Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anggriyanaputraAvatar border
TS
anggriyanaputra
Nahloh, Nggak Cuma Bel Minyak Goreng Sekarang yang Pakai Aplikasi, Pertalite Juga?
Nahloh, Nggak Cuma Bel Minyak Goreng Sekarang yang Pakai Aplikasi, Pertalite Juga?
Ribet, mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan kebijakan tersebut. bagaimana tidak, sekarang pemerintah merencanakan penggunaan aplikasi My Pertamina sebagai syarat untuk membeli bahan bakar minyak pertalite dan solar bersubsidi. Wacana ini digalangkan guna agar penyaluran bahan bakar minyak subsidi dapat tepat sasaran katanya. 

Adapun pemerintah masih mewacanakan penggunaan dan menyiapkan petunjuk teknis penggunaan aplikasi My Pertamina. Anggota komite BPH migas Saleh Abdurahman penggunaan aplikasi di masyarakat untuk pembelian pertalite sekarang sudah dalam tahap uji coba. 

Tapi pada akhirnya penggunaan aplikasi My Pertamina tidak sepenuhnya mulus diterapkan di masyarakat sekarang. Masih ditemukan beberapa kendala di lapangan, Seperti jaringan internet yang kurang memadai di daerah pelosok dan masyarakat yang tidak memiliki ponsel masih menjadi kendala dalam penerapan wacana ini. 

Dibilang aplikasi My Pertamina dapat membantu BPH Migas untuk mendata dan membatasi pembelian pertalite maupun solar. BPH Migas memastikan berdasar data yang sudah terdata di My Pertamina merupakan masyarakat yang berhak untuk mendapatkan bahan bakar minyak bersubsidi. tapi yakin nggak malah menimbulkan masalah baru? 

Pengamat Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada, Fahmi Radhy menilai, pengaturan subsidi agar lebih tepat sasaran memang perlu dilakukan. Namun penggunaan aplikasi untuk membeli bahan bakar minyak dinilai akan menimbulkan masalah baru

Mungkin kebijakan pembelian bahan bakar bersubsidi dapat lebih disederhanakan demi tercapainya pemerataan pendistribusian. Contoh hanya kendaraan tertentu saja yang dapat membeli pertalite, seperti kendaraan umum atau roda dua saja yang berhak membeli pertalite. 

Cara ini dinilai lebih efisien untuk membatasi pembelian pertalite agar lebih tepat sasaran kepada yang berhak. 

Nahloh, Nggak Cuma Bel Minyak Goreng Sekarang yang Pakai Aplikasi, Pertalite Juga?

Bensin pengganti premium ini sekarang memang lagi menjadi sorotan, pasca naiknya bahan bakar pertamax, secara tidak langsung membuat masyarakat mulai beralih ke si ijo ini. ya mungkin niat pemerintah agar pendistribusian pertalite bisa tepat sasaran makanya perlu pendataan dan pembatasan buat pembelian pertalite. 

Berangkat dari masalah tersebut, disebabkan kurang meratanya pembelian pertalite maka keluarlah IDE CANGGIH pembelian bahan bakar minyak menggunakan aplikasi My Pertamina. Sebenarnya tidak hanya pertalite, solar juga termasuk ke dalam skema ini. 

Semoga saja apapun kebijakan yang diambil pemerintah bisa lebih mengedepankan kepentingan masyarakat, bukan malah mempersulit masyarakat. 

Sumber Referensi: 
1 dan 2

Sumber Gambar : 
1 dan 2


Diubah oleh anggriyanaputra 27-06-2022 11:44
ariemail
ariemail memberi reputasi
1
892
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan