KOMUNITAS
Pengumuman! Kuy Ikutan Survey Feedback Kaskuser, Isi di Sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pokoknya Jangan Lakukan, Sikat Gigi Langsung Berkumur (Ini Akibatnya!)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62a9a40161c3bf648155766c/pokoknya-jangan-lakukan-sikat-gigi-langsung-berkumur-ini-akibatnya

Pokoknya Jangan Lakukan, Sikat Gigi Langsung Berkumur (Ini Akibatnya!)

Pokoknya Jangan Lakukan, Sikat Gigi Langsung Berkumur (Ini Akibatnya!)

Sejak kemarin teman kerja saya Arman (nama samaran) tidak masuk kerja karena sakit gigi, teman satu ruangan yang biasanya paling berisik kemarin lusa mulai mengeluh kalau giginya sakit akibat banyak karangnya. Dan pagi tadi dia WA ke saya kalau dia hari ini mau absen kerja.

"Bro, bilang boss sama Vita (manajer), gw absen dulu yak, gigi gw sakit banget nih.. sedari semalem gak bisa tidur. Pagi ini gw mau ke dokter gigi." Begitulah kira-kira isi WA si Arman. Dan siangnya saya coba menghubungi dengan maksud mencari kabar terakhirnya.

"Sumpah bro, gw baru tahu ternyata berkumur lama-lama malah gak bagus ya, buat gigi," kata Arman menjawab video call saya.

"Lo kan yang gw tahu setiap istirahat makan siang atau ngemil selalu sikat gigi, aneh aja rasanya.. gigi sebersih elo malah sakit (gigi)," kata saya.

Arman pun menjelaskan berdasarkan nasehat yang dia terima dari dokter tentang hubungan berkumur setelah sikat gigi. "Lo, jangan tiru cara gw lah, bro," kata Arman mewanti-wanti kepada saya.

"Bukannya setelah sikat terus berkumur makin bersih, kan menghilangkan kotoran disela gigi yang gak terjangkau bulu sikat?, kata saya balik bertanya (korban iklan, hehe).

Pokoknya Jangan Lakukan, Sikat Gigi Langsung Berkumur (Ini Akibatnya!)

"Gini bro, menurut dokter bukan tidak boleh berkumur samasekali, ya tapi tidak boleh dilakukan terlalu lama gak boleh lebih dari 30 detik, cukup 1x saja apalagi berulang kali setelah sikat gigi, karena akan menghilangkan kandungan pasta giginya."

"Maksudnya gimana, bro," tanya saya lagi

"Nih, ya dipasta gigi itukan ada yang namanya Fluor. Nah, fluor ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan gigi, manfaatnya itu untuk mencegah karies atau gigi jadi berlubang. Jadi kalau kumur lama setelah sikat gigi malah merugikan kesehatan gigi."

Pokoknya Jangan Lakukan, Sikat Gigi Langsung Berkumur (Ini Akibatnya!)

Akhirnya saya baru mengerti dan paham maksud Arman. Setiap hari di kantor Aman memang sering sikat gigi lalu berkumur-kumur sampai berulang kali dan sudah dilakukan cukup lama. Putih dan rapih, sih memang giginya.

Ternyata yang seharusnya fluor melapisi bagian terluar gigi malah terbuang sia-sia terbawa oleh air kumur. Gigi jadi tidak memiliki 'tameng' untuk mencegah gigi berlubang. Padahal niatnya Arman kepingin giginya benar-benar bersih malah memberi celah kepada kuman untuk mudah masuk lebih jauh kebagian dalam gusi, terlebih hobinya sering ngemil dan ngopi. Wew, jangan ditiru kebiasaan si Arman ini ya, gan.


Pokoknya Jangan Lakukan, Sikat Gigi Langsung Berkumur (Ini Akibatnya!)

Sebuah opini
Ref. Arman Ns (rekan kerja)
Img. Gugel


Pokoknya Jangan Lakukan, Sikat Gigi Langsung Berkumur (Ini Akibatnya!)
Pokoknya Jangan Lakukan, Sikat Gigi Langsung Berkumur (Ini Akibatnya!)
Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
emineminna dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 3
Pokoknya Jangan Lakukan, Sikat Gigi Langsung Berkumur (Ini Akibatnya!)

