dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
PDSI Klaim Dapat Dukungan KKI, Diposisikan Setara IDI
PDSI Klaim Dapat Dukungan KKI, Diposisikan Setara IDI


Audiensi PDSI dengan Konsil Kedokteran Indonesia. PDSI mengklaim organisasi mereka setara dengan IDI. (Foto: Dok PDSI)

Jakarta - Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) mengklaim organisasi mereka setara Ikatan Dokter Indonesia (IDI). PDSI menyebut sudah melakukan audiensi dengan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) pada Selasa (24/5/2022).

Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang kini ikut menjadi pengurus sebagai Dewan Pelindung PDSI turut hadir dalam audiensi tersebut. PDSI mengklaim Ketua KKI dr Putu Moda Arsana Sp.PD-KEMD, FINASIM menyambut baik kehadiran mereka yang memiliki visi misi mendorong inovasi anak bangsa dan bersaing secara global.

Ucapan selamat juga disampaikan dr Putu, disebut mendukung kehadiran PDSI yang disebut sah dan legal menurut Undang-Undang. Namun, tidak disebutkan UU apa yang dimaksud.

"KKI juga mengakui PDSI sebagai organisasi profesi kedokteran yang setara dengan IDI," demikian klaim dalam keterangan tertulis PDSI yang diterima detikcom Sabtu (28/5/2022).

Dalam rilis yang diterima detikcom, juga tidak dijelaskan siapa yang mengungkap pernyataan tersebut, dan makna di balik 'setara' dengan IDI. Jika mengacu pada UU Praktik Kedokteran No 29 Tahun 2004, organisasi profesi dokter satu-satunya yang diakui adalah IDI dan POGI yakni dokter gigi.

Seperti diketahui, aturan dalam UU Praktik Kedokteran itu otomatis menetapkan hanya IDI yang bisa memberikan rekomendasi izin praktik. Sementara, organisasi profesi dokter lainnya tidak memiliki wewenang tersebut.


Hal ini juga diutarakan Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia Adib Khumaidi beberapa waktu lalu. Berdirinya IDI juga diperkuat putusan Mahkamah Konstitusi No 10/PUU-XV/2017.

"Bahwa munculnya perkumpulan dokter itu bukan hanya PDSI, dari dulu juga sudah ada. Ada perkumpulan dokter NU ada perhimpunan dokter yang besar-besar. Dalam konteks itu sebagai ormas seperti hal yang lainnya, bahwa bicara demokrasi, maka kita tidak bisa melarang," beber dr Adib dalam konferensi pers, Kamis (19/5/2022).

"Tapi pada saat kita bicara ada kewenangan sebagai organisasi profesi, itu kemudian yang membedakan IDI dengan ormas yang lain. Walaupun itu menyebut sebagai rumah dokter," tandasnya.

https://health.detik.com/berita-deti...kan-setara-idi
anrg
Kancek24
Kancek24 dan anrg memberi reputasi
0
716
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan