Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gabutbangetAvatar border
TS
gabutbanget
Waduk Pacal, Solusi Melepas Penat Bersama Keluarga di Bojonegoro

sumber gambar wisatakotabojonegoro.wordpress.com

Gabutbanget.net-Kabupaten yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah ini memang tak perlu diragukan kembali soal kekayaan Sumber Daya Alamnya. Salah satu Sumber Daya Alam tersebut yakni minyak dan gas bumi yang menjadikan Bojonegoro mempunyai julukan sebagai 'Kota Migas'. Tentunya kabupaten yang berbatasan langsung dengan Blora, Tuban, Nganjuk dan Ngawi ini juga dikaruniai suguhan panorama alam yang tidak kalah dengan daerah lainnya di Indonesia.

Selain Negeri Diatas Angin, terdapat bendungan yang memiliki segi sisi sejarah sangat tinggi. Bendungan itu bernama Waduk Pacal yang bisa Anda nikmati sebagai salah satu pilihan wisata keluarga di akhir pekan. 

Ketika mengunjungi Waduk Pacal dijamin perjalanan menuju ke lokasi akan sangat menyegarkan mata, sebab sepanjang perjalanannya Anda akan disuguhi pemandangan hutan jati baik di sisi kanan maupun kiri jalan, rute jalan berliku, serta tebing yang menjulang ke atas. 

Aktivitas yang bisa dilakukan

Memang patut diakui bahwa keindahan alam di sekitar Waduk Pacal membuatnya tak hanya sekedar tempat penampungan air belaka. Pepohonan yang rindang disertai bukit-bukit disekelilingnya menjadikan lokasi ini kian ciamik.

Disini Anda bisa menikmatinya sambil berkeliling waduk dengan cara menyewa perahu. Kalau mempunyai hobi memancing tempat ini juga sangat cocok, selain kedua aktivitas tersebut, Anda bisa menikmatinya dengan cara camping bersama keluarga sambil menikmati hamparan air dan banguan dam peninggalan dari masa kolonial Belanda di tahun 1933.

Di Waduk Pacal pula, setiap bulan Oktober berbarengan dengan hari jadi Kabupaten Bojonegoro diadakan acara ritual Larung Sengkolo serta Jamasan Waranggono Tayub. Hal ini tentunya bisa dijadikan hiburan gratis serta belajar terkait sejarah dan budaya yang ada di Bumi Angling Dharma ini. Waduk Pacal sendiri memiliki luas sekitar 3,878 kilometer persegi dan kedalaman mencapai 25 kilometer. Saat memutuskan berlibur di Waduk Pacal, Anda dapat membeli oleh-oleh souvenir batik khas Bojonegoro, yakni Batik Jonegoroan yang bertempat di Desa Jono yang tidak terlalu jauh dari Waduk Pacal.

Meski menyuguhkan panorama alam dan bangunan peninggalan Belanda yang menarik untuk dikunjungi, disarankan bagi Anda untuk mengunjunginya tidak disaat puncak musim kemarau sebab debit air-nya berkurang. Lalu gunakanlah topi sebagai pelindung dari panasnya terik matahari, serta bekal makanan untuk disantap di lokasi.

Lokasi

Waduk Pacal berlokasi di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Cara termudah untuk menuju kesana adalah bergabung dengan rombongan tour, menyewa kendaraan, atau menggunakan kendaraan pribadi. Dari pusat Kota Bojonegoro berjarak 35 kilometer atau estimasi waktu perjalaan sekitar satu jam saja.

Tarif masuk ke lokasi wisata ini dijamin tidak bakal menguras kantong Anda, cukup membayar Rp. 5000.- sudah bisa menikmatinya dengan puas. Setiap weekend dan hari-hari libur lainya, Waduk Pacal selalu ramai dikunjungi wisatawan. Para wisatawan memilihnya karena dirasa sangat nyaman.


Baca artikel lainnya di gabutbanget.net
0
1.5K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan