Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Instalaza CS70 - Senjata Anti Tank Terbaru yang Punya Bobot Lebih Ringan
Quote:


Di kalangan pasukan infantri TNI AD dan Kopasgat TNI AU, nama senjata anti tank Instalaza cukup tenar namanya. Sebelum mengoperasikan Javelin dan NLAW, mereka telah mengoperasikan Instalaza C90. Senjata anti tank ringan dengan kaliber 90 mm yang dapat dikombinasikan dengan memVN38-C night vision ini dapat menghajar target bergerak pada jarak 300 meter. C90 kondang sebagai senhata disposable alias sekali pakai, artinya peluncur roket akan dibuang setelah proses penembakan. Sementara alat bidik optiknya masih bisa digunakam lagi. Untuk bobotnya hanya 6,5 kg saja. Meski begitu juga ada varian reuseableyang bisa digunakan kembali.

Dan kabar terbaru dari manufaktur asal Spanyol dalam ajang Eurosatory yang digelar pada 13-17 Juni 2022 lalu, pasalnya mereka memperkenalkan senjata anti tank baru dengan kaliber 72 mm yang disebut sebagai CS70. Meski menyandang nama CS70, akan tetapi kaliber senjata ini adalah 72 mm; sesuatu hal yang sedikit menyesatkan. Senjaata ini termasuk golongan disposable atau sekali pakai.

Senjata ini punya bobot lebih ringan (tanpa amunis) sekitar 5,5 kg. Instalaza merancang CS70 sesuai permintaan pasukan khusus Spanyol yang mengingnkan senjata anti tank yang lebih ringan. Kaliber 72 mm tersebut dilengkapi hulu ledak shaped-charge yang mampu menembus ketebalan 270 mm pada lapisan baja rolled homogeneous armour.

Quote:


CS70 sudah dirancang khusus untuk ditembakkan dari ruang terbatas seperti dari dalam gedung dan palka kendaraan, dan dari semua posisi. Fitur teknis ini menawarkan keuntungan untuk menggunakan roket dalam skenario CQB (Close-quarters combat), situasi taktis yang melibatkan pertarungan fisik dengan senjata yang dalam jarak yang cukup dekat.

Di sisi lain CS70 dibekali alat bidik folding 2x pembesaran day sight yang sama seperti yang digunakan pada C90, dengan begitu tidak diperlukan pelatihan ulang untuk menggunakan CS70. Sementara perangkat night vision juga sama persis dengan yang dipakai C90. Untuk jarak tembak maksimum pada point target pun lagi-lagi sama dengan C90, yakni 350 meter. Bisa dibilang CS70 ini adalah versi lightdari C90, karena secara keseluruhan desainnya hampir serupa dan tidak banyak perubahan.

Instalaza juga berencana memasang pencitraan termal dari night vision systems yang disebut VN-IR, perangkat ini menyediakan bidang pandang 11,7º x 8,8º. Pemasangan perangkat night vision ini akan menambah berat sebesar 900 gram pada CS70. Perangkat night vision juga tidak dibuang setelah proses penembakan, dan masih bisa digunakan lagi. Instalaza CS 70 saat ini masih dalam tahap pengembangan, dan baru tersedia di pasar ekspor pada tahun 2023.

Meskipun beberapa Kaskuser tidak menyukai konsep senjata anti tank disposable, sebenarnya konsep senjata sekali buang ini cukup digemari pasukan yang bertugas karena bobotnya yang ringan. Juga senjata disposable tidak akan menjadi beban bagi pasukan, karena pasukan dituntut harus terus bergerak. Sehingga dengan membawa beban yang ringan akan menjadi sebuah keuntungan.

Quote:




Referensi Tulisan: imstalaza.com& edrmagazine.eu
Sumber Foto dan Ilustrasi: sudah tertera di atas
cor7
cor7 memberi reputasi
13
3.7K
32
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan