Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

oraikAvatar border
TS
oraik
Pengalaman Lengkap Pengajuan Rumah dengan KPR (Mengandung Tips dan Trik)
Spoiler for DISCLAIMER!:


Setelah saya menikah (akan saya ceritakan juga dilain waktu), kebutuhan primer pertama yang saya ingin penuhi adalah memiliki rumah sendiri. Setelah menikah kami tinggal di kontrakan yang telah dihuni oleh istri sebelum kami menikah. Simak Proses pencarian rumah kami sampai akad berikut ini.




Spoiler for 1. Pemahaman Kondisi Keuangan dan Kehidupan:


Proses pemahaman kondisi keuangan dan kehidupan pribadi bagi saya pribadi dapat berjalan dengan singkat karena kondisi sudah berkeluarga dan sama-sama bekerja. Untuk teman-teman yang memiliki kondisi belum berkeluarga dan masih ada kemungkinan berpindah tempat kerja dapat menyesuaikan. Tips dari saya adalah yakinkan diri terlebih dahulu tujuan membeli rumah dan tujuan hidup serta karir selanjutnya. Seperti ini rinciannya:

1. Karir: Jika sudah yakin akan berkarir disuatu lokasi atau kota dalam jangka waktu lama, artinya kamu sudah bisa merencanakan membeli hunian.

2. Kehidupan: Hal ini berkaitan dengan pasangan dan anak-anak nantinya. Jika kamu belum menikah, kamu harus yakin dahulu setelah kamu menikah nanti kamu tidak akan berpindah tempat tinggal. Begitu juga jika kamu sudah memiliki keturunan nantinya.

Spoiler for 2. Pencarian Rumah: Survey Digital:


Dalam mencari rumah, biarkan diri teman-teman terpapar sebanyak-banyaknya terhadap informasi perumaha. Jika ada iklan perumahan muncul di Instagram, langsung follow dan DM untuk meminta informasi lengkap mengenai perumahan tersebut. Proses ini biarkan berjalan selama mungkin sambil tetap mengumpulkan data perumahan tersebut di Excel untuk dievaluasi. Parameter untuk jadi pertimbangan evaluasi boleh disesuaikan. 

Kami sendiri membuat parameter evaluasi yang lumayan longgar karena ingin survey lapangan dan menambah parameter evaluasi setelah survey lapangan.

Spoiler for 3. Pencarian Rumah: Survey Lokasi:


Setelah Survey lokasi melihat langsung kondisi perumahan dan bertanya langsung ke marketing perumahan, parameter evaluasi tambahan yang kami dapatkan adalah:

1. Akses ke lokasi : Kondisi fisik jalan dan jumlah kendaraan yang lalu lalang. Kalau kondisi jalan terlalu jelek ataupun terlalu macet akan langsung kami coret dari daftar.

2. Kondisi lingkungan Perumahan: Kami menginginkan kondisi yang agak sepi dan jauh dari keramaian, jika lokasi pasar ataupun keramaian lain terlalu dekat langsung langsung dicoret dari daftar.

3. Kondisi terkini perumahan: Jika perumahan masih berupa tanah kosong kami tidak mau mengambil resiko perumahan tersebut tidak laku terjual yang mengakibatkan perumahannya jadi sangat sepi nantinya.

4. Kondisi rumah yang telah jadi: Kualitas bangunan dapat dilihat dari unit yang telah ready, bisa ditanyakan juga unit mana yang awal-awal dibangun, jika kondisinya sudah jelek artinya kualitas bangunannya jelek dan langsung dicoret dari daftar.

5. Tujuan pembeli rumah lainnya: Jika tujuan calon tetanggamu hanya untuk investasi, langsung coret karena akan besar kemungkinan banyak rumah kosong di perumahanmu nantinya.

6. Pembiayaan: Perumahan sekarang banyak yang menyediakan DP 0% dan bebas biaya-biaya yang sangat membantu kita, jika kondisinya tidak seperti itu langsung kami coret karena kami tidak punya uang untuk itu. Pilihan Bank juga menjadi pertimbangan, jika perumahannya hanya bekerjasama dengan satu-dua Bank swasta yang tidak besar bisa jadi masalah nantinya.

7. Fasilitas perumahan: Kami mencari rumah cluster yang setidaknya aman dengan satu pintu masuk dan penjagaan security. Karena kami berdua merupakan perantauan dari pulau lain, hal ini yang dapat menjaga dari warga sekitar yang kami belum tahu kondisinya.

Survey lokasi juga akan mendapatkan banyak masukkan lainnya bagi teman-teman.

Spoiler for 4. Masa Galau (Patut Dihindari):


Kesalahan kami yang tidak boleh dilakukan teman-teman adalah semua proses ini harus dilakukan dan ditentukan secepatnya karena iklan perumahan senin harga naik itu bukan bualan belaka. Jadi tentukan pilihanmu secepatnya.

Pastikan juga term conditions nya, seperti kondisi saya yang harus menunggu sertifikat rumahnya dipecah terlebih dahulu.

Spoiler for 5. Akhirnya Akad:


Akad dilakukan oleh istri dengan didampingi oleh saya karena kondisi Istri yang sudah dilantik jadi PNS sedangkan saya belum. Saya juga ikut menandatangani banyak dokumen dan menghabiskan waktu lama untuk membaca segala sesuatunya. Tanyakan segala sesuatu yang tidak dimengerti dan pastikan segala janji-janji marketing perumahannya di realisasikan dalam dokumen resmi tersebut. Pastikan segala asuransi dan lain-lain sudah tersedia.

Perkembangan proses rumah akan kami update disini.

Spoiler for Sedikit mengenai pandangan terhadap KPR dalam Islam:

 
Dan ini kondisi rumah dan KPR yang kami Pilih
Spoiler for Pilihan Kami /:D/:



Jika thread ini bermanfaat, minta emoticon-Toast nya dong gan.

Jika ada pertanyaan silahkan kita berdiskusi dibawah.

Kritik dan saran juga dipersilahkan.

Terimakasih waktunya dan silahkan melanjutkan kegiatan teman teman semua.
emoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller

Sedikit Polling silahkan diisi

jlamp
natunabelitung
PirateKing
PirateKing dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.9K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan