Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

auliakahasiwiAvatar border
TS
auliakahasiwi
Ritual Perawatan Wajah Sebelum Tidur


(foto: pexels/@breakingpics)


Malam hari merupakan waktu di mana tubuh akan melakukan proses regenerasi, termasuk kulit. Pada malam hari, sel kulit akan memperbaiki diri dan memproduksi sel baru melalui proses pembelahan sel lapisan kulit. Maka dari itu kita harus melakukan perawatan wajah di malam hari agar proses regenerasi akan lebih cepat dan sehat.
Berikut ini adalah ritual perawatan yang dapat Anda lakukan di malam hari:
 
1. Lakukan double cleansing
Sebelum tidur, pastikan wajah Anda dalam keadaan bersih. Jika Anda tidur dengan keadaan wajah kotor atau masih mengenakan riasan, pori-pori akan tersumbat oleh kotoran dan akhirnya menimbulkan masalah pada wajah seperti jerawat, bruntusan, komedo, hingga wajah kusam.

Biasakan untuk selalu melakukan double cleansing sebelum tidur karena mencuci wajah dengan air saja tidak cukup untuk mengangkat kotoran yang menempel pada wajah. Proses double cleansing juga efektif membuat wajah lebih lembut dan terhidrasi, sehingga kesehatan kulit wajah lebih terjaga.

Pertama, bersihkan riasan dan kotoran pada wajah terlebih dahulu dengan produk first cleanser seperti milk cleanser, make-up remover, micellar water, balm cleanser, atau produk pembersih lainnya. Kemudian cuci wajah dengan facial wash ataufacial foam untuk membersihkan residu riasan dan kotoran yang masih tertinggal di wajah. Ketika sedang melakukan pembersihan, pijat lembut wajah Anda dengan gerakan memutar untuk mengeluarkan semua minyak dan kotoran yang tertinggal di pori-pori.
 
2. Gunakan toner
Meskipun masih sering disepelekan, namun toner memiliki peran yang penting dalam rangkaian perawatan wajah. Toner berfungsi untuk menenangkan, menghaluskan, dan mempersiapkan kulit wajah agar lebih siap menerima perawatan wajah selanjutnya. Selain itu, toner merupakan tahap akhir dalam proses pembersihan wajah karena dapat mengangkat minyak dan kotoran yang tertinggal. Toner juga dapat mengencangkan pori-pori sehingga kulit terasa lebih segar dan bersih.

Pilihlah toner yang sesuai dengan jenis kulit Anda, seperti untuk kulit berminyak, berjerawat, kering, atau sensitif. Gunakan toner setelah mencuci wajah, diamkan wajah selama sekitar 30 detik agar toner benar-benar menyerap. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan rangkaian perawatan kulit lainnya.
 
3. Rutin pakai masker
Masker wajah yang dilakukan secara rutin minimal seminggu sekali dapat membantu merawat wajah agar tetap halus dan kencang. Selain itu, menggunakan masker juga dapat merelaksasi wajah setelah beraktivitas seharian, membuat wajah tampak lebih cerah, mencegah penuaan dini, mendetoksifikasi racun, dan merawat wajah dari masalah kulit seperti jerawat dan komedo.

Saat ini ada banyak jenis masker yang beredar di pasaran, yang paling eksis adalah clay mask dan sheet mask. Clay mask yang berbahan dasar tanah liat disukai khususnya oleh orang yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat, karena efektif untuk membersihkan wajah secara mendalam, mengeringkan jerawat, dan mendetoksifikasi racun. Sedangkan sheet mask digemari karena praktis untuk digunakan dan dapat menghidrasi kulit.

Anda juga bisa menggunakan bahan alami sebagai masker. Ada beberapa bahan yang dipercaya dapat memberi banyak manfaat bagi wajah, seperti lemon, susu, madu, minyak zaitun, dan tomat. Dengan masker berbahan alami, Anda dapat merawat kulit dengan lebih aman.
 
4. Eksfoliasi wajah
Anda merasa wajah kusam dan kasar meskipun sudah dibersihkan? Mungkin eksfoliasi dapat menjadi solusinya. Eksfoliasi dapat mengikis sel kulit mati yang menutup pori-pori dan menghambat penyerapan perawatan wajah, sehingga perawatan wajah tak bisa bekerja secara maksimal. Lakukan eksfoliasi secara rutin yaitu 1-2 kali seminggu. Dengan begitu, wajah terbebas dari sel kulit mati sehingga wajah akan lebih bersih dan segar.
 
5. Perawatan mata dan bibir
Mata dan bibir menjadi bagian wajah yang perlu diperhatikan secara khusus. Jika dibandingkan dengan area wajah lainnya, kulit sekitar mata lebih tipis dan sensitif. Area ini juga tak memiliki kelenjar minyak dan tidak berkeringat, sehingga rentan dehidrasi. Hasilnya, garis halus dan tanda penuaan lain lebih mudah muncul di area tersebut. Gunakan krim mata yang kaya akan antioksidan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi serta mengurangi kerutan, lingkaran hitam, dan tanda penuaan lainnya.

Perawatan bibir juga tak kalah penting. Ketika tidur, tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga bibir lebih kering keesokan paginya. Bibir yang kering dan pecah-pecah tentu tak akan terlihat bagus, maka dari itu gunakan pelembab bibir di malam hari agar bibir tetap lembab saat tidur. Anda juga bisa melakukan eksfoliasi bibir untuk mengangkat sel kulit mati pada bibir sehingga bibir tetap lembut dan halus.
 
6. Aplikasikan moisturizer
Kulit yang terlalu kering dapat meningkatkan sensitivitas kulit, sehingga kulit lebih cepat keriput dan kehilangan elastisitasnya. Maka dari itu, penting untuk menjaga kulit agar tetap lembab dalam segala kondisi, termasuk saat kita tidur. Apalagi ketika tidur kandungan air pada kulit akan hilang hingga 25% sehingga dapat mengakibatkan kulit dehidrasi.
 


Sumber: Berita Gaya Hidup cnnindonesia.com

tata604
tata604 memberi reputasi
1
2K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan