mimitamAvatar border
TS
mimitam
Waspada Modus Nakal Sedot WC
Agan-agan yang punya rencana sedot WC sebaiknya hati-hati.
Sekarang ini banyak iklan sedot WC yang bertebaran mulai dari stiker di pagar, pohon, hingga on line, termasuk di Kaskus.

Modus yang dipakai biasanya adalah dengan memberi harga murah dan bersaing saat dikonfirmasi lewat telepon sehingga calon pengguna jasa tertarik. Berdasarkan pengalaman ane n tmn2, kisaran harga yang ditawarkan adalah 250 – 350 ribu. Tapi, kalau tidak teliti, bisa2 kita diminta biaya hingga 600 ribu – 800 ribu. Lho, kok bisa??

Jadi, modus sedoter ini adalah dengan cara langsung menyedot septictank, bahkan jika tidak dicegah, bisa-bisa dengan cara yang merusak struktur penutup septictank (biasanya dengan membuat lubang sedot dengan linggis). Kalau ini terjadi, maka biaya yang harus dikeluarkan konsumen bisa lebih besar lagi untuk menutup lubang tersebut.

Setelah menyedot beberapa waktu, para sedoter tsb kemudian berpura-pura menganalisa septictank kita. Intinya adalah bahwa septictank tsb tidak bisa disedot bersih atau tuntas kecuali jika dilakukan treatment tambahan. Misalnya, sedoter bilang bahwa limbahnya sudah mengeras sehingga harus diaduk dengan metode khusus, atau dihembus dengan tekanan tinggi, atau harus digali manual dan diangkut dengan karung, atau metode2 lain yang terkesan sulit dilakukan. Untuk itu, sedoter minta tambahan biaya yang besarnya jauh berkali lipat lebih mahal. Padahal, setelah saran “profesional” tsb dituruti, ternyata tidak ada treatment tambahan yang dilakukan. Alasan mereka paling mudah adalah dengan mengatakan bahwa sudah dilakukan tapi kebetulan konsumen tidak melihat.

Pada tahap ini, konsumen seperti tidak punya pilihan lagi kecuali menuruti saran profesional tadi dengan sedikit keringanan harga di luar harga resmi berdasarkan kebijakan sedoter. Kalau tidak diikuti alias menolak sarannya, penyedotan septictank tidak dilanjutkan dan konsumen tetap dikenai biaya sesuai harga saat ditelepon awal.

Untuk menghindari hal ini, saran ane adalah:
Pastikan dulu harga jasa sedot TOTAL (beberapa sedoter ada yang nembak uang transport ketika penyedotan selesai dilakukan).
Tanyakan dengan jelas detil pengerjaannya termasuk treatment apa yang mungkin dilakukan sebagai tambahan jika memang dibutuhkan termasuk kemungkinan konsekuensi biaya tambahannya.
2726usr
yuki26
zoohunts
zoohunts dan 4 lainnya memberi reputasi
5
57.7K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan