Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

depositviaqrisAvatar border
TS
depositviaqris
Apa itu QRIS dan kegunaannya?


Apa itu QRIS dan kegunaannya?
QRIS merupakan sebuah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard yang merupakan teknologi praktis QR Code yang sudah distandarisasi dengan hukum dan perbankan Indonesia. Sebelum mengenal QRIS, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu QR Code.

QR Code merupakan teknologi yang sekarang ini di era serba digital sudah semakin banyak digunakan dan menjadi lebih penting daripada beberapa tahun silam. Pastinya anda pernah berjumpa dengan QR Code namun mungkin tidak memahami dengan benar apa fungsinya.

Mungkin agar anda bisa mengerti lebih jelas, dapat membaca atau melihat gambar yang ada di bawah ini



Apa itu Quick Response Code (QR Code) ?



QR code merupakan singkatan dari Quick Response Code seperti yang sudah anda lihat diatas merupakan sebuah teknologi yang awalnya diciptakan dari Jepang dan sempat digunakan. Namun dikarenakan tampilannya yang berupa barcode dua dimensi, masyarakat Jepang pada umumnya kurang menyukainya karena dianggap usang dan masih sedikit sekali orang - orang yang mengerti dan menggunakan Smartphone.

Sesuai dengan namanya, tujuan dari QR Code tersebut adalah untuk memberikan beragam jenis informasi yang dikumpulkan menjadi satu dalam bentuk barcode dua dimensi. Bisa terbayang kan tentunya apabila sebuah isi Novel yang mungkin sampai ratusan halaman itu disusut sedemikian rupa dan bisa dibaca keselruhannya hanya dengan melakukan Scan QR Code.

Mungkin itu awalnya hanya sebuah konsep belaka namun setelah semakin meningkatnya pengguna Smartphone dan juga di tahun 2020 adanya Covid-19, QR Code menjadi booming karena penggunaannya dianggap mudah dan tidak perlu disentuh serta tanpa perlu kontak langsung.

Pada umumnya QR Code mampu menyimpan 2089 digit atau sekitar 2489 karakter yang juga termasuk di dalamnya tanda baca serta karakter - karakter spesial. Tentunya QR Code lebih praktis ketimbang Barcode karena kapasitas data yang lebih besar.

Apa itu QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) ?



Dengan berkembangnya QR Code, maka Bank Indonesia meluncurkan apa yang disebut sebagai QRIS dimana tujuan utamanya adalah untuk sebagai standarisasi sistem pembayaran nasional yang di bawah naungan Bank Indonesia untuk menerima segala jenis pembayaran dari seluruh uang elektronik / uang digital.

QR Code Standar Pembayaran Nasional ini bertujuan untuk memajukan bisnis anda dan di saat yang sama pada saat momentum pandemi juga mengamankan semua customer atau pelanggan anda.

Dengan 1 jenis QR Code saja maka semua jenis pembayaran dapat dilakukan dari segala jenis Bank, E-wallet atau E-money. Semuanya itu dilakukan Bank Indonesia untuk menjembatani atau memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia.

QRIS diluncurkan dari kerjasama antara Bank Indonesia dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada tanggal 17 Agustus 2019 dan sejak saat itu terus berupaya untuk mendukung program QRIS Bank Indonesia dalam menerapkan cashless society (pembayaran uang digital).

PERMASALAHAN UANG TUNAI( KERTAS & LOGAM )
Virus Corona bisa menular bukan hanya lewat udara tapi dengan sentuhan tangan.
Kita tidak mengetahui uang yang kita pegang sebelumnya pernah disentuh dengan pengidap virus Corona atau tidak.
Meski kita selalu mencuci tangan tapi jika saat bertransaksi masih menyentuh uang fisik yang kita tidak tau asal usulnya maka upaya pencegahan Penyebaran virus Corona itu percuma.

SOLUSI DENGAN UANG DIGITAL

► InterActive memiliki produk pembayaran digital untuk semua payment InterActive QRIS yang mampu mengurangi penyebaran melalui sentuhan tangan.

► Pembayaran digital ini merupakan solusi terbaik saat bertransaksi tanpa harus takut terkena virus ataupun uang palsu.

► InterActive QRIS bisa digunakan untuk semua pembayaran E-Wallet, bagi Anda Pemilik Usaha ini sangat menguntungkan karena 1 QR Code untuk semua pembayaran E-Wallet.



Kini transaksi dengan QRIS sudah masuk ke berbagai sektor bahkan di media sosial sudah ada foto dimana juru parkir yang menerima pembayaran dengan QRIS. Penerimaan QRIS ini masuk ke sektor perdagangan, ritel, transportasi, pendidikan, tempat ibadah, donasi sosial, pemda, pajak, tempat pariwisata dan hiburan hingga deposit via qris
scorpiolama
ular.berbisik
joeco123
joeco123 dan 4 lainnya memberi reputasi
-1
1.2K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan