dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Epidemiolog Sebut Cacar Monyet Berpotensi Besar Masuk Indonesia
Senin, 23 Mei 2022 11:31 WIB
Epidemiolog Sebut Cacar Monyet Berpotensi Besar Masuk Indonesia



Foto: Getty Images/iStockphoto/ktsimage

Jakarta - Negara tetangga Indonesia, Australia melaporkan kasus diduga cacar monyet pada pria yang baru saja melakukan perjalanan ke Eropa. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hingga Sabtu (21/5) mencatat 12 negara melaporkan kasus cacar monyet di luar Afrika, terbanyak di Spanyol, Inggris, hingga Portugal.

Pakar epidemiologi Dicky Budiman dari Universitas Griffith Australia menilai kemungkinan cacar monyet mewabah di Indonesia sangat besar. Mengingat Indonesia juga membuka perjalanan ke Eropa hingga Afrika.

"Tidak perlu panik, tetapi waspada penting. Bicara potensi masuk Indonesia jelas ada dan cukup besar ya potensinya, mengingat masa inkubasinya yang bisa lama sampai 3 mingguan sehingga potensi dia membawa virus tanpa disadari tentu besar," beber Dicky saat dihubungi detikcom Senin (23/5/2022).

Di sisi lain, Indonesia disebut Dicky memiliki reservoir binatang yang juga muncul di Afrika. Karenanya, risiko cacar monyet dilaporkan di Indonesia tak bisa dipungkiri.

Dicky mengimbau pemerintah untuk terus mengupayakan surveilans atau deteksi dini, belajar dari pandemi COVID-19.

"Kita belajar banyak dari pandemi COVID-19 yang antara lain memberi pesan kita harus perkuat surveilans di pintu masuk negara hingga di komunitas," pesan dia.

"Dengan cara skrining, dengan misalnya kita tahu ada faktor penyakit yang berpotensi wabah menjadi potensi public health crisis itu ada dalam list WHO, salah satunya adalah monkeypox ini," jelas Dicky.


Maka dari itu, pemerintah ditekankan Dicky seharusnya mengetahui daerah mana saja yang masuk fase endemi pada wabah cacar monyet. Hal ini penting untuk memaksimalkan upaya mitigasi atau pencegahan dengan memantau pelaku perjalanan dari negara kedatangan endemi cacar monyet.

Misalnya, apakah pelaku perjalanan sudah divaksinasi cacar monyet dan setidaknya tidak memiliki kontak erat, apalagi gejala.

Adapun negara-negara yang menjadi endemi cacar monyet menurut WHO adalah Benin, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo, Gabon, Ghana (teridentifikasi pada hewan saja), Pantai Gading, Liberia, Nigeria, Republik Kongo, Sierra Leone, dan Sudan Selatan.

https://health.detik.com/berita-deti...asuk-indonesia


3 wabah dlm setahun (covid, hepatitis, cacar) emoticon-Takut

meooong
meooong memberi reputasi
1
729
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan