only.5Avatar border
TS
only.5
10 FAKTA geografi dunia yang MENGEJUTKAN
Hai agan dan sista kaskuser semua. Mohon maaf sebesar-besarnya aku lama gak posting. Maklum, ane ada ujian sama proyek kuliah. Jadi karena ngebut kerjanya, jadi gak sempet posting. Tapi ane akan berusaha untuk posting lebih sering. Ehehehe. 

Hari ini ane mau membahas tentang beberapa fakta di dunia yang pernah aku baca dari enciclopedia dan sampai saat ini aku paling merasa kagum banget. Tapi kadang buku enciclopedia itu tergantung bedasarkan tahun. Setiap tahun, perusahaan Britannica selalu menerbitkan yang baru. Tapi yah seperti biasa, saya hanya mahasiswa dan pekerja sambilan. Jadi aku palingan bacanya lewat epub atau PDF reader ajah. Eheheh. Untung jaman sekarang banyak yang baik untuk membagikan. 

Oke, langsung ajah. Taukah anda bahwa anda dapat menemukan diri anda di 4 tempat berbeda sekaligus atau bermain sepak bola di belahan bumi yang berbeda? Dan juga ada loh, titik lokasi di belahan dunia dimana tidak ada orang sama sekali bisa menemukan kamu. Sekarang aku akan ngebahas tentang 10 fakta geografi di dunia. Saya harap buat kamu-kamu yang gak suka geografi, akan terkagum akan fakta ini.
 
*Kali ini saya akan menghitung mundur. Kan seru juga sekali-kali yg nomer 1, jadi terakhir gitu.



10. Tim sepak bola bisa bermain melawan satu sama lain di belahan bumi yang berbeda


Illustrasi daru The UI Junkie

Letaknya di Brazil - Estadio Milton Correa, sebuah stadium bernama Zerao(dalam bahasa portuguese yang berarti “NOL besar”). Alasannya adalah karena stadium ini terletak pas di garis khatulistiwa, sehingga kedua tim yang sedang bermain bertanding mempertahankan 2 belahan bumi yang berbeda.


9.Point Nemo, adalah titik paling menantang untuk dicapai di dunia


Illustrasi dari The Sun

Secara detilnya, Point Nemo adalah titik dataran paling jauh di samudera pacific. Tempat ini dikenal sebagai tiang aksesibilitas  karena daratan yang terdekat saja, sejauh 2,687KM (1670 mil). Titik ini dinamai sesuai nama pelaut kapal selam terkenal dari ‘Kapten Nemo Jules Verne’ yang di angkat dari buku 20.000 Leagues Under the Sea. 


8.Anda bisa berada di 4 negara bagian sekaligus


Illustrasi dari Conde Nast Traveler

Four cornersadalah wilayah tempat ARIZONA, UTAH, COLORADO, dan NEW MEXICO bertemu. Dengan demikian, anda bisa berada di 4 bagian negara sekaligus. emoticon-Smilie


7. Pagar Dingo di Australia lebih panjang dari perbatasan China-Russia

Illustrasi dari Wikipedia

Illustrasi dari Wikipedia

Pasa abad ke-19, peternakan domba merupakan sektor bagian paling penting bagi perekonomian di Australia. Pada tahun 1990-an, peternakan memutuskan untuk membagi pagar yang dapat melindungi kawasan domba dari Dingo. Pagar Dingoini panjangnya 5612.192 KM (3488 Mil) sedangkan perbatasan China-Russia panjangnya 5612.192 KM (2615 Mil).


6. Gua Er Wang Dong dan Hang Son Doong, begitu besar sampai punya iklim sendiri

Illustrasi dari all thats interesting

[url= huge][/url]Gua Er Wan Dongletak di China. Pada saat ini, panjang lintasan gua Er Wan Dong adalah 138.251 kaki. Ini sangat besar sehingga memiliki iklim dan tanamannya sendiri. Penduduk setempat biasanya memprediksi cuaca dengan mengamati gua. Jadi, kalau di dalam gua itu berkabut, maka di luar akan hujan

Illustrasi dari Oxalis Adventure

Sedangkan, gua Gua Hang Son Doongterletak di Vietnam. Kedalamannya sekitar 500 kaki. Di dalam gua terdapat sungainya sendiri yang membanjiri beberapa daerah saat hujan. Di dalam juga ada tanaman dan pohonnya..