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:






...
profile-picture
profile-picture
pakedongotak dan provocator3301 memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Ada listerin
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pingin tahu rasanya...
Pokoknya Jangan Lakukan, Sikat Gigi Langsung Berkumur (Ini Akibatnya!)
Diubah oleh provocator3301
Berarti bener yg selama enih dilakuin sama si @nasgorbasi... Dia sikat gigi 90 menit, kumur2 dikit, trus telan...
emoticon-Cool
Pokoknya Jangan Lakukan, Sikat Gigi Langsung Berkumur (Ini Akibatnya!)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Skyland999 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 26 balasan
Gueee sikat gigi berkali kali
.bisa sampe 3kali.
Gatau udah kebiasaan.
Tapi kan gabole .
Nnti merusak email gigi.

Dan gue jarang sih kumur kumur gitu.
Apalagi pake Listerine. Atau obat kumur lainnya
Cukup pake psta gigi ajaa.
Dan gue selalu pake Pepsodent Dari jaman kecil

Btw gigi gue dulu pas kecil.
Rapih.
Kecil kecil.
Eh udah tanggal. Jadi gede gede.

..
Btw mauu ilangin karang gigi mahal ya
profile-picture
profile-picture
cahlenong dan iskrim memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
gigi ane berkarang gan. mana ga bisa dilepas lagi. wkwkwk
profile-picture
profile-picture
cahlenong dan iskrim memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
'Berkumur sekali saja' sudah dianjurkan lewat jingle iklan pepsodent tahun 1990an
Sikat gigi langsung setelah makan jg ada yang bilang ga bagus

Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Rajin bener emoticon-Matabelo
Wahh...baru tau ane
Sangat bermanfaat gan. Tp emang kalo kumur sekali itu rasa pasta giginya masih terasa. Mgkn itu yg ingin dihilangkan dgn berkumur lbh lama.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Gitu yak
Kunyahlah pasta gigi selama semenit. Setelah itu barulah berkumur.
Gue kalo kumurannya kaga bersih waktu pagi2, terus gue minum atau makan sesuatu pasti langsung sakit perut bre.
Ya namanya sabun kan emg bukan untuk di telan..
Jadi mending bolong2 dikit deh tinggal tambel, dari pada badan yg kena.

btw nemu di thread sebelah..

Pasta gigi terdiri dari zat friksi (gesekan), detergen, dan pengharum tiga bagian. Pada umumnya mengandung fosfat, calcium karbonat, dan magnesium karbonat dan zat kimia lain. Sedangkan pasta gigi yang mengandung berbagai macam zat khusus terus saja bermunculan. Walaupun zat khusus tersebut berkhasiat antibiotik, membersihkan gigi atau mencegah karies gigi dan lain-lain. Namun akibatnya tersisanya zat-zat tersebut dalam mulut karena kita kurang bersih berkumur, akan merangsang mukosa (selaput) rongga mulut, bahkan dapat membasmi bakteri normal di mulut, menimbulkan penyakit baru. Selain itu, sisa pasta gigi juga mudah ditelan bersama air liur maupun makanan ke dalam tubuh kita. Lambat laun mungkin akan menimbulkan radang lambung, usus, dan penyakit lokal lain.
profile-picture
profile-picture
jlamp dan iskrim memberi reputasi
Diubah oleh M2Rsmi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
waduh, thanks gan infonya.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Trimakasih infonya gan..sangat membantu.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Kalo ane, hbs gosok gigi trs diemin bentar, 10-15 detikan. Baru kumur2 sampai ga berasa pasta giginya. Biar bagaimana pun, pasta gigi ada bahan kimia. Kalo tertelan sedikit2 selama bertahun2, pasti ada efeknya ditubuh.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
baru tau gan klo kumur terlalu lama bisa jadi masalah
profile-picture
iskrim memberi reputasi
informatif gan, ane selama ini jg lama tuh kumur kumurnya
profile-picture
profile-picture
ayam.suwir dan iskrim memberi reputasi
cabut aja giginya, biasanya di lobang giginya ada nanahnya dan bau busuk
soalnya gue pernah cabut gigi kayak gitu
gokil emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di