KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kontroversi Wisuda Anak Sekolah, Generasi 90-an Tahunya Acara Perpisahan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62afde4909c5fe0c4d31db82/kontroversi-wisuda-anak-sekolah-generasi-90-an-tahunya-acara-perpisahan

Kontroversi Wisuda Anak Sekolah, Generasi 90-an Tahunya Acara Perpisahan

Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 7
iya ya aneh ada wisuda segala

dulu perpisahan
paling suru bayar 50 ribu itung itung buat makanan & dekor

sama bawa kado buat tuker kado minimal isinya 20 ribu

as simple as that
baju sih seragam aja sama topi sekolah

Wah ada neng Ririn Dwi Aryanti, tuh anaknya atau sodaranya ya?
wisuda udah gak ada sakralnya sekarang, dulu sarjana aja jarang hehe
Menurut saya, wisuda SD, SMP, SMA masih make sense. Tapi wisuda TK saya tidak bisa terima. Kenapa?? Karena TK sejatinya bukan sekolah, dan TK tidak pernah jadi bagian dari sistem pendidikan formal. Buktinya gak pernah ada istilah "lulus TK" atau "tamat TK" dalam sensus. Mereka yang "lulus TK" tapi tidak lulus SD secara sensus atau statistik ya digolongkan "tidak sekolah".

TK itu hanya sebatas pengenalan atau sosialisasi sebelum anak2 masuk "sekolah". Itulah makanya sebenarnya TK gak boleh ngajar calistung. Itu harusnya jatah SD. Tapi entah kenapa kok sekarang calistung udah diajarkan di TK. Bahkan sudah ada ujian masuk SD. Kesannya guru2 SD kelas 1 gak mau repot ngajar lagi. Atau memang kurikulum kita yang terburu buru. Entahlah.

Maka menurut saya tidak perlu ada wisuda TK, karena tidak ada yang namanya "lulus TK". Tidak ada puncak penentu kelulusan dari seseanak itu menamatkan TK, kecuali emang waktunya sudah habis (1-2 tahun). Kalau SD, SMP dan SMA kan puncak / penentu kelulusannya ada ujian akhir. S1 ada skripsi. S2 ada tesis. S3 ada disertasi. TK?? Mana ada.
emang wisuda sma pake toga?
emoticon-Bingung
Menurut gue ini cuma akal2an sekolah aja biar dapat cuan. emoticon-Big Grin
profile-picture
BANNED.USER memberi reputasi
kalo bisa dibuat wisuda tiap semester, biar makin kenceng pemasukan ke sekolah/ yayasan

lulus 2000an

Ane juga lulus 2000an awal, saat itu namanya bukan wisuda tapi Purnawiyata kalau gak salah ingat. acaranya khidmat,formal pakai pakaian hitam putih sepatu seperti sales. acara simbolis ditandai dengan melepas topi SMA oleh kepala sekolah kepada dua orang perwakilan cwo/cwek.penghargaan murid berprestasi,selayang padang sekolah,dll. kemudian diikuti penyerahan surat tanda lulus,album kenangan,dll kepada seluruh siswa. cuma semakin kesini namanya menjadi wisuda dan proses atau pernak pernik pun sudah 90% wisuda sarjana.

secara pribadi ane kurang setuju cara seperti itu, silahkan dibuat khidmat seperti wisuda sarjana, tapi pernak-pernik seprti toga dll kalau bisa ditinggalkan. jadi istilah wisuda dan pernak perniknya hanya milik Sarjana.
profile-picture
johny2wong memberi reputasi
Penting atau enggak bebasin aja, yang mau dan mampu bayar silahkan ikut, yang nggak berminat nggak usah dipaksa. Kayak aku dulu, lagi sakit dipaksa suruh bayar ikut wisuda emoticon-Ngakak
umumnya itu semua diawali ide wali murid yg pengin wah, kemudian di acc dan diadopsi oleh pihak sekolah cz ini juga menguntungkan pihak sekolah dan pihak tertentu. emoticon-Shutup
dulu waktu TK ane juga wisuda tuh emoticon-Betty
Knp ga bs kaya dulu lg..hidup lbh simple
Taunya udah selesai kuliah aja ada wisuda
profile-picture
abdulx memberi reputasi
Gw ud wisuda 2 kali, itu juga karena gw kuliah, baru tau skrg sekolah ngadain wisuda juga emoticon-Ngakak gw pas sekolah sma acara perpisahan pake pakaian jas, biar ada kesannya, itu juga ga ada acara wisuda dsb emoticon-Ngakak
Nggak penting sama sekali.
emoticon-Traveller
Gajelas, wisuda itu kan buat anak kuliah.

Sekolah dibuat2 aja ini buat nyari tambahan.
dulu kalo bilang wisuda gagah bgt.. tp skarang musti nanya dulu wisuda sd smp sma apa sarjana..emoticon-Cape d...
Sistem pembelajaran timur kok mau ngikutin barat, di US kenapa highschool ada wisuda karena lulus dari sana mereka udah dapet gelar diploma, makanya kebanyakan highschool di US disebut juga "campus", kalo disini istilahnya SMK yang harusnya lulus udah ada gelar karena emang fokus penjurusan.
dulu wisuda auranya sakral, sekarang TK aja wisuda emoticon-Ngakak
wisuda buat mh.siswaemoticon-Malu
pepisahan anak sd
Halaman 3 dari 7


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di