5. Gunung himalaya semakin TINGGI tetapi Gunung appalachian semakin PENDEK.


Illustrasi dari Wikimedia - Shrimpo 1967

Aneh bgt yach. Pegunungan Appalachian adalah system pegunungan di amerika utara bagian timur. Ketinggian gunung Appalachianadalah 6,684 kaki (dibandingkan dengan pegunungan Rocky dimana ketinggiannya 14,440 kaki, Appalachian tidak begitu tinggi) dan ketinggian Gunung Himalaya adalah 29,029 kaki. Tapi menurut sejarah, ada suatu masa dimana gunung Appalachian lebih tinggi dari Himalaya. Masalahnya pada saat itu adalah, umur gunung Himalaya masih muda dan masih meningkat karena pengerakan india terus memberikan tekanan besar dari benua Asia. Appalachian di bentuk dengan cara yang sama. Tetapi tidak ada kekuatan yang mendorong mereka hari ini. 


4. Di Mauritius, ada daerah gumuk pasir yang memiliki pasir dalam 7 warna berbeda

Illustrasi dari Atlas Obscura

MERAH, UNGU, COKLAT, HIJAU, BIRU, JINGGA, DAN KUNING adalah 7 warna pasir di gumuk Mauritius - Afrika Barat. Pasir ini secara spontan mengendap di lapisan yang berbeda. Jika anda mengambil sepengam dan mencampurinya dengan tangan anda, pasir akan terpisah menurut warnanya. 


3.Stasiun Anna creek station Australia, lebih besar dari wilayah Israel

Illustrasi dari Amuzing planet

Stasiun anna creekdidirikan pada tahun 1863. Stasiun ini adalah stasiiun pekerja peternakan terbesar di dunia. Stasiun tersebut memiliki luas 9,142 sq mi. Sementara wilayah Israel memiliki luas 8,019 - 8,533 sq mi. 


2. Gunung Everest bukanlah puncak tertinggi di dunia

Illustrasi dari howlanders

Faktanya, gunung berapi Chimborazo sedikit lebih tinggi dari gunung everestjika di ukur 
ketinggiannya dari pusat bumi. 
Chimborazo = 3967 mi 
Everest = 3964 mi
Jadi, kalau kita membandingkan gunung Everest dari pusat bumi dengan gunung puncak yang lain, sebenernya Everest tidak dapat masuk dalam daftar 20 titik tertinggi di dunia. 


1.Lubang buatan manusia yang menebarkan bgt

Illustrasi dari Insider

Berikut adalah gambar lubang pembuangan bendungan Montidell yang terletak di danau Berryessa - napa county - California - Amerika serikat. Lubang tersebut di sebut sebagai “the glory hole” yang berarti lubang kejayaan. Tapi penduduk setempat Napa County memangilnya spillway. Bendungan tersebut di bangun pada tahun 1953 - 1957. Diameter lubang tersebut adalah 72 kaki.  Konstruksi ini digunakan bendungan untuk mengalirkan kelebihan air selama musim kemarau.


Illustrasi dari National Geographic

Ada satu lagi neh lubang buatan manusia. Lokasinya di Guatemala bernama Guatemala Sinkhole.Banyak ilmuan berasumsi bahwa lubang tersebuat adalah buatan manusia, bukan alam. Seorang ahli geologi Sam Bonis, mengatakan bahwa pipa saluran pembuangan yang pecah atau saluran pembuangan badai mungkin melubangi rongga bawah tanah yang memungkinkan, terbentuknya jurang. Lubang pembuangan di perkirakan memiliki  lebar 60 kaki dan kedalaman 300 kaki. Ia juga mengakui, bencana tersebut kemungkinan dipicu oleh banjir bandang tropis Agatha.


Hayuu, bagaimana agan dan sista kaskus? Menurut kalian mana fakta geografi yang paling mengejutkan? Tulislah di bagian komentar. Saya seneng banget pengen tahu. Seneng bgt saya, Kadang saya dapet komentar yg bikin ngakak. Paling lucu tuwh yang di thread “4 kasus tidak terpecahkan”.. Komentarnya itu lowh Saya setuju 1000% sama kaskuser!  Anyways, Salam kepada Sobat kaskus dan HAVE A NICE DAY!


Amarruby
HeAVen_DoG
emineminna
emineminna dan 23 lainnya memberi reputasi
24
3.1K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan