merkurius778Avatar border
TS
merkurius778
Tanda-tanda penuaan dini
Sumber kompas Seiring dengan bertambahnya usia, proses internal tubuh, mulai dari pergantian sel kulit hingga pemulihan olahraga, akan melambat dan butuh waktu lebih lama untuk diselesaikan.

Kondisi ini menyisakan ruang untuk tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan kulit kusam. Tanda penuaan tersebut mungkin muncul lebih awal dan disebut penuaan dini.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah penyebab dan tanda-tanda penuaan dini yang penting diketahui.

Penyebab penuaan dini
Ada beberapa faktor yang dapat memberikan efek langsung terhadap kulit dan menyebabkan penuaan dini, yakni sebagai berikut:

1. Merokok

Racun dalam asap rokok membuat kulit terkena stres oksidatif. Ini menyebabkan kulit kering, kerutan, dan tanda penuaan dini lainnya.



2. Paparan sinar matahari

Paparan sinar Matahari yang menembus kulit dengan sinar UV akan merusak DNA dalam sel kulit hingga mengakibatkan munculnya tanda-tanda penuaan dini.

3. Genetik

Sindrom Werner memengaruhi 1 dari 1 juta orang di dunia. Sindrom ini menyebabkan kulit keriput, rambut berubah, dan kebotakan di usia 13 hingga 30 tahun.

Kemudian, ada Sindrom Hutchinson-Gilford yang memengaruhi 1 dari 8 juta bayi. Kondisi menyebabkan tubuh kurus dan kebotakan.

4. Kebiasaan tidur

Sebuah studi kecil menunjukkan bahwa kualitas tidur yang buruk terkait dengan peningkatan tanda-tanda penuaan dan fungsi penghalang kulit yang berkurang.

5. Pola makan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang tinggi gula dan karbohidrat olahan dapat merusak kulit dari waktu ke waktu.

6. Lingkungan

Bintik hitam dan kerutan di kulit dapat dipicu atau diperparah oleh kondisi lingkungan yang tercemar.

Kulit bersentuhan langsung dengan udara di sekitar sehingga penghalang kult menjadi sasaran racun dan polutan di lingkungan.

Proses penuaan bisa berbeda bagi setiap orang, namun terdapat tanda-tanda penuaan yang dianggap “prematur” jika muncul di usia 35 tahun.

1. Kulit kering
Kulit kering atau gatal terjadi karena kulit yang menipis sehingga lebih rentan mengalami dehidrasi. Ketika mendekati usia 40 tahun, kulit menjadi lebih kering dan lebih mudah mengelupas.

2. Kerutan atau kendur

Ketika memasuki usia 30 tahun, produksi kolagen diperlambat. Padahal, kolagen adalah protein yang membantu menjaga kekencangan dan elastisitas kult.

Baca juga Beberapa tips mencegah penuaan dini
0
1.1K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan