cintadineAvatar border
TS
cintadine
Alasan Kenapa Rakyat +62 Sangat Kepo Tanya Agama Artis di Google


Pernahkah agan cari tahu informasi artis idola agan atau siapa saja tokoh publik di Google? Pastilah ada saran atau suggestion yang muncul setelah nama tokoh publik lublik tersebut dan yang paling sering dan hampir selalu ada adalah kata "agama". Perlu diketahui kalau word suggestion di Google muncul berdasarkan seringnya para pencari informasi tersebut di Google. Semisal kita mengetikan kata kunci "Cara masak nasi goreng..."maka akan muncul sugestion seperti seperti kampung. Berarti banyak orang yang ingin tahu cara masak nasi goreng kampung.

Nah, berarti banyak orang Indonesia yang begitu keponya dengan urusan agama orang lain dan bahkan kepada orang tidak dikenal entah itu artis, atlet, atau tokoh publik lainnya. Kenapa sih, kita kepo dengan urusan agama orang yang sifatnya privasi dan urusan pribadi masing-masing? Apakah ketika ternyata tokoh itu tidak seagama dengannya, maka lantas tidak jadi suka dan tidak jadi mengidolakan?

Kepo kepada agama seseorang ini bukan hanya tokoh publik lokal yang menjadi sasarannya, bahkan para idola Kpop pun ditanya-tanya soal agamanya. Hal ini pernah disinggung oleh komedian Ernest Prakasa tentang kenapa orang Indonesia begitu kepo dengan urusan agama orang yang belum dikenal. Jawaban singkatnya adalah orang yang kepo dengan agama ini akan senang dan mendapatkan kepuasan jika artis tersebut satu agama dengannya. Itu saja.









Heboh Pindah Agama


Bukan hanya itu, hal berbau agama lainnya akan menjadi topik yang ramai di saat ada seorang tokoh publik memutuskan untuk pindah agama. Baik kaum agama yang ditinggalkan dan digabungi akan sama-sama hebohnya, seolah telah terjadi perpindahan atau transfer pemain sepakbola.

Namun, jika ada orang yang dari agama minoritas berubah ke agama mayoritas maka akan dipandang positif dan sebaliknya jika yang pindah ke agama minoritas akan dipandang negatif. Padahal, sekali lagi urusan pindah agama itu urusan pribadi dan herannya yang lain malah ikut heboh kepanasan.

Selain itu, jika ada berita atau video yang berjudul "10 Artis Indonesia yang putuskan pindah agama" maka jutaan orang akan melihat berita itu dan ada yang menghujat artis yang sudah pindah agama.

Oh iya, ketika Maudy Ayunda menikah dengan pria berdara Korea Selatan, netizen yang maha pintar dan maha jenius lalu menghakimi kalau pria yang bernama Jesse Choi itu jadi mualaf hanya karena nikahlah, karena itulah. Terserah mereka lah bambang, itu hidup mereka, bukan hidup lu. Repot bener. emoticon-Ngakak (S).

Adakalanya Bertanya Tentang Agama


Meski agama itu hal yang bersifat pribadi dan privasi setiap orang, namun bukan berarti kita tak boleh bertanya agama seseorang. Tapi syaratnya adalah orang yang sudah saling kenal, tujuannya agar tidak salah paham. Misalnya agan beragama Islam dan punya teman baru di dunia kerja, kemudian agan ingin mengajak temat tersebut beribadah sholat Jum'at, ada baiknya tanya dulu agamanya apa kalau memang belum tahu sama sekali tentang agamanya, kan akan jadi nggak enak kalau teman agan itu ternyata seorang Katolik atau Kristen.

Artinya, bertanya agama karena sudah ada fungsi dan urgensinya bukan karena kepo apalagi sampai jadi tidak suka dan kecewa karena orang tersebut tidak seagama dengan kita.

Nah, gan. Menurut agan kenapa masyarakat kita begitu kepo dengan agama orang lain terutama kepada para tokoh publik atau artis? emoticon-Ngakak

Referensi
Diubah oleh cintadine 02-06-2022 12:28
maleo.pejuang
emineminna
ovihan19477
ovihan19477 dan 6 lainnya memberi reputasi
5
3.2K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan