wahyuafif023552Avatar border
TS
wahyuafif023552
Penyesuaian Atas Kesalahan Aktiva Tetap
Wahyu Afif Syafi’i
Sri Dewi Wahyundaru
Akuntansi FE Unissula


Aktiva tetap di RS merupakan kekayaan berwujud yang dimiliki dan digunakan untuk menunjang aktivitas operasional RS, serta tidak di maksudkan untuk diperjual belikan. Aktiva tetap memiliki masa manfaat lebih dari satu tahun & biasanya nilainya sangat material. Dalam laporan keuangan, nilai aktiva tetap dapat dilihat dalam laporan posisi keuangan (neraca).

Penyajian aktiva tetap di neraca tidak akan lepas dari kesalahan pencatatan. Kesalahan pencatatan aktiva tetap akan berpengaruh terhadap nilai aktiva tetap & nilai akumulasi penyusutannya (di neraca) serta nilai biaya penyusutan (di laporan laba rugi/laporan operasional). Kesalahan dalam pencatatan tersebut dapat mempengaruhi laporan keuangan secara keseluruhan.


Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kesalahan pencatatan nilai aktiva. Kesalahan tersebut dapat terjadi karena faktor kesalahan prosedur pembelian yang menyebabkan tidak tercatatnya aktiva tetap, ketidaktelitian SDM, atau yang lainnya. Untuk itu perlu melakukan inventarisasi fisik secara periodik, tandai atau beri barcode pada setiap aset dengan tepat, gunakan sistem pencatatan aktiva tetap yang terintegrasi. Selain aktiva tetap yang tidak tercatat, kesalahan lain dapat berupa duplicate entry, kesalahan identifikasi umur ekonomis aktiva tetap, dll.

Setiap kesalahan pencatatan aktiva tetap yang terjadi, harus dilakukan penyesuaian. Hal ini dilakukan untuk menjaga validitas laporan keuangan, di mana laporan yang tersaji sesuai dengan yang sebenarnya. Sehingga laporan keuangan dapat digunakan oleh para pihak yang membutuhkan, dan dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Berikut adalah beberapa kesalahan pencatatan aktiva tetap yang sangat mungkin terjadi & penyesuaian yang diperlukan (jurnal) untuk memperbaiki kesalahan tersebut;

Aktiva tetap tidak tercatat

Aktiva tetap yang tidak tercatat dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti :
Saat pembelian tidak masuk dalam akuntansi.
Saat inventarisasi fisik ditemukan aktiva tetap yang belum tercatat.
Duplicate entry

Hal ini dapat terjadi karena kesamaan nama aktiva tetap, SDM yang kurang paham dalam mengidentifikasi aktiva tetap, kesalahan komunikasi, dll.

Apabila hal ini sudah terjadi lama, namun aktiva tetap masih memiliki masa manfaat, maka perlu dilakukan pencatatan jurnal penyesuaian


Dalam hal ini, kesalahan pada aktiva tetap yang bernilai kecil, dampaknya tidak akan terlalu besar, namun apabila nilainya besar, maka sangat berpengaruh terhadap biaya dan laba RS.



Daftar Pustaka
https://mvpjogja.com/penyesuaian-ata...-aktiva-tetap/
0
285
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan