gas-rusia/amp
jerryreality850
jerryreality850 memberi reputasi
1
1.1K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